Etika mendahului kendaraan dari sebelah kiri [motor only]

menyalip mobilSejatinya mendahului kendaraan dari sebelah kiri adalah tindakan yang DI LARANG karena sungguh BERBAHAYA. Karena peraturan di negara kita mewajibkan mendahului kendaraan mestilah lewat jalur kanan. Namun dilapangan kita tidak memungkiri hal tersebut seringkali dilakukan terutama biker. Banyak alasan mengapa banyak kendaraan terutama sepeda motor mendahului kendaraan lain lewat jalur sebelah kiri. Diantaranya adalah akses yang pas karena motor dijalur sebelah kiri hingga alasan ketergesaan waktu sehingga main terobos sana-sini. INGAT : kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor yang mendahului via lajur sebelah kiri tidak terhitung jumlahnya. Terus aq kudu piye sri ?  😦

Berangkat dari kejadian banyak pengendara motor yang terlibat kecelakaan terutama dengan truk dimana didahului lewat sebelah kiri, maka berikut etika atau rambu-rambu ketika kita TERPAKSA akan mendahului kendaraan truk/bus dari sebelah kiri. KHS mencoba merangkumnya dari pengalaman pribadi yang tiap hari bertemankan truk-truk dijalanan maupun merangkum berita di koran mengenai kronologis kecelakaan. Etika ini hanyalah iseng-iseng saja jadi bagi kawans yang sadar keselamatan lebih baik diabaikan saja dan mendahului kendaraan atau truk lewat jalur sebelah kanan.

kronologi anak sd terlindas trailerCekidot mantemans tips dan trik mendahului truk dari sebelah kiri :mrgreen:

  1. Pastikan terdapat ruas jalan yang layak/aman untuk mendahului.  Ini merupakan langkah paling awal sebelum memutuskan mendahului dari sisi sebelah kiri. Setidaknya harus ada jarak minimal 1 meter antara bodi truk atau ban truk dengan ruas sisi paling kiri dari jalan.
  2. Jalan tidak dalam kondisi bergelombang atau jalan makadam atau berkerikil. Ketika point 1 sudah terpenuhi maka pastikan ruas jalan yang akan kita buat untuk mendahului tidak bergelombang, jalan makadam atau berkerikil. Hal ini terkait dengan daya cengkeram ban ketika mendahului sehingga berpengaruh terhadap keseimbangan motor. Banyak berita kecelakaan yang melibatkan jalan bergelombang ketika mendahului sehingga sepeda motor terlindas ban truk ketika jatuh ke sisi kanan. 😦
  3. Amati kecepatan truk/bus. Hal ini sangat penting karena akan menentukan manuver kita dan seberapa besar percepatan yang kita berikan untuk mendahului. Bila truk dalam kondisi cepat maka lebih baik diurungkan saja keinginan untuk mendahului. AYAHAB masbrow dan mbaksis.
  4. Iringi dengan menyalakan sein, lampu utama/lampu jauh dan klakson/horn. Hal ini untuk memberi tanda kepada pak sopir bahwa ada kendaraan disamping kirinya sehingga dia tidak ikutan terlalu ke pinggir kiri atau  minimal tetap mempertahankan posisinya.
  5. Lakukan mendahului secara satu persatu (bila kondisi motor banyak). Biasanya kondisi ini terjadi ketika dalam kondisi jalan padat merayap. Nah agar bisa mendahului dan berlangsung aman maka lakukanlah secara bertahap saja karena kita tidak tahu medan dalam mendahului truk/bus tadi. Apakah selalu aman atau didepan ada kondisi medan jalan yang tidak memungkinkan.
  6. Lakukan dengan perbanyak do’a. Ini juga penting agar kita yakin bisa mendahului truk/bus tadi. Maklum biasanya ada orang yang demam panggung atau nervous ketika berpapasan, berdampingan dengan kendaraan besar.
  7. Kalau TIDAK MEMUNGKINKAN untuk mendahului via lajur kiri maka lebih baik  ‘mengalah’ dan JANGAN MEMAKSA mendahului bila tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah ini beberapa tips yang KHS ketahui, mungkin mantemans yang punya pengalaman serupa bisa dishare dimari.

NB : INI TATA CARA MENDAHULUI KENDARAAN VIA LAJUR KANAN

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

23 thoughts on “Etika mendahului kendaraan dari sebelah kiri [motor only]

  1. keadaan dijalan berbeda. Kendaraan lambat malah melaju di sisi kanan sehingga mau tak mau mendahului dari sisi kiri menjadi kebiasaan.

    Like

  2. Itu mah udah biasa bro. Emang pada gak tau aturan di jalan, pada seenaknya aja. Ditambah lg pengalaman di jalan kurang. Umur pengendara yg lbh tua bukan jaminan itu org lbh pengalaman. Tergantung jg riding style-nya kyk gimana. Udah pemandangan biasa kok kalo yg mau lempeng malah ambil jalur kiri sekiri2nya, adu alot ama kendaraan yg mau belok kiri, pdhl itu kendaraan udah nyalain lampu sein jauh sblm tiba di tikungan. Seperti kejadian 2 hari yg lalu, saya alami sendiri di dekat daerah cengkareng-jakarta. Untung aja saya emang biasa lht spion, jadi kecelakaan pun bisa terhindari, coba kalo gak? Di jalan daan mogot-jakarta mah sering kok pengendara motor yg adu nyali atau mempertaruhkan nyawanya, jalan santai di samping truk atau bus, hahaha… Saya gak tau itu org2 otaknya dikemanain, kaga mikir sama sekali resikonya.

    Like

  3. kl posisi kita masi jauh di belakang truk sih bisa om…, tp pas merayap dibalakang truk karena kena macet dan berniat nyusul ….., lebih baik menjauh dulu dari truk/bus untuk membaca situasi didepan. Kl asal ambil kiri/kanan takutnya ada lawan/halangan didepan….

    Like

  4. Mesti dibuat juga Etika membawa kendaraan di jalan biasa (non tol dan non jalur lambat) (mobil only) pastikan di sebelah kiri anda tak ada motor….jika ingin belok atau berhenti…

    Like

  5. Nyalip dari kiri. Kalo dipantura emang hukum nyalip dari kanan bisa dibilang ga berlaku. hhhe
    hmm. yang jadi akar masalah sebenernya keterbatasan ruas jalan yang rata rata hanya 2 lajur. Lajur terkiri dipenuhi oleh angkutan umum yang ngetem seenaknya dan sepeda motor yang banyak ga mematuhi batas kecepatan MINIMAL di jalan raya. Jadi truk, dan kendaraan berat lainnya pasti memilih lajur kanan, karena kendaraan berat kayak gitu tentunya ga mudah buat memgerem dan bermanuver untuk menghindari kendaraan umum dan sepeda motor. Andai standar jalan diIndonesia itu 3 lajur ya. Pasti kecelakaan vs kendaraan berat bisa diminimalisir.

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s