Aki ngefong mungkin elemen penghubungnya gak tepat

posisi on tetapi tidak bisa distarterNgefong itu apa ya ? KHS sendiri gak paham apa nulisnya bener begitu ya….hehehe…yang jelas setahu KHS ngefoong itu gejala aliran listrik (dari aki) yang tidak lancar alias tersendat-sendat. Terkadang arusnya normal tetapi lain waktu putus tanpa pemberitahuan dahulu…hehehe.  Gak tahu definisi ini benar atau tidak mohon mantemans sudi koreksi ya karena KHS tidak paham istilah teknis beginian 😦 .

Ceritanya begini, ini pengalaman KHS dengan aki Yuasa yang baru dipakai sekitar 8 bulanan (postingan disini). Awalnya gejalanya seperti aki standar pulsar yang soak itu (postingan disitu) yakni ketika posisi ON dan akan menyalakan electric starter maka kelistrikan akan langsung padam. Biasanya yang KHS lakukan yakni membuka penutup aki dan langsung melepas atau melonggarkan baut-baut penghubungnya. Dan biasanya setelah itu langsung…..greeenggggg….ngacir gan. Nah tetapi kan repot kalau lagi buru-buru terus ternyata kelistrikan padam. Akhirnya KHS berpikiran mungkin akinya soak atau daya sedang turun sehingga minggu kemarin (12/1) KHS coba bawa ke tukang stroom terdekat gan.

aki Yuasa di pulsar 180 ug 4“Voltage-nya turun mas….moga masih bisa dipake“pesan bapaknya yang punya usaha stroom aki ini. Waduh… padahal aki masih berumur belum setahun kok dayanya sudah mulai turun. Padahal cuma nambah led hand guard doang tidak lebih…hehehe. Dan ternyata benar setelah nyampe rumah dan KHS ingin menekan starter…listrik aki mati lagi..hiks..hiks. Akhirnya minggu kemarin (19/1) KHS bawa milestone ke bengkel bajaj gresik (bengkele kawans masbrow) soalnya beresnya kan sudah kukut. Dan KHS pun menyampaikan keluhan diatas kepada mekaniknya yakni aki kadang hidup dan kadang mati sehingga nganyelne kalau lagi perlu buru-buru.

Kang basit pun langsung melihat aki dan berkomentar, ” Ini elemen penghubungnya kang yang bermasalah sehingga ngefong, akibatnya aliran listrik tidak lancar”. KHS memang tidak paham ginian karena sejak dibelikan mertua tidak dicek sama sekali dan selama 8 bulan itu juga tidak ada masalah. “Maklum bahan dari lempengan plat nomor ini tidak bertahan lama kang dan bukan penghantar listrik yang baik” tutur pria asal manyar ini.  KHS hanya mengangguk angguk saja ketika dijelaskan mengenai elemen penghubung ini dan dengan sigap kang basit langsung mengganti elemen lempengan logam ini dengan lempengan besi kuningan. Dan setelah itur….Greenggggg….lancar jaya masbrow…

aki yuasa ngefongDemikian mantemans pengalaman nubi terkait penyebab ngefongnya aki yuasa ini. Semoga bisa bermanfaat dan kawan yang punya pengalaman serupa bisa dishare dimari.

maturnuwun

tambahan tips atau solusi dari komeng kawan di facebook :

tips ketika aliran aki putus copy

baca juga :

Advertisements

29 thoughts on “Aki ngefong mungkin elemen penghubungnya gak tepat

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s