Blog anda kena google sandbox???

Blog-Lama-Dengan-Domain-Baru-Kena-Google-SandboxGoogle sandbox, makanan apa itu kang? KHS sendiri juga belum begitu paham namun sekilas yakni kotak pasir google dimana web atau blog yang terjelungup dalam kotak pasir itu akan berkurang hitsnya serta artikel-artikelnya tidak terindex oleh google.   Google sandbox adalah suatu tindakan penalty google terhadap suatu laman blog atau website yang di buang dari rangking pengindexan atau bisa di artikan sebagai penjara google yang menyedot seperti pasir hidup.  Google sandbox ini ada dua jenis yakni seluruh website dan satunya hanya artikel tertentu saja.

Apa penyebabnya?

  1. Optimasi yang berlebihan, sehingga di anggap spam oleh google
  2. Copy paste artikel dari website lain tanpa menyertakan link sumbernya
  3. Terlalu semangat mencari backlink, sehingga backlink tidak terlihat alami
  4. Terlalu banyak satu kata yang di ulang – ulang di dalam artikel
  5. Kebanyakan yang terkena sandbox adalah website yang sedang mengikut kontes SEO

Akibatnya ?

Secara otomotis website atau blog yang terkena google sandbox adanya penurunan pageview atau hits karena tidak bisa dicari melalui search engine

Cek blog anda kawans,

Nah beberapa minggu ini serasa dihantui oleh google sandbox karena pagewiew blog ini terkesan lelet. Apakah karena memang artikelnya kurang menarik atau emang jangan-jangan terkena google sandbox diatas. KHS pun mencoba untuk mengecek sendiri blog tahu campur ini melalui 2 cara. Yakni

  1. http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/ dimana hasilnya blog http://www.setia1heri.com yakni setia1heri.com looks OK! alias tidak terkena sandbox.  Menurut pixelgroove terdapat 3 hukuman dari google sandbox ini  yakni : Deindexed – Bila domain Anda benar-benar dihapus dari Google. Juga dikenal sebagai Banned. Dihukum – Bila domain Anda atau halaman masih ada namun tidak satupun dari halaman Anda dapat ditemukan melalui permintaan pencarian yang sangat langsung. Hukuman ini dapat otomatis melalui algoritma Google atau diterapkan secara manual oleh Engineer Google Mutu. Sandboxed – domain Anda atau halaman tidak deindexed atau Penalized, tapi lalu lintas yang Anda dapatkan dari Google tiba-tiba turun drastis.pixelgroove.com untuk memeriksa google sandbox
  2. http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm  dimana hasilnya blog http://www.setia1heri yakni Your site is still in google SandboxKok hasilnya beda ya dengan diatas. Mana yang benar dan mana yang salah? KHS tidak tahu mana diantara tools diatas yang benar-benar official untuk mengecek kebenaran status google sandbox sebuah blog atau website tersebut. :- ( . Entahlah….searchenginegenie.com untuk sandbox tools

Tetapi ada cara yang jitu untuk mengecek apakah sebuah blog atau website terkena google sandbox atau tidak yakni cukup hanya mengecekkan lewat http://www.google.com. Caranya gampang sekali :

  1. Buka www.google.com
  2. ketik dalam kotak tulisan site : alamatblogkita. Contohnya yakni site : http://www.setia1heri.com
  3. Perhatikan hasilnya, kalau alamat blog kita muncul maka kemungkinan besar blog kita tidak terkena google sandbox alias bebas dari hukuman penalty google. Namun sebaliknya kalau alamat blog kita tidak muncul maka kemungkinan besar blog kawan terperangkap dalam kotak pasir google diatas. 😦cara mengetahui blog kena google sandbox

Kalau benar terperangkap, gimana keluar dari google sandbox?

Berhubung KHS juga tidak paham, namun ada salah satu blogger yang punya pengalaman keluar dari kubangan kotak pasir google ini. Semoga pengalaman blogger ini bisa sedikit membantu kita agar blog atau website kita bisa normal seperti sedia kala. Cekidot :

  • Hal pertama yang anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Bila perlu berdoa juga agar cepat terbebas dari hukuman.Untuk sementara waktu, jangan melakukan optimasi terhadap halaman blog yang kena google sandbox.
  • Lakukan edit artikel yang terkena hukuman google sandbox. Perhatikan dan teliti artikel tersebut. Apa yang patut di kurangi dan di tambahkan.
  • Posting seperti biasa setidaknya sehari 1 posting dan menulis artikel yang berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox serta jangan lupa untuk memberikan inbound link ke artikel yang terkena sandbox tersebut.
  • Tetap posting seperti biasa. Minimal satu hari 1 artikel.Buat sebuah artikel artikel pembantu yang menyertakan link artikel yang terkena google sandbox tersebut. Dan bila perlu sertakan juga link atau beberapa alamat blog atau web yang ber-PR tinggi.
  • Membuat artikel tentang google sandbox dan memberikan link ke google.com.
  • Lalu ping blog utama anda agar google cepat re-index blog anda.
  • Jangan lupa juga untuk submit feed di webmaster agar konten blog dapat di crawl ulang secara keseluran oleh mesin pencari.

Ini terdapat cara lain dari blogger lain yang mungkin bisa dipakai sebagai referensi :

Cara Mengatasi Google Sandbox

1. Silahkan edit artikel anda yang terkena google sandbox tersebut.
2. Cek link artikel yang termasuk dalam google sandbox di www.brokenlinkcheck.com dan hapus artikel anda yang rusak.
3. Perbiasakanlah blogwalking agar terhindar dari google sandbox.
4. Kirim ulang sitemap anda ke google webmaster tools.
5. Silahkan anda tunggu sambil mengecek artikel anda di mesin pencarian google.

Demikian mantemans sekilas mengenai google sandbox setahu KHS yang nubi ini. Mungkin ada master blog yang lebih paham mengenai google sandbox bisa dishare di blog tahu campur ini.

Maturnuwun

bacaan :

  1. http://belajar-be.blogspot.com/2013/12/pengertian-google-sandbox-adalah.html

  2. http://bukacatatan.com/judul/apa-itu-google-sandbox.html

  3. http://agung-empire.mywapblog.com/cara-keluar-dari-google-sandbox.xhtml

  4. http://gunawan.pun.bz/pengalaman-dan-cara-keluar-dari-google-s.xhtml

baca juga :

 

Advertisements

66 thoughts on “Blog anda kena google sandbox???

  1. Pingback: Google Sandbox, bikin ketar ketir | AromaRPM

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s