Diduga kebocoran tangki motor penyebab kebakaran SPBU di Semarang

spbu terbakar akibat tangki motor bocorKejadiannya kemarin senin(15/9) pagi gans di SPBU Poncol, Jalan Imam Bonjol, Semarang. Sebuah kebakaran terjadi yang diduga bermula dari tangki motor bocor ketika sedang melakukan pengisian BBM. “”Mesin motornya mati, tiba-tiba keluar api dari tangki. Saya tarik selangnya, api cepat membesar,” ujar Agung, petugas SPBU.  Akhirnya kebakaran seluruh SPBU tidak bisa dielakkan karena petugas langsung panik dan melarikan diri. Dugaan sementara mungkin terjadi konsleting pada motor laki tersebut sehingga menyebabkan percikan api yang kemudian menyambar bensin yang bocor.  Secara teori mungkin petugas perlu diberikan pelatihan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) disekitar dispenser sehingga ketika api memungkinkan untuk dikendalikan maka tinggal di semprot saja. Mungkin karena gugup dan panik sehingga lari menyelamatkan diri.  Untuk sementara yang ikut terbakar selain dispenser SPBU, juga terbakar sepeda motor tadi dan sepeda pancal. Btw, berikut selengkapnya dari detik.com.

Semarang – Dua dispenser pengisian bahan bakar di SPBU Poncol Semarang, Jawa Tengah, terbakar saat mengisi BBM bersubsidi. Satu motor dan sepeda ikut hangus, sementara pemiliknya mengalami luka bakar.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, saat itu motor Honda Mega Pro bernopol H 5440 ZD sedang mengisi BBM di dispenser sisi Timur. Di depan motor terdapat sepeda yang dikayuh Ponira (40) warga Tambra, Dadapsari, Semarang Utara, yang membeli BBM bersubsidi menggunakan lima botol.

“Saya isi lima botol, di belakang ada motor, mesinnya mati,” kata Ponira di lokasi kejadian, SPBU Poncol, Jalan Imam Bonjol, Semarang, Senin (15/9/2014).

Ketika petugas SPBU bernama Agung mengisi bahan bakar motor tersebut, tiba-tiba muncul api dari bawah tangki bahan bakar. Agung yang terkejut langsung menarik selang pengisian hingga bensin tercecer di tanah.

Api kemudian menyebar dan menyala di sekitar motor, dua petugas yang sedang melakukan pengisian dan dua orang lainnya lari menjauhi dispenser tersebut. Tidak lama kemudian api menyebar dan melahap benda yang ada di sekitar lokasi.

“Mesin motornya mati, tiba-tiba keluar api dari tangki. Saya tarik selangnya, api cepat membesar,” ujar Agung.

Mereka lari menjauhi lokasi sementara Agung mengendarai sepeda motor menuju kantor Pemadam Kebakaran di Semarang Barat, empat alat pemadam kebakaran kecil yang berada di dalam kantor SPBU Poncol tidak digunakan, begitu pula dua alat pemadam tabung besar.

Tidak lama kemudian, dua mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil menjinakkan si jago merah. Saat ini petugas Inafis Polrestabes Semarang masih melakukan olah TKP, sementara pemilik motor yang dipanggil Ameng dibawa ke klinik karena mengalami luka bakar.

“Saya lihat tadi tangan sama pinggang kirinya kebakar, tapi masih bisa jalan sendiri,” pungkas Ponira.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun dari hasil sementara identifikasi, diduga kuat aibat tangki motor bocor dan bahan bakar menetes ke mesin motor.

sumber : http://news.detik.com/read/2014/09/15/071409/2690049/1536/spbu-di-semarang-terbakar-saat-isi-tangki-motor

itoe poenya ipan pertamax7.com

Semoga menjadi perhatian pabrikan untuk senantiasa memperbaiki kualitas produknya terutama pada bagian tangki. Kebocoran tangki mungkin banyak penyebabnya mulai dari karatan, BBM yang bercampur lain dan mungkin bahannya.  Nah agar kejadian serupa tidak terulang kembali alangkah bijaknya kalau sesekali kita mengecek tangki motor kita agar terhindar dari kebocoran yang menyebabkan malapetaka.

Oia terkait kebocoran tangki motor serupa diatas, ipan jombliz pertamax7.com punya pengalaman serupa. Semoga bisa diambil pelajaran bersama.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

11 thoughts on “Diduga kebocoran tangki motor penyebab kebakaran SPBU di Semarang

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s