Tepat malam jum’at tanggal 13 Gunung Kelud meletus

gunung keludDapat kabar dari teman-teman di WA khususnya mantemans jatimotoblog RW Kediri dan sekitarnya, bahwa tadi malam alias kamis malam jum’at tanggal 13 status gunung kelud naik 1 level menjadi AWAS dimana area 10 km harus steril Dan beberapa saat kemudian tepatnya kamis (13/2) jam 22.49 WIB akhirnya gunung kelud ini benar-benar meletus. Beberapa keluarga mantemans yang berdomisili di Nglegok dan Punjul yang radius 7 km sudah mulai mengungsi agar terhindar dari batuk-batuknya Kelud. Oia sebelumnya tahun 2013 kemarin mantemans jatimotoblog juga sempat singgah di Gunung Kubah Lava ini (Postingan disini).

letusan gunung kelud 2014 copyHujan pasir dan kerikil menyebar ke beberapa wilayah terutama area Kediri. Menurut kang sugi (sugimasiada.com) suasananya petir bersahutan dengan mendung awan hitam bercamppur abu. Suara gemuruh bersahutan yang tak henti-henti ketika letusan ke-7. Suasana listrik dipadamkan di beberapa wilayah, aroma belerang, gemiricik pasir dan kerikil batu seukuran ruas jari berterbangan dari langit. Bahkan lampu jalan di Pare diberitakan pecah semua karena kena batu-batu kerikil tadi.

gunung kelud meletus malam jum'at  tahun 2014 copyArah angin berubah-ubah jadi semburan debu akan mengikuti arah angin. Menurut informasi pasir alias debu atau material vulkanik yang lain sudah menjangkau wilayah jombang, pujon, ngantang, madiun. Bahkan abu vulkanik juga menyambangi Kota Surabaya meskipun sifatnya tipis. Bagi warga yang memarkir mobilnya diluar rumah tentu bisa melihat abu vulkanik yang menempel di kaca dan atap mobil.

informasi kontak korban gunung kelud copyDan terhitung jum’at (14/2) jam 02.30 WIB gemuruh petir dan ujan pasir sudah berhenti namun begitu warga tetap waspada dengan letusan kedua. Bantu BC,”Jika ada informasi korban gunung kelud contact ke 0852 334 6999 atau 034-2691006 Humas RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Apa hubungannya malam jum’at dan tanggal 13 kang ? Yah mungkin hanya kebetulan sadja meskipun beberapa orang yang percaya mitos bisa jadi gothak-gathuk mathuk :mrgreen: . Entahlah gunung kelud ini batuk kembali setelah batuk 2007 silam yang memunculkan kubah lava yang sekarang meletus ini.

Semoga mantemans dan dulur di sekitaran area gunung kelud diberikan keselamatan dan kesabaran semoga tidak ada korban jiwa. Dan bantuan untuk para pengungsi segera datang untuk meringankan beban penderitaanya. Amin

maturnuwun

NB : gambar diolah dari grup WA

baca juga :

Advertisements

16 thoughts on “Tepat malam jum’at tanggal 13 Gunung Kelud meletus

  1. Pingback: Patung Lembu sura dan kisah mistis seputar meletusnya gunung kelud | setia1heri.com

  2. Pingback: Kopdarcol jatimotoblog sambil ngincipi Pos Ketan Legenda 1967 Alun-Alun Batu | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s