Tumbal produk motor baru

image

Miris dan mesakne membaca postingan komatkamitblog.wordpress.com/2014/05/09/confirmed2-orang-karyawan-yimm-di-pecat-karena-memfoto-r25/ yang mengabarkan setidaknya terdapat 2 orang karyawan yang dirumahkan alias dipecat karena membocorkan rahasia perusahaan. Kejadian ini sebenarnya bukan yang pertama yang jelas seinget KHS hampir selalu ada tumbal untuk produk baru seperti kasus honda Blade dan NMP.
Nasi sudah menjadi bubur dan saya tidak membayangkan ratapan nasib karyawan tersebut yang mungkin bisa jadi tidak terbayangkan sebelumnya. Bisa jadi dia waktu memfoto awalnya iseng atau mungkin ‘terprovokasi’ blog-blog yang sedang hangat menghadirkan spyshoot dan rendering dugaan motor baru. Bisa jadi karyawan ini aktif di dunia blogshpere sehingga dia tertarik untuk mengirim foto iseng tersebut ke beberapa blogger otomotif.
Naas, foto isengnya ini ternyata menyalahi aturan dari tempatnya bekerja. Apalàgi fotonya diambil ditempat dapur yang memang belum waktunya untuk dihidangkan kehadapan publik. Kan untungkan perusahaan dapat iklan gratis? Ndiasmu kono justru ini membuka rahasia pabrikan serta mengacaukan strategi pemasaran yang telah disiapkan. Iya kalau respon blogsphere bernada positif kalau di bullying habis-habisan malah justru kalah sebelum bertanding.
Blogger yang mendapatkan kiriman foto spyshoot dari pembacanya juga mesti hati-hati dan tahu diri. Mana sekeping inpoh dan gambar yang bisa dinikmati ssecara publik dan mana yang masih dalam taraf off the record alias rahasia. Karena tidak semua informasi harus disampaikan ke pembaca secara gamblang. Mungkin salah satu etikanya yakni dilakukan blur gambar yang memang menjadi rahasia untuk foto-foto yang diambil dari dapur. Lain cerita kalau jepretan foto produk baru tersebut didapatkan dari jalanan yang memang siap untuk dipelototin publik.
Kasus tumbal-tumbal produk motor baru ini mestinya menjadi perhatian bersama terutama para blogger. Sehelai dua helai jepretan foto digital ternyata berdampak langsung pada nasib seseorang. Mungkin sang blogger hanya bisa minta maaf tetapi nasib karyawan tadi tidak akan kembali lagi dan tidak tahu kemana harus mengadu nasib menyambung hidup. Mesakne tenan…
Untuk mantemans yang kerja dipabrik motor semoga bisa lebih hati-hati lagi. Meskipun blogsphere lagi membahas spyshoot dan renderan motor baru, tahan godaan untuk menjepret dan membocorkan rahasia perusahaan. Nasib mu lebih penting daripada ucapan terima kasih dari blogger yang bersangkutan. Ada saatnya juga nanti produk tersebut pasti akan diperkenalkan ke hadapan publik so TAHAN GODAAN !!!.
Semoga ini tumbal motor yang terakhir kali….
Maturnuwun

Diposting dari WordPress seti@0ne-droid

Advertisements

30 thoughts on “Tumbal produk motor baru

  1. Mereka tau resikonya tp tetap dilakukan, memang kasian, tapi itu konsekuensinya…. teman dekat saya org dalam dr pabrikan motor tebesar, mudah bagi dia buat jeprat jepret sana sini, tapi tak sedikitpun info keluar dr dia buat saya… mau giman juga..katanya IT mereka sangat kuat, dan akan ketauan siapa yg bocorin..risiko nya ya dapur macet alias pecat…

    Bener juga ya… cuma dpt terima kasih dan minta maaf… hmmm.., btw yg nakal kira2 insidernya atau org yg membocorkan ke khalayaknya? Misal dah bilang jangan di upload tyata di upload…

    http://kobayogas.com/2014/05/10/teaser-dari-situs-iwantyamahar25-sudah-siap/

    Like

  2. Pingback: Ini salah satu contoh blogger beretika (ulidblog.com) | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s