Review sebulan menggenggam BB Z3 aka Blackberry Jakarta

review blackberry Z3 aka BB Jakarta 2014Tidak  terasa sudah hampir sebulan KHS menggengam blackberry Z3 atau BB Jakarta ini sejak beli di Plaza Marina Surabaya pertengahan Juni kemarin (postingan disini). Nah sudah saatnya KHS berbagi pengalaman selama membelai, memegang dan menggenggam gadget besutan Blackberry dan Foxconn ini. Sebuah gadget yang BB yang bisa diinstall aplikasi Android :mrgreen:  Cekidot mantemans

blackberry z3 aka JakartaUnit ponsel :

Ketika membuka dus hitam BB Z3 ini selain terdapat unit ponsel BB Z3 maka akan terdapat juga booklet manual, kartu garansi, kabel charger, data, adaptor serta earphone.

antara android smartfren andromax-i dan blackberry Z3Bodi :

Bahan bodi terbuat dari plastik terasa solid, tidak ringkih serta di bagian belakang terdapat tekstur bintik-bintik yang kasat sehingga tidak licin ketika memegang gadget ini. Oia BB Z3 ini menganut desain unybodi alias casing tidak bisa diganti dan begitupun pula baterainya tidak bisa dilepas 😦 . Kalau hang ? untuk BB OS 10 sepertinya ‘fitur’ copot baterai seperti versi-versi sebelumnya. Kalau mau restart tinggal tahan tombol power sekitar 3 detik dan pilih menu restart.

Ukuran gadget 5 inch membuat genggaman terasa besar dan agak kurang nyaman awal-awalnya namun lambat laun akan terbiasa juga. Sekitar body terdapat tombol power dan volume untuk sebelah kiri dan slot untuk micro simcard dan micro sd. Untuk urusan port audio 3,5 mm ada disebelah atas dan port usb atau charging ada di sebelah bawah.

Tulisan Jakarta di casing belaka hanya terdapat pada unit terbatas atau kalau gak salah 10.000 gadget saja sehingga unit yang KHS dapatkan ini tidak ada tulisan Jakarta…hehehehe.

model seri OS BB Z3OS Blackberry :

BB Z3 menggunakan OS Blackberry versi 10.2.1 yang rasa android. Maksudnya ? kita bisa langsung menginstall file APK dari market tanpa harus dikonversi terlebih dahulu. Android Runtime pada BB Z3 ini terdeteksi sebagai android versi 4.2.2 (Jelly Bean). Oleh karena itu OS BB 10 ini bisa dikatakan selingkuh dengan android untuk mengkover aplikasi yang terbatas di Blackberry World.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang support sebagai pengganti Google Play di BB Z3 ini. KHS sendiri memakai aplikasi 1Mobile Market untuk menginstall aplikasi-aplikasi android di BB z3 ini. Namun sekali lagi tidak semua aplikasi android support dengan OS Blackberry ini dimana biasanya aplikasi tersebut tidak bisa dibuka atau tiba-tiba menutup dengan cepat.

Dalam OS BB 10 ini terdapat komunikasi yang dinamakan Blackberry Hub. Dimana semua pesan notifikasi baik sms, telpon, BBM, WA, foursquare, Facebook, Email dan lain menjadi 1 komando. Tidak hanya menjadi notifikasi namun kita bisa langsung membalas pesan diatas tanpa perlu membuka native aplikasi secara langsung. Lebih cepat dan lebih hemat…

Keyboard disematkan fitur “predictive text” bahasa indonesia sehingga menghemat untuk mengetik kata-kata yang dimaksud. Prediksi kata tadi akan tampil secara “melayang virtual” di huruf-huruf yang dimaksud. Ketika kita bermaksud menggunakan prediksi kata tadi tinggal “menyapu” keatas salah satu tombol yang menampilkan prediksi kata tadi. Binung? Coba saja sendiri….xixixi.

Browser bawaan BB Z3 sangat lincah buat jelajah dunia maya dimana loading sangat cepat dan mendukung flash player . Browser di BB 10 ini katanya memang merupakan salah satu yang memiliki kinrerja terbaik soal penanganan situs berbasis HTML5.

Oia ini merupakan salah satu kelemahan OS BB secara umum yakni loading awal-awal sangat lama. Bagi mantemans yang punya BB lawas tentu paham dengan simbol garis vertikal ketika loading awal BB. Nah di BB z3 ini icon diganti dengan simbol BB yang nanti akan dlingkari oleh garis tersebut sebagai simbol proses loading.

Kamera :

Kamera utama terletak di belakang body dengan kemampuan 5 MP plus led flash. Sedangkan kamera sekunder terletak didepan dengan kemampuan 1,1 mp. Hasil kamera secara umum tidak terlalu mengecewakan meskipun juga tidak bisa dibilang memuaskan 😆 . Terdapat mode normal, stabilisation, burst dan HDR. Kamera terlihat agak kekuning-kuningan meskipun sudah memakai scene gambar snow atau whiteboard.

Kamera dibekali dengan fitur Time Shift. Fitur ini dikhususkan mengambil objek wajah dimana dalam fitur ini kamera akan memberikan pilihan gambar sebelum dan sesudah dijepret sebelum disimpan. Nah biasanya yang biasa ngantuk ketika dipotret sangat cocok memakai fitur ini. Atau juga cocok untu memotret anak-anak yang gak bisa diam ketika mau dipotret 😀 .

Menurut KHS hasil kamera depan meskipun resolusi cuma 1,1 mp tetapi hasilnya sangat memuaskan baik untuk objek indoor maupun outdoor. Oia untuk mengoperasikan atau meng-klik kamera di BB OS 10 ini kita bisa klik dimana aja asal masih masuk area layar :mrgreen: . Soalnya gak ada gambar tombolnya…hehehe…selain itu perlu melatih intuisi untuk menepatkan dengan autofocusnya 😀 .

Kalau boleh jujur KHS malah lebih prefer hasilnya kamera 5MP smartfren andromax-i lho :mrgreen:

IMG_20140619_164616Baterai :

Awalnya baterai sangat boros dimana hanya mampu bertahan 5 jam saja. Namun setelah update versi BB OS 10 yang lebih tinggi maka lumayan mampu bertahan setidaknya 15-20 jam sedangkan kalau standby bisa sekitar 36 jam. Oia BB Z3 punya KHS ini belum diikutkan grup BBM maupun WA sehingga meminimalisir konsumsi baterainya meskipun untuk urusan email selalu real time. Sedangkan urusan grup BBM dan WA ada di gadget smartfren andromax-i satunya…hehehe

Sebagai catatan boros gaknya baterai tergantung situasional seperti ketersediaan jaringan, aplikasi yang dijalankan serta sikon lain yang berpengaruh.

Pesan dari dari reviewer tabloid chips :

Bagi mantemans yang menggunakan android kelas atas atau BB z10 mungkin akan kurang begitu puas. Namun bagi mantemans yang memakai android low end atau BB lawas tentu akan bingung dan puas…puas.. 😆 dengan BB Z3 ini

Demikian mantemans review sekilas dari nubi gadget. Apa yang dituliskan merupakan unit yang dipegang KHS so bisa dipercaya atau ditertawakan 😆

Baca juga :

sumber bacaan :

http://tekno.kompas.com/read/2014/05/13/0723333/review.blackberry.z3.jakarta.bukan.sekadar.bb.murah

http://chip.co.id/review/gadget/11716/review_blackberry_z3_bb_pintar_termurah

Advertisements

16 thoughts on “Review sebulan menggenggam BB Z3 aka Blackberry Jakarta

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s