Curhatan supir truk : Jangan Cuma Bisa Salahkan Kami…

Camera 360Mantemans masbrow dan mbaksis, ketika terjadi kecelakaan yang melibatkan truk tentu yang menjadi sasaran kambing hitam adalah truk itu sendiri. Padahal bisa jadi yang bersalah adalah pengendara di sekitarnya entah itu motor, mobil pribadi atau kendaraan yang lainnya. Nah dibawah ini ada curcol sebagian supir truk di pelabuhan tanjung perak surabaya yang sempat diwawancarai suarasurabaya.net. cekidot

suarasurabaya.net – Sejumlah sopir truk yang ditemui suarasurabaya.net mengaku ada aturan tidak tertulis yang sudah dipahami semua sopir, kalau menabrak orang lebih baik tabrak sampai meninggal. Urusannya akan jauh lebih ringan daripada korban tabrakan luka-luka atau menjadi cacat.

Tetapi mereka juga tidak mau serta merta disalahkan begitu saja. Menurut mereka sebagian besar penyebab truk menabrak orang bukan karena kesalahan sopir truk.

Sumardi seorang sopir truk mengatakan, hampir semua korban tertabrak truk adalah pengendara sepeda motor. Hal itu kata dia disebabkan banyak tingkah laku pengendara motor di jalan raya yang ugal-ugalan atau perilaku berkendara mereka yang justru berbahaya.

“Bukan cuma berbahaya buat dia, tapi juga orang lain. Misalnya sudah tahu di depan ada truk gandeng, ada trailer, tapi nekat aja nerobos. Padahal jalan lagi ramai. Atau kalau pas sepi, tapi kondisi jalan jelek, banyak lubang. Nekat mau nyalip tapi kena lubang, trus oleng nggak bisa mengendalikan. Nyenggol truk yang barusan disalip. Jatuh, kelindes. Kita juga yang disalahkan,“ jelasnya.

Dia mengaku paling benci dengan kendaraan yang bermanuver tiba-tiba di depan truk. Entah itu berhenti, berbelok atau memotong tiba-tiba. Hal itu katanya sangat menyulitkan karena truk memiliki keterbatasan dalam bermanuver.

“Jarak 5 meter berhenti tiba-tiba, atau ada pertigaan mobil atau motor nyelonong masuk jalur, belok tapi tanpa lampu sein. Kita itu beda sama bus. Bus masih bisa manuver meski sedikit, kita sudah gak bisa. Apalagi ketambahan barang muatan. Mau ngerem juga percuma kalau jaraknya terlalu dekat. Pasti ketabrak,“ katanya.

Beberapa sopir lain menambahkan lebih baik sedikit sabar dan agak mengalah pada truk di jalan raya. Tidak perlu mengklakson keras-keras sampai berulang kali, karena sikap mental sopir truk sudah terbiasa untuk tidak terlalu peduli dengan klakson, apalagi milik sepeda motor.

Pun mereka meminta pengendara lain untuk tidak sering mengutuk dan memaki sopir truk karena cara berjalan truk yang sering kali mepet dengan markah jalan di lajur kanan.

“Kami memang harus pelan, bahkan di jalan tol sekalipun. Jangan kami dimaki kalau sering mepet di lajur kanan, jadi merasa nggak ada ruang buat menyalip. Itu karena kami nggak bisa terlalu ke kiri. Di lajur kiri itu sering ada mobil angkutan yang menurunkan penumpang, belum lagi sepeda motor. Sabar lah sedikit. Kalau pas di tikungan ada truk di depan atau belakang ambil jalur luar aja, karena truk biasanya butuh haluan untuk belok. Jangan maksa,“ kata mereka.(ran/ipg)

Nah mantemans semua, setelah membaca curcol sebagian sopir ini tentu kita terutama pemakai sepeda motor untuk yach sedikit berempati dengan kondisi mereka. Meskipun kadang juga tidak dapat dipungkiri beberapa sopir truk juga ugalan-ugalan sendiri dijalan raya.

maturnuwun

sumber :suarasurabaya.net

baca juga :

Advertisements

38 thoughts on “Curhatan supir truk : Jangan Cuma Bisa Salahkan Kami…

  1. ada aturan tidak
    tertulis yang sudah dipahami
    semua sopir, kalau
    menabrak orang lebih baik
    tabrak sampai meninggal.
    Urusannya akan jauh lebih
    ringan daripada korban
    tabrakan luka-luka atau
    menjadi cacat.
    ==============++,
    brati malah di sengaja dong kl lum mati….skalian d matiin….
    la urusan lbih gampang….tp d akhirat? hehe

    Like

  2. Memang seperti itu.
    Apalagi ketemu KLUB motor, yang eneg banyak.
    Sudah tahu salah masih gebrak2 body.

    saya pernah tanya ke 4 blogger secara random, dan hanya satu yg jawab masalah klub motor tersebut.

    Like

  3. dulu pernah denger cerita dari teman

    ada pengendara motor kelindes sampek badannya putus di perut
    tapi pengendaranya masih hidup dan masih bisa “sambat”

    karena orang2 di lokasi kasihan dan nyuruh sopir truk mundur lagi dan dilindas sampai meninggal

    Like

  4. Sopir truk itu umumnya baik loh. Mereka sering ngasih tanda2 sinyal kondisi jalan di depan ke kendaraan di belakangnya. Saya sebagai pengendara motor ngerasa sangat terbantu dan bener2 berterimakasih atas bantuan sinyal dari para sopir truk ini. Cuma sayang, umumnya pengendara motor ngga ngerti sama hal2 kaya gini, jadinya justru sering salah tafsir dan timbul salah paham di jalan….

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s