Ini kronologis kecelakaan karambol di jalan veteran Gresik

kecelakaan karambol di perempatan veteran gresik rabu 15 oktober 2014 (4)Sebagaimana diberitakan hari Rabu siang (15/10) kemarin telah terjadi kecelakaan tragis di jalan veteran gresik tepatnya sebelum perempatan PT Barata Indonesia. Kecelakaan karambol akibat truk muatan semen yang mengalami rem blong ini menewaskan 3 orang pengendara motor yang terjepit langsung tanpa bisa menghindar dan belasan orang mengalami luka-luka.  Ketika sore hari KHS pulang ke gresik kondisi jalan masih berdebu akibat semen-semen yang tercecer meskipun sudah dibersihkan.  Dan terlihat beberapa media masih ada yang mengambil dokumentasi di sekitaran jalan utama Gresik tersebut. Berhubung hari gelap maka KHS tidak bisa melihat secara jelas lokasi kecelakaan tersebut hingga kamis (16/10) pagi tadi ketika berangkat kerja ke Surabaya. Terlihat bekas-bekas dashyatnya kecelakaan karambol yang melibatkan banyak kendaraan bermotor tersebut.  Tekape tepat berada disisi halaman PT Barata Jaya dengan pagar, pedestrian dan beberapa pohon yang rusak. Ngeri tenan masbrow… 😦 .

Berikut kronologi kecelakaan maut tersebut, mengutip dari suryaonline.com :

kecelakaan karambol di dekat PT Barata Indonesia Gresik rabu 15 oktober 2014 (1)SURYA Online, GRESIK – Kronologi truk tronton bermuatan Semen Gresik yang menambrak 7 mobil dan 4 motor dengan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 11 orang, Rabu (15/10/2014), di Jl Veteran Gresik.

Kasatlantas Polres Gresik AKP I Made Parwita, mengatakan, truk tronton yang disopiri Abdul Ghofar (21), wargga Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Gresik, dari perusahaan Bali Age melaju dari Utara ke Selatan atau arah Gresik menuju Surabaya.

Tiba-tiba saat mendekati traffic light PT Barata Indonesia tiba-tiba rim blong. Saat rem blong sopir Abdul Ghofar tidak bisa mengusasi stir sehingga menabrak mobil dan motor di depannya yang sedang menunggu traffic light PT Barata Indonesia berganti hijau.

Mobil pertama yang diseruduk Honda CRV Nopol W 978 AZ, yang dikendarai Tri Anggoro (29), anggota Polri, alamat Asrama Polisi, Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, kemudian menabrak Toyota LGX W 1753 BH, yang disopiri Mr X.

Kemudian menabrak lagi mobil Daihatsu Taruna Silver Nopol L 1426 XS, yang disopiri Ibnu Fauzan (30), warga Jl Raya Kuwukan, Surabaya, kemudian menabrak motor  Suzuki Skydrive Nopol L 5719 WK, yang dikendarai Siti Mutmainah (37), warga Romokalisari, Benowo, Surabaya sampai meninggal dunia.

Berlanjut menabrak lagi motor Yamaha Vega ZR  Nopol L 6165 XE yang dikendarai Deddy Gunawan (41), warga Kedung Anyar, Surabaya. Selanjutnya, menabrak lagi mobil Kijang Toyota Innova plat merah L 1529 AP yang sopiri Masudi (46), warga Donorejo Selatan, Rungkut, Surabaya.

Belum berhenti, kemudian menabrak lagi mobil pick Up Mitsubishi, warna Hitam nopol W 9592 M, bermuatan bata merah, disopiri Hasyim Asyari (37), warga Jl Veteran, Kelurahan Sidomoro, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Tabrakan berlanjut menimpa lagi mobil Toyota Avanza Silver, Nopol B 8349 PL yang disopiri Vivid Indriya (33), warga Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kemudian menabrak lagi mobil Izuzu Panther Hitam, Nopol W 925 AY, yang disopiri Sujono (52), warga Sindujoyo, Kabupaten Gresik.

Kemudian menabrak lagi angkutan umum Surabaya-Gresik Kijang LGX Nopol W 551 UB, kemudian menabrak lagi pengendara motor Honda Supra 125, Nopol N 2254 T, yang dikendarai Much. Munir (42), warga Desa Gempol Pading, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, sampai meninggal dunia di tempat.

Dan terakhir menabrak pengendara motor Honda Vario Nopol W 3412 JE yang dikendarai Fita Delyana Mafika (23), warga Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik sampai meninggal dunia.

Mobil truk tronton mulai pertama menabrak sampai mendorong mobil-mobil dan motor bisa berhenti setelah menabrak pohon mahoni batas PT Barata Indonesia sampai pagar pabrik jebol.

kecelakaan karambol di perempatan veteran gresik rabu 15 oktober 2014 (3)Dari kronologis diatas, korban meninggal semua adalah pengendara motor yang terkena dampak langsung dari  tabrakan beruntun ini. Sehingga kalau melihat foto-foto yang ada kebanyakan pengendara motor tersebut terjepit kendaraan di depan dan dibelakangnya. Sedangkan dari pihak sopir yang mengalami rem  blong sepertinya sudah berusaha membanting stir kearah meskipun kecelakaan karambol tidak bisa dihindarkan. Terlepas dari takdir Tuhan, semoga bisa dijadikan pelajaran untuk senantiasa memeriksa kelayakan kendaraan bermotor kita sebelum berkendara di jalan raya.

#prayforGresik

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

7 thoughts on “Ini kronologis kecelakaan karambol di jalan veteran Gresik

  1. kemungkinan kampas truk yang digunakan adalah jenis asbestos….
    beban berat, jalanan turunan, supir yang terus menerus menggunakan rem…

    Kampas rem asbetos tidak tahan pada temperatur tinggi. Pernahkah kita merasakan rem tiba-tiba blong ketika kita melewati turunan panjang? padahal kampas masih tebal. Nah itulah kelemahan kampas rem asbestos yang hanya mampu bertahan pada temperatur kurang lebih 200 derajat celsius. Diatas temperatur tersebut akibatnya akan terjadi fading atau gejala dimana koefisien gesek akan turun drastis dan menyebabkan rem blong.

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s