Iklan rokok sekarang kalimatnya sadis dan frontal ya…

iklan rokok sadis dan frontalBeberapa minggu terakhir ini KHS melihat pemandangan berbeda terkait iklan-iklan rokok di billboard.  Ada tulisan pendek yang langsung nonjok disetiapkan reklame iklan itu tepatnya dibagian bawah yakni PERINGATAN +18 : ROKOK MEMBUNUHMU. Disamping tulisan tersebut terdapat gambar seorang lelaki yang sedang menghisap rokok dengan background gambar 2 tengkorak disampingnya. Nah awalnya KHS kaget kok sekarang teks peringatannya berbeda dengan yang dulu-dulu dimana terkesan lebih sopan. Awalnya KHS mengira itu hanya terdapat di iklan rokok tertentu saja namun ternyata hampir sebagian besar billboard iklan rokok yang KHS temui di sudut-sudut perempatan memajang tulisan serupa.

Kalau dahulu kalimatnya kan lebih sopan misalnya PERINGATAN PEMERINTAH : MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Nah sekarang ternyata iklan yang ada lebih keras, frontal, nonjok dan sadis seperti diatas. Ternyata iklan-iklan tersebut sesuai dengan himbauan Menteri Kesehatan. Mulai 2014 perusahaan rokok wajib mencantumkan peringatan bahaya merokok, baik bergambar dan tulisan, sesuai dengan PP No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan,” ujar Menteri Kesehatan, dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, dalam acara Puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat (31/5/2013). (Sumber: forum.kompas.com).

iklan rokok terbaru lebih menakutkanBerapa jumlah perokok di indonesia ?

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Tjadra Yoga Aditama mengatakan,  saat ini Indonesia masih menjadi negara ketiga dengan jumlah perokok aktif terbanyak di dunia 61,4 juta perokok setelah Cina dan India sekitar 60 persen pria dan 4,5 persen wanita di Indonesia adalah perokok.  Sementara itu, perokok pada anak dan remaja juga terus meningkat 43 juta dari 97 juta warga Indonesia adalah perokok pasif. (mei 2013/ sumber :sindonews)

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi resah dengan semakin tingginya perokok aktif di Indonesia. Berdasarkan data resmi Kemenkes, pada 2011 sebanyak 67,4 persen laki-laki di Indonesia merokok. Ironisnya lagi perokok laki-laki ini menempati jumlah tertinggi di dunia. Sedangkan jumlah perokok perempuan dalam sepuluh tahun terakhir meningkat empat kali lipat dari 1,3 persen menjadi 4,2 persen. (september 2013/ sumber : tempo.co.id)

“Secara keseluruhan, jumlah perokok di Indonesia laki-laki dan perempuan naik 35 persen pada 2012,” kata Peneliti sekligus dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, RA Yayi Suryo Prabandari saat ditemui usai konferensi pers pada 9 Oktober 2013. Yayi menjelaskan, jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, konsumsi rokok di Indonesia mencapai 46,16 persen. Sedangkan di Malaysia, konsumsi rokok hanya 2,90 persen. Di Myanmar 8,73 persen, Filipina 16,62 persen, Vietnam 14,11 persen, dan Thailand sebanyak 7,74 persen. Di Singapura, konsumsi rokok hanya 0,39 persen, Laos sebanyak 1,23 persen, Kamboja 2,07 persen, dan Brunei Darussalam 0,04 persen konsumsi rokok.(oktober 2013/sumber : tempo.co.id)

Iklan diatas ternyata masih ada sekuelnya lho..

Bocorannya akan ada setidaknya 5 gambar yang menggambarkan secara langsung dampak rokok. Kalau dahulu sifatnya verbal lewat tulisan namun sekarang sifatnya lebih visual sehingga lebih terkesan sadis.

PERINGATAN MEROKOK MEMBUNUHMU

iklan rokok provokatif

MEROKOK SEBABKAN KANKER, PARU-PARU DAN BRONKITIS KRONIS

iklan rokok menakutkan

MEROKOK SEBABKAN KANKER TENGGOROKAN

iklan rokok frontal

MEROKOK SEBABKAN KANGKER MULUT

iklan rokok sadisMEROKOK DEKAT ANAK BERBAHAYA BAGI MEREKA

iklan rokok sangar

Pertumbuhan perokok aktif di indonesia memang sangat memprihatinkan terutam perokok usia anak-anak sehingga sudah sewajarnya pemerintah memberlakukan aturan yang ketat mengenai iklan rokok ini.  Langkah yang sama sudah ditempuh oleh negara gajah putih Thailand dengan mengimplementasikan hal yang sama pada iklan-iklan rokok maupun bungkus rokok sehingga pertumbuhan perokok tidak terlalu signifikant bahkan cenderung stagnan.

bungkus rokok di thailand

bungkus rokok di thailand

Bagaimana kira-kira tanggapan mantemans ? 😀

sumber bacaan : http://m.kompasiana.com/post/read/623021/2

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

47 thoughts on “Iklan rokok sekarang kalimatnya sadis dan frontal ya…

  1. kepanjangan, kalo ditulis “merokok menyebabkan…bla..bla..bla”
    kalo langsung “membunuhmu” , itu singkat en langsung menohok, mak jleb 😆

    Like

  2. Pingback: Peringatan : Motor maupun Rokok Membunuhmu ? | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^

  3. Pingback: Peringatan pada Papan Iklan: “Merokok Membunuhmu” | Catatanku

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s