Jepretan Acara Tumpeng Haul Mbah Syafii Pongangan Gresik [full picture]

Haul Mbah Syafii Pongangan Manyar Gresik tahun 2014 (68)Ini acara tahunan di kampung kami di Pongangan, Manyar, Gresik yakni Haul KH SYafii yang merupakan sesepuh desa disini. Serta diabadikan dalam sebuah jalan yang membentang sekitar 6 km mulai dari perempatan Terminal Bunder ke utara hingga pertigaan tenger Manyar. Dahulu tahun 2011 KHS sempat sedikit mengabadikan moment tersebut (postingan disini) via hape. Nah sekarang berbekal kamera DSLR Nikon D3100 KHS mencoba belajar menjepret moment yang  ada ketika hari Sabtu (1/3) yang merupakan puncak peringatan Haul Mbah Syafii tersebut.

Serangkaian acara sudah disiapkan panitia haul, biasanya sebulan sebelum puncak acara kondisi sekitar sudah ramai dengan berdatangannya para pedagang. Baik pedagang pakaian, mainan, makanan serta wahana permainan layaknya pasar malam.  Selanjutnya ada seminggu jelang puncak acara ada istighosah, khotmil qur’an baik putra-putri serta pengajian umum. Nah kemarin dihadiri langsung oleh KH Hasyim Muzadi [mantan ketua PBNU]. Hari Sabtu (1/3) merupakan puncak acara yang didahului dengan parade drum band, parade budaya serta tumpeng yang diarak. Tumpeng-tumpeng ini merupakan sumbangan masing-masing RW yang ada di desa pongangan. 2 Tumpeng masing-masing berisi tumpeng khusus nasi dan tumpeng khusus buah-buah. Selanjutnya tumpeng-tumpeng besar ini diiringi oleh tumpeng-tumpeng kecil yang dibawa perwakilan masing-masing RW. Tumpeng diarak oleh para sesepuh desa dan perangkat desa pongangan dengan formasi melingkari tumpeng dimaksud. Para anggota muspika seperti pihak polsek dan koramil juga turut serta menghadiri dan mengamankan jalannya haul yang dilakukan setahun sekali ini.

Setelah tumpeng nyampe di pintu gerbang makam mbah syafii maka dilakukan do’a terlebih dahulu sebelum di serbu oleh penduduk. Setelah do’a dilantunkan semua pendudukan berebut untuk mengambil baik nasi maupun buah dari tumpeng tadi. Meskipun berebutan dan berdesak-desakan tidak ada yang sampai ada ketegangan . Semua dilakukan secara tertib dan guyub sambil tertawa satu sama lain. Dan setelah puncak acara selesai panitia secara sigap langsung membersihkan sisa-sisa sampah yang berserakahan. Maklum keberadaan acara ini persis dijalan raya KH Syafii sehingga setiap acara puncak haul ini maka jalan raya ini akan ditutup untuk umum. Angkutan yang ada maka akan dilewatkan jalur alternatif lewat kampung-kampung.

Nah itu masbrow jepretan nubi terhadap haul mbah syafii tahun 2014 ini. Maturnuwun. Mohon dimaklumi asal jepret soalnya :mrgreen:

baca juga :

Advertisements

6 thoughts on “Jepretan Acara Tumpeng Haul Mbah Syafii Pongangan Gresik [full picture]

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s