Pesan tiket pesawat via online itu enaknya beli sendiri atau lewat agen ya?

beli tiket pesawat sendiri atau via agen tiket“Mas mau pesan pesawat ke Jambi bisa gak yah?”suara sepertinya seorang ibu diujung handphone KHS. Dan KHS secara pasti dan mantab mencoba menjelaskan,”Maaf ibu saya bukan agen tiket pesawat”. Dan setelah KHS jelaskan si ibu baru mengerti dan menutup pembicaraan siang itu yang kejadiannya sudah bebeberapa bulan yang lalu. Kok ibu tahu kalau KHS jualan tiket ya? Mungkin ibu pernah membaca pengalaman KHS yang pesen tiket pesawat online sendiri disini dan disitu 😀 . Nah kira-kira mending beli sendiri atau pesan lewat agen ya kalau mau beli tiket pesawat via online?

garuda indonesia planeKeuntungan dan kekurangan kalau beli sendiri :

Beli sendiri disini maksudnya langsung menuju reservasi online via website maskapai yang bersangkutan. Nah kira-kira berikut kelebihannya kalau beli secara langsung sebagai berikut :

  • Punya pengalaman yang tak terlupakan 😀
  • Bisa pesan kapan saja 24 jam yang penting bisa online

Kekurangannya :

  • Biasanya lebih mahal karena kita kena booking and service fee atau juga semacam pajak pembelian online
  • Butuh waktu lama untuk membandingkan pilihan maskapai, jadwal, dan harga karena kita harus mengakses satu persatu web maskapai yang bersangkutan

Keuntungan dan kekurangan kalau lewat agen

Agen tiket pesawat yang dimaksud disini yang bookingnya tetap via online lho ya….bukan kita mendatangi agen tiket terus menyerahkan identitas dimana proses pendaftaran dan pengisian form dilakukan oleh petugas agen dan kita tinggal bayar…hehehe. Jadi ini agen tiket pesawat via online lho ya…..Berikut kira-kira kelebihannya mantemans:

  • Hampir sama dengan diatas yakni mendapat pengalaman boking tiket pesawat online
  • Memudahkan untuk untuk membandingkan pilihan maskapai, jadwal, dan harga
  • Kalau lagi mujur atau promo akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga resmi di web maskapai yang bersangkutan

Kekurangannya :

  • Mungkin tidak semua agen buka 24 jam (biasanya hari kerja doank)
  • Kalau tidak waspada ada penipuan online berkedok tiket pesawat online 😦

naik pesawat sriwijaya airNah itu mantemans sekilas kira-kira kelebihan dan kekurangan dari beli tiket pesawat online baik yang dilakukan sendiri maupun via agen. Monggo silahkan ditambahkan kekurangan dan kelebihannya bagi mantemans yang punya pengalaman terkait dengan booking pesawat via online ini. 😀

Ngomong-ngomong agen tiket pesawat online, diantara banyak pilihan yang ada mungkin traveloka bisa dijadikan referensi. Traveloka itu apa kang ? KHS sendiri juga masih asing namun semacam agen tiket pesawat dan beberapa iklannya sudah nongol di televisi swasta beberapa minggu ini. Mengutip di web www.traveloka.com, Traveloka.com adalah website pencarian tiket pesawat terbesar di Indonesia dimana ia menampilkan harga tiket pesawat murah yang telah dianalisa dan diolah dari jaringan sumber-sumber resmi.

travelokaBeberapa desas-desus ada yang menengarai kalau web traveloka merupakan warung tiket online abal-abal?. Apakah traveloka penipu ? Tenang, KHS sudah pernah memposting untuk mengecek apakah sebuah website toko atau lapak jual beli online itu terpercaya atau tidak bisa dicek di polisionline.com (postingan disini). Dan hasil dari polisionline.com menyatakan bahwa web traveloka ini masuk kategori TERPERCAYA.

Mengapa ada desas desus traveloka penipuan? Maklum dari beberapa referensi yang KHS baca di Internet traveloka ini berani menawarkan harga tiket yang paling murah bahkan dibawah harga resmi yang tercantum dalam web resmi maskapai terkait. So kadang menimbulkan kekwatiran dan kecurigaan dari konsumen kalau ini merupakan situs booking pesawat abal-abal. Untuk diketahui, biasanya agen tiket yang sudah mempunyai kredibilitas maka memungkinkan untuk melakukan negosiasi atau kerjasama tertentu dengan maskapai yang bersangkutan sehingga harga tiket lebih murah dari standar harga maskapai….cmiiiw. Bahkan iklan traveloka sudah wira-wiri di televisi. Masak web abal-abal kok berani iklan gencar di televisi…hehehe.
KHS sendiri memang belum pernah punya pengalaman booking tiket pesawat via traveloka.com karena memang selama ini lebih suka booking sendiri langsung. Namun kalau harga tiket yang ditawarkan memang lebih murah mungkin bisa jadi menjadi pertimbangan untuk rencanan kedepan kalau beli tiket pesawat…hehehe.

pesawat di bandaraDan perlu diwaspadai adanya toko situs penjualan tiket abal-abal. Sebagai pembanding selain polisionline.com mungkin mantemans bisa membuka trustedcompany.com dan reviewcentre.com. Dan dari situ kita akan melihat apakah web toko online tersebut Terpertjaja, Djoejoer atau Verified ataukah sebaliknya. 😀

Monggo mantemans silahkan dishare pendapatnya dan pengalamannya booking tiket pesawat online. Oia kira-kira enak beli sendiri atau booking via agen ya …xixixixixixi ? :mrgreen:

impresi pesawat garudaMaturnuwun

baca juga :

Advertisements

12 thoughts on “Pesan tiket pesawat via online itu enaknya beli sendiri atau lewat agen ya?

  1. Pingback: Semakin mudah traveling bila booking pesawat bisa sekalian dengan hotelnya | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s