Potensi tsunami di Indonesia dampak gempa chili sudah berakhir

BMKG_Pusat_20144394611Gempa bumi di lepas pantai Chili hari rabu 02 April 2014 kemarin dinyatakan oleh BMKG sedikit banyak berdampak pada tsunami di seluruh wilayah indonesia. Dengan adanya peringatan dini ini beberapa daerah disekitar pantai seperti Banyuwangi, Pacitan dan beberapa daerah pesisir yang lain sudah mengungsi terlebih dahulu. Gempa di pantai Chili sendiri sampai tulisan diketik ini mencapai 5 korban tewas sedangkan potensi sunami yang dikwatirkan mencapai kepulauan Solomon setinggi 10 cm pada pukul 04.00 WIB 03 April 2014 ini.  Sebelumnya potensi tsunami diramalkan akan menyambangi indonesia 23-25 jam pasca terjadinya gempa.

Nah berasal dari analisis tersebut maka BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) Indonesia menyatakan bahwa potensi tsunami di Indonesia dinyatakan telah berakhir. Selengkapnya bisa dibaca di berita berikut ini dari web resmi BMKG (akses 03 April 2014 jam 10.10):

POTENSI TSUNAMI AKIBAT GEMPABUMI TANGGAL 2 APRIL 2014 DENGAN KEKUATAN 8 SKALA RICHTER DI CHILI DINYATAKAN BERAKHIR UNTUK WILAYAH INDONESIA

Peringatan dini tsunami yang diakibatkan oleh gempabumi besar berkekuatan 8.0 skala richter (SR) terjadi di lepas pantai Chili tanggal 2 April 2014 pukul 06:46:48 WIB 19.61 LS – 70.83 BB dengan kedalaman 10 km berpotensi terjadinya Tsunami di wilayah Indonesia dinyatakan telah berakhir.

BMKG pada tanggal 3 April 2014 pukul 08:30 WIB merilis berakhirnya peringatan dini tsunami tersebut berdasarkan analisa data monitoring alat observasi tinggi muka laut dan menyatakan bahwa peringatan dini Tsunami dinyatakan telah berakhir untuk seluruh wilayah Indonesia.

Demikian informasi terakhir disampaikan oleh Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia, kecuali ada informasi baru.

Demikian mantemans semoga menjadi perhatian bersama dan bagi yang sudah mengungsi bisa kembali ke daerah masing-masing.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

11 thoughts on “Potensi tsunami di Indonesia dampak gempa chili sudah berakhir

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s