Transfer Rp.26 juta untuk beli Laptop, kiriman yang Diterima berubah Mie Instan

tertipu fjb onlineIni merupakan kasus penipuan jual beli online untuk yang kesekian kalinya terjadi. Biasanya pembeli online pemula seringkali tergiur dengan harga miring yang ditawarkan oleh seseorang sebuah warung atau toko online. Tanpa berpikir panjang dan menelaah lebih jauh mengenai reputasi pemilik lapak sehingga kadang menyesal di kemudian hari. Nah kejadian berikut seseorang asal malang yang berniat membeli laptop apple via online justru kiriman yang didapat berupa sekardus mie instan dan susu.  Salah alamat? tentu tidak karena ia menjadi korban penipuan.

Berikur kronologis lengkapnya yang KHS kopas dari poskotanews.com

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Tergiur oleh Laptop Apple Mac Book seri terbaru lewat forum jual beli  di Kaskus via paket kirim, yang diterima malah kardus mie instan dan susu.

Merasa ditipu mentah-mentah oleh penjualnya, korban  Heru Fisanto, 30, lelaki asal Malang, Jawa Timur, melapor ke Mapolres Jaksel, Selasa (18/3)..

Korban mencari-cari barang tersebut melalui media sosial jual-beli Kaskus. Dia kemudian tertarik penawaran laptop Apple seri terbatu yang dijual oleh pelaku yang mengaku Muhtar dan bernegosiasi harga lewat telpon ke nomor 089654360XXX, hingga terjadi kesepakatan transaksi.

Setelah melihat kondisi barang yang dikirim lewat BlackBerry Messenger korban lalu transfer uang ke ATM BNI 46 SPBU Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jaksel, Sabtu (15/3) lalu.

Korban Heru mentransfer sebesar Rp 26 juta ke nomor rekening BNI No. 0329059032 atas nama Mustiadi.

Usai mentransfer uang, korban menunggu kiriman barang laptop hingga (17/3) kemarin sore.

“Saya sudah senang aja barang dikirim pas ternyata dicek kok kardus isinya kok Mie Instan dan Susu? Tertipu saya,” kata korban sekira pk. 09:00 pagi di Mapolres Jaksel, Selasa (18/3).

Kasubag Humas Polres Jaskel, Kompol Aswin, menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati jangan mudah percaya jika mau mentransfer.

“Kalau harga jutaan rupiah lebih transaksi janjian dan bertemu langsung,” imbuhnya. (Adji/d)

Nah semoga menjadi pelajaran bersama terutama bagi pembeli online pemula agar selalu berhati-hati ketika melakukan transaksi jual beli online. Berikut tips aman sekilas jual beli via online dari KHS yang berasal dari pengalaman selama ini.

  1. Pastikan penjual /warung memiliki rerputasi yang bagus. Maksudnya cari referensi sebanyak mungkin mengenai penjual yang bersangkutan. Hal ini bisa dilihat dari komeng-komeng yang masuk dilapaknya mengenai reputasi penjual/warung yang bersangkutan.
  2. Jangan tertipu harga yang terlalu miring. Harga yang miring memang terkadang membuat orang terkecoh namun cepatlah sadar karena bisa jadi itu adalah jebakan betmen.
  3. Berlagaklah sebagai buyer yang tidak terlalu butuh sebuah barang. Maksudnya ketika kita ‘jatuh hati’ terhadap sebuah barang yang kita cari maka tawarlah secara wajar. Dan bila seller ‘memaksa’ untuk segera melakukan DP alias uang muka maka perlu diwaspadai kalau produk tersebut hanyalah merupakan umpan penipuan.
  4. Harap curiga bila seller enggan diajak COD atau ketemuan. Meskipun ini relatif yang jelas para penipu tentu tidak akan mau menampakan batang hidungnya.
  5. Tranfer atau bayar melalui rekber. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas karena meskipun terkesan ribet namun cara ini cukup efektif mencegah tindak penipuan jual beli.
  6. Lakukan COD [cash on delivery] alias bayar ditempat. Ini merupakan hal yang paling penting karena kita bisa melihat barang secara langsung dan bertemu dengan penjualnya. Setelah cocok bis dibungkus barangnya atau kurang berkenan maka bisa dibatalkan yang tentunya didahului komunikasi sebelumnya. Perhatian : harap berhati-hati dengan COD karena bisa jadi juga merupakan modus perampokan dan perampasan. So kalau bisa COD ditempat yang ramai serta tidak dilakukan secara sendirian.
  7. Jika barang dikirim melalui jasa kurir maka jangan lupa minta nomor resi. Dengan nomor resi ini kita bisa melacak perkembangan barang yang dikirimkan kepada kita.

Demikian mantemans tips singkat agar kita terhindar dari bentuk penipuan online yang semakin banyak bertebaran didunia maya ini.

Maturnuwun

baca juga :

 

Advertisements

37 thoughts on “Transfer Rp.26 juta untuk beli Laptop, kiriman yang Diterima berubah Mie Instan

  1. alhamdulillah selama ini beli barang secara online baik lewat kaskus atau facebook ga pernah ketipu dan jangan sampe ketipu. saran saya sih kalo beli di kaskus itu liat cendol yg dia dapet dan liat reputasinya baik newbie, kaskuser, dan lain sebagainya. oia kadang juga si seller itu bata collector. jadi jangan kaget kalo ada yg sampe batanya fullbar :v

    Like

  2. jual beli online sebenarnya rawan banget yang beginian,makanya untuk hukum jual beli harusnya bertemu langsung,dalam islam saja jual beli itu salah satu syaratnya adalah adanya barang yang akan dibeli,lha ini nggak ada barang kok udah kirim uang…ya gitu deh jadinya…

    Like

  3. Pingback: Weleh…pak menpora ketipu FJB Online | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s