Menengok Kawasaki Binter Merzy

kawasaki binter merzy (1)Secara tidak sengaja ketika mau pulang dari uklam uklam objek wisata Baturraden, di parkiran KHS menjumpai sosok motor yang sepertinya asing tapi dulu waktu kecil pernah bertemu dijalan. Yupz..kalau tidak salah motor laki ini merupakan Kawasaki Binter atau lebih dikenal dengan Binter Merzy. Sisa-sisa keperkasaan motor tahun 80 an ini sepertinya masih terlihat ditengah gerusan motor-motor sport saat ini.

kawasaki binter merzy (3)Motor 200 cc ini sewaktu kecil KHS sungguh takjub. Maklum di desa kami yang terpencil hanya ada satu orang yang menunggangi Binter Merzy ini. Sebutlah namanya mbah margono dimana setiap aktivitas ke sawah atau ke ladang pasti menunggang motor perkasa ini dengan ronjot dibelakangnya πŸ˜€ . Waktu itu KHS yang masih kecil hanya mampu menatap terpesona akan kegagahan motor yang berwarna putih abu-abu itu punya mbah margono ini.

KHS sendiri kurang begitu paham apa itu Kawasaki Binter, Nah mengutip id.wikipedia.org berikut sekilas sejarah Binter di Indonesia.kawasaki binter merzy (4)

Binter adalah merek lokal dari sepeda motor Kawasaki di Indonesia. Nama Binter adalah singkatan dari Bintang Terang, yaitu nama perusahaan distributor sepeda motor ini. Merek ini terakhir digunakan pada tahun 1983 ketika Kawasaki di Indonesia menutup usahanya. Sepeda motor Kawasaki di kemudian hari membuka kembali usahanya di Indonesia tetapi tidak lagi menggunakan merek “Binter”.

Produk-produk Binter adalah:

  1. Binter Joy (sepeda motor bebek, di kemudian hari merek “Joy” masih digunakan oleh Kawasaki Indonesia, lewat motor Blitz Joy 125)

  2. Binter AR125 (sepeda motor sport touring, tercanggih di kelasnya pada saat itu, dilengkapi radiator dan monoshock)

  3. Binter Merzy KZ200 (sepeda motor kelas menengah, 200 cc bersilinder tunggal, sepeda motor produksi massal resmi terbesar kapasitas mesinnya di Indonesia sampai Suzuki Thunder 250cc diluncurkan. Motor ini menjadi favorit untuk dimodifikasi menjadi bentuk motor chopper ala Harley Davidson, dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya)

  4. Binter GTO (sepeda motor 2 tak, sekelas dengan Suzuki GP100 dan Yamaha RX100)

kawasaki binter merzy (5)Kembali ke soal Kawasaki Binter diatas, sekilas orisionalitas sebagian besar masih dipertahankan. Blok mesin, kondisi velg, spion dan semua bagian sepertinya masih meninggalkan kesan aslinya meskipun karatan di tangki dan knalpotnya. Bagi KHS sendiri sera dejavu dengan memorabilia waktu kecil menatap motor ini dengan gagah melewati jalan ditengah sawah.Monggo mantemans yang pernah memiliki motor besutan kawasaki ini untuk menganalisisnya. Maturnuwun

kawasaki binter merzy (2)baca juga :

Advertisements

56 thoughts on “Menengok Kawasaki Binter Merzy

  1. binter ar125, aye masih pake, tapi spionnya doank πŸ˜† gedeee.. pemandangan dibelakang jadi sangat luas, tangkai spion juga cukup panjang.. alur dratnya plek sama hamaya alias kiri sama kanan kebalik alurnya.. nangkring di jupiter tuwir dan seyon erseh :mrgreen:

    Like

  2. sama dlu di kampung saya ada yg pnya 1 binter merah… Wkt msih smp taon 91 πŸ˜€
    Nih motor nyusahin bngad klo mogok. Beratnya itu loh klo di drong sndirian xixixi.. Dlu mang keren n ckep bngad neh binter…

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s