Lagi asyik nonton televisi, gak nyangka tewas tersambar petir

risiko-petirIni kejadian di Ciamis hari Minggu (23/11) kemarin, Rizal (15 tahun) warga Dusun Cangkring RT 01/01 Desa Ratawangi Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, masih duduk di bangku kelas 2 SMP. Tewas dengan kondisi tubuh gosong akibat panasnya sambaran petir. Hal ini terjadi karena pelajar ini menonton televisi ketika hujan deras sedang berlangsung yang diiringi petir dimana menyambar televisi korban. Nyawa korban tidak bisa diselamatkan. 😦

Dikutip dari jpnn.com, korban sebenarnya sudah dingatkan oleh sang bunda untuk mematikan televisi ketika hujan dan petir menggelegar. Namun korban tidak menggubris perkataan sang bunda sehingga kejadian yang tidak diinginkan tersebut terjadi. Sang bunda kaget ketika mendengar suara petir yang diringi semacam kaca pecah ternyata setelah diselidiki televisi tersambar petir dan sang anak dalam kondisi sekarat dan akhirnya meregang nyawa.

Kejadian petir menyambar televisi yang nyala sebenarnya sudah sering terjadi namun masih ada juga orang yang mengabaikannya. Di kampung KHS sendiri sempat kejadian serupa meskipun tidak sampai memakan korban jiwa meskipun kondisi televisinya hancur berkeping-keping. Mungkin ini bisa menjadi peringatan bagi siapapun untuk kesekian kalinya.

Secara teknis KHS tidak paham bagaimana cara kerja petir bisa menyambar televisi mungkin karena gelombang elektromagnetik menyebabkan petir bisa menyambar…cmiiw. Meskipun bisa jadi sudah terpasang alat penangkal petir namun alangkah bijak bila lebih baik antisipasi daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi belajar dari kejadian diatas, bila ada hujan yang disertai petir maka mending lakukan langkah-langkah berikut sebagai bentuk antisipasi :

  1. Segara matikan atau off-kan televisi yang sedang menyala
  2. Cabut stop kontak TV atau kabel yang menghubungkan dengan aliran listrik
  3. Lepas atau putuskan kabel antena (atau bisa di offkan panel booster-nya).

Semoga 3 langkah diatas bisa menjadi bentuk antisipasi terjadinya sambaran petir pada televisi kita.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

15 thoughts on “Lagi asyik nonton televisi, gak nyangka tewas tersambar petir

  1. Itu sih biar TV gak dinyalakan tetap saja bisa nyamber kalau daerahnya memang rawan petir….jalan keluarnya bukan dengan mematikan TV atau nyabut kabel tapi pasang penangkal petir dan pakai parabola saja jadi gak usah pasang antena tinggi2….

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s