Wuih…jalan bojonegoro – ngawi manteb tenan

jalanan cor bojonegoro-ngrahoHampir setahun lebih KHS tidak melewati jalanan Bojonegoro-Ngawi via Padangan. Terakhir ketika turing akhir tahun 2012 bersama keluarga ke Telaga Sarangan Magetan beberapa waktu lalu.  Nah kemarin hari sabtu (28/12) dalam rangka menghadiri kopdargab jatimotoblog-koboys-motuba-homosek di markas mbah bonsay alias muhsin riyadi di Ngariboyo, Magetan maka KHS bersama Cak Maryono mencoba melewati kembali rute tersebut. Bedanya dengan tahun silam yakni jalanan Bojonegoro – Padangan dan Padangan – Ngawi saat ini sudah banyak perubahan alias terdapat perbaikan yang lebih mantabs.

jalanan bojonegoro mulus dan matohSiang itu sekitar jam 12.00 WIB KHS melewati Bojonegoro menuju Padangan. Jalanan sekitaran Bojonegoro – Kalittidu disini masih dalam tarap pembangunan yakni jalanan dicor dengan semen. Maklum kontur tanah di sepanjang jalan ini berupa tanah bergerak atau bergelombang sehingga meskipun diaspal bagus maka tidak berapa lama akan retak-retak kembali. Nah diharapkan dengan dicor dengan semen ini akan mengurangi timing jalanan rusak kembali dan lebih awet. Dengan sistem paku bumi alias sebelum dicor dengan semen terlebih dahulu dilubangi sekitar diameter 1 dengan ditambahi kerangka dari besi. Sehingga cor-coran yang dihasilkan lebih kuat dan lebih kokoh. Lewat jalanan ini harus ekstra hati-hati karena banyak besi sisa cor-coran yang bercokol disisi pinggir jalan. Selain itu perbaikan ini masih dalam satu sisi atau lajur saja.

jalanan bonegoro padangan-ngrahoSedangkan jalur Padangan-Ngawi tepatnya Padangan-Ngraho terlihat sebagian besar sudah siap digunakan. Oleh karena itu kita bisa menggeber dengan mulus namun begitu ketika mendekati jembatan harus segera mengurangi kecepatan karena ruas jembatan belum dibangun atau disamakan tingginya dengan cor-coran tadi. Maklum hampir setiap 2 km selalu terdapat sehingga mesti waspada kalau tidak ingin celaka. Selain itu disisi-sisi kiri kanan jalan belum semuanya ada cor-coran pembatas sehingga jangan sampai terjatuh dijurang yang cukup dalam. Maklum juga siapa sih yang tidak ngiler untuk ngegas agak dalam ketika melihat jalanan mulus maknyus. :mrgreen:

Alhasil perjalanan yang biasanya memakan waktu cukup lama antara Padangan-Ngraho maka saat ini bisa berhemat beberapa menit. Maklum jalanan ini dahulu terkenal berkontur bergelombang sehingga kita mesti hati-hati sehingga kecepatan ngegas hanya berkisar 40-60 km/jam saja. Dengan adanya pembangunan pengecoran jalanan ini maka bisa dipastikan kita bisa ngegas diatas kecepatan tadi. Jadi waktu bisa lebih hemat dan tidak pegal-pegal berjibaku dengan jalanan yang bergelombang…hehehe. Nah mantemans yang ingin ke Solo atau Madiun via Ngawi maka jalanan Bojonegoro bisa dijadikan alternatif kembali karena jalannya sudah semakin baik. Untuk ruas Bojonegoro-Kalitidu mesti waspada karena masih dalam proses pembangunan pengecoran.

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

32 thoughts on “Wuih…jalan bojonegoro – ngawi manteb tenan

  1. Waduhh bojonegoro bikin ngiri ajah, bupatinya terkenal kreatif dgn ide2 besarnya maka jangan heran beberapa tahun kedepan bojonegoro jauuuuhhh meninggalkan kotaku blora yg semakin hari redup dan stagnan tanpa ada kemajuan yg berarti, apalagi urusan jalan maka jangan dibahas deechh……..!!!!!

    Like

  2. Waduhh bojonegoro bikin ngiri ajah, bupatinya terkenal kreatif dgn ide2 besarnya maka jangan heran beberapa tahun kedepan bojonegoro jauuuuhhh meninggalkan kotaku blora yg semakin hari makin redup dan stagnan tanpa ada kemajuan yg berarti, apalagi urusan jalan maka jangan dibahas deechh……..!!!!! Malu-maluin ajachh

    Like

  3. Oh ya kang heri kok jalan yg dibangun/dilebarkan yang Bojonegoro ke selatan(Ngawi). Pdhal secara jalur mustinya ke jawa tengah. Ada apa ini, kayaknya jawa tengah kurang di perhatikan oleh pusat, lihat saja jalan di grobogan terus blora sampai cepu, kondisinya hancur berantakan. Sudah sempit, sepi udah gitu ditelantarkan, mana bisa maju kalo kondisinya terus2an seperti itu.

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s