Turing itu idealnya ada Surat Keterangan Jalan nya…

pict : kang agus nartri WAB Bojonegoro

Mantemans masbrow dan mbaksis yang terbiasa turing [bukan turu miring lho ya :mrgreen: ] idealnya memerlukan Surat Keterangan Jalan. Selain sebagai bukti biker yang baik hati dan tidak sombong juga mencerminkan sikap-sikap yang taat pada undang-undang….hehehe. Nah hal inilah yang dilakukan kawan-kawan klub pulsar yang tergabung dalam Wolves Army Bojonegoro [WAB] dimana  sebelum turing mereka membekali diri dengan Surat Keterangan Jalan ini. Jujur bagi KHS ini merupakan pengetahuan pertamax turing yang ada Surat Jalannya. Sebenarnya kalau melihat jarak antara Bojonegoro – Magetan hanya sekitaran 100 km saja namun dengan keberadaan Surat Jalan ini menunjukkan ketertiban dari komunitas biker tadi.

KHS pun sempat bertanya kepada kang Agus selaku pembina WAB mengenai tata cara mengurus Surat Jalan ini. “Kalau club itu resmi… satu jam sudah jadi dengan adanya permohohonan berapa personil dan data No Plat Polisi lengkap siapa yang berangkat” begitu bapak berkumis ini menjelaskan prosedur awalnya. Selanjutnya penyemplak bajaj pulsar ini menambahkan, “Ditulis dalam permohonan itu dengan Data Nama Peserta, Jenis Kendaraan kalau kita Bajaj Pulsar dan No Plat Polisi pemilik kendaraan di WAB juga ada yang punya Kawazaki KLX kita cantumkan bila sewaktu-waktu ada Operasi data nya cocok di permohonannya,”.

Nah begitu mantemans prosedur mengurus surat jalan di kepolisian. Jujur KHS belum punya pengalaman mengurus surat jalan ini. Soalnya kalau turing-turing selama ini tidak pernah mengurus surat jalan ini bahkan ketika dahulu blakrak ke Lombok sekalipun…hehehe. Bahkan selama ini ketika turing dengan komunitas motor pun belum pernah ada mengurus surat jalan ini. Tentu tindakan kawan-kawan WAB ini perlu mendapatkan jempol atas jiwa biker dan ketaatan dalam berlalu lintas. 😀 .

Bagaimana mantemans ? mestinya begitu kan kalau mau perjalanan jauh? sehingga kalau ada apa2 bisa merapat di kepolisian terdekat minimal numpang tidur kalau sedang kelelahan turing :mrgreen: . Oia yang punya pengalaman ngurus jalan di kepolisian bisa dishare dimari :mrgreen: .

jiwa turingermaturnuwun

baca juga :

Advertisements

31 thoughts on “Turing itu idealnya ada Surat Keterangan Jalan nya…

  1. Jadi inget jaman SMP-SMA dan kuliah, jalan-jalan keliling model backpacker modal Surat Jalan dari Polres. Jadi ditulis lengkaplah rencana yang mau disinggahi plus nama peserta jalan-jalan. Modal surat ini buat nginep di kelurahan/kecamatan, kantor polisi dari polsek polres sampai mapolwil saja diterima dengan baik, juga di koramil/kodim.. Wah lumayan gak usah bayar penginapan biar cuma gelar sleeping bag di lantai saja.

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s