Nyincipi Degan Bakar di Krian Sidoarjo

degan bakar krian sidoarjo (8)Sepulang dari acara workhsop blog untuk komunitas honda di Malang (postingan disini) beberapa waktu lalu KHS pulang via Batu-Bumiaji-Cangar-Mojokerto. Ketika melewati jalanan pasar Krian arah ke Gresik KHS merapat ke pinggir jalan untuk sedikit membasuh tenggorokan yang kering ini. Tak sengaja mata memandang terdapat orang jualan Degan Bakar akhirnya penasaran untuk mencobanya. Sebenarnya KHS sudah seringkali mendengar mengenai degan bakar namun baru kali ini KHS bisa mencobanya secara langsung.

degan bakar krian sidoarjo (2)Lokasi warung ini ada di sekitaran perempatan krian atau sekitar 100 meter dari proliman krian sebelah kiri jalan kalau dari krian.  Tepatnya di Jalan Jagalan depan sebuah gedung UPTD Pajak Sidoarjo. Degan bakar ini diklaim tidak hanya sekedar degan biasa namun terdapat embel-embel “berkhasiat“. Setelah menunggu sekitar 10 menit degan bakar ini disajikan oleh ibu-ibu yang jualan. Dan KHS pun tertarik untuk mengetahui lebih detail mengenai apa kasiat dari degan bakar. Tidak menunggu lama sebuah amploop di berikan oleh sang ibu yang berisikan hasil laboratorium mengenai uji degan bakar oleh univeristas brawijaya.  Ada 2 lembar kertas lagi yang berisi khasiat degan bakar dan komengtar beberapa praktisi mengenai kandungan degan bakar ini.

Laporan hasil uji kelapa muda bakar ini dikeluarkan oleh Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan (Testing laboratory of food quality and food safety) Jurusan Teknologi Hasil Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya pada tanggal 10 Januari 2010 silam.  Mengintip hasil uji lab terdapat 3 jenis kelapa muda yang dijadikan sampel yakni Kelapa Muda Hijau Bakar Bali, Kelapa Muda Hijau Wulung Bali dan Kelapa Muda Hijau Fermentasi Alami Bali.  Hasilnya dilihat dari parameter seperti kandungan protein, lemak, air, abu, karbohidrat, energi, dan vitamin cc.  Selengkapnya bisa dilihat dilampiran yach..

degan bakar krian sidoarjo (3)KHS mencoba menulis ulang mengenai khasiat air kelapa bakar untu menangkal beberapa penyakit diantaranya :

  1. Mematikan berbagai virus yang menyebabkan mononucleosis, influenza, hepatitis C, cacar air dan herpes
  2. Membunuh berbagai jenis bakteri penyebab pneumonia, sakit telinga, infeksi tenggorokan, gigi berlubang, keracunan makanan, infeksi saluran kencing, meningitis, gonorrhea, dan luka gangrene.
  3. Membunuh jamur dan ragi yang bisa menyebabkan penyakit candida, jockitch, kadas, athletes foot, dan ruam karena keringat
  4. Membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko kesehatan yang dihubungkan dengan diabetes mellitus
  5. Mengurangi gangguan yang dikaitkan dengan gejala kesulitan pencernaan dan cystic fibrosis
  6. Membantu melindungi tubuh dari serangan osteoporosisi
  7. Membantu meredakan gejalan sakit saluran kandung kemih
  8. Meredakan gejala yang dihubungkan degan chorn’s disease, ulcerative colitis, dan bisul perut
  9. Membantu melindungi tubuh dari serangan kanker payudara dan kanker kolon
  10. Menurunkan kadar kolesterol darah tinggi
  11. Membantu dalam pencegahan serangan sakit jantung, stroke, dan atherosclerosis
  12. Membantu mencegah tekanan darah tinggi
  13. Melindungi tubuh dari  radikal bebas berbahaya yang meningkatkan penuaan dini dan penyakit degeneratif
  14. Meredakan gejalan benign prostatic hyperplasia (pembesaran kelenjar prostat)
  15. Membantu mencegah sakit liver
  16. Mengurangi gejala psioriasis, eksim dan dermatitis
  17. Infertilitas (dan membantu pasutri yang ingin cepat dikaruniai keturunan)

Nah itu mantemans sekilas dari khasiat degan bakar ini. Mungkin mantemans yang paham bisa menambahkan atau menyanggah daftar khasiata diatas.

Setelah menikmati sekitar 20 menit KHS sudah plempoken alias perut sudah tidak mampu menampung lagi karena memang dihidangkan satu kelapa penuh. Akhirnya KHS meminta sang ibu untuk membungkuskan untuk dibawa pulang saja. Oia harga degan bakar ini sekitar 15.000 rupiah dimana mungkin setengah harga dari kelapa biasa…cmiiw. Dan senyampang minum degan bakar biasanya kita akan ditawari jamu “pistol gombyok” untuk stamina laki-laki yang harganya Rp. 20.000…xixixiix.

monggo mantemans mungkin ada yang tertarik untuk mencobanya. Atau mungkin yang sudah mencobanya bisa dishare dimari…..heehe

Maturnuwun

baca juga :

 

Advertisements

19 thoughts on “Nyincipi Degan Bakar di Krian Sidoarjo

  1. air kelapa memang banyak manfaate…
    buktinya produsen minuman terkenal ada yg bikin jg…
    jenenge HYDRO COCO….

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s