Indahnya Jalan Tol Bali Mandara [video]

pintu gerbang tol bali mandaraMantemans kangmas dan mbakyu pada liburan awal desember kemarin KHS sempat jalan-jalan di bali. Salah satu tujuan objek wisata adalah Tanjong Benoa dimana pak sopir bus yang baik hati bersedia melewatkan rombongan melewati Tol Bali Mandara yang ada diatas laut itu lho brow…hehehe. Yupz Tol Bali Mandara merupakan jalan tol sepanjang 12,7 km yang menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai dan Benoa. Jalan tol ini telah diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2013 silam sebelum adanya KTT APEC.  Pembangunan tol diatas laut ini termasuk sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu satu tahun saja (kata guide tour kemarin..hehehe).

tol nusa dua bali bagusNah hari minggu 1 Desember 2013 kemarin KHS sempat mencicipi jalan tol ini meskipun sebenarnya sensasinya tidak berbeda jauh dengan Jembatan Suramadu. Bedanya Tol Bali Mandara ini terdapat beberapa tikungan dan putaran yang membawa sensasi tersendiri ketika melintasinya. Selain itu kondisi laut di sekitar Tol Bali Bandara mengalami pasang surut dimana pada pagi hingga siang hari kondisi air sedang pasang sedangkan ketika sore hari mengalami surut. Sedangkan kalau jembatan suramadu debit airnya selalu statis. Sedang kesamaan keduanya yakni bisa dilalui oleh sepeda motor.  KHS tidak mengetahui sejauh mana kecepatan hembusan angin disekitar Tol Bali Mandara ini karena kemarin didalam bus. Mungkin lain kali bisa langsung dicoba berkendara pakai Milestone…hehehe. Tarifnya untuk sepeda motor sekitar Rp. 4.000 dimana Jembatan Suramadu hanya Rp.3.000 (kalau gak salah ingat.. 😀 ).

tol nusa dua baliBerbekal kamera digital Casio Exilim EX-z16 KHS mencoba merekam kondisi jalan tol bali mandara ini ketika bus sedang melaju dari Nusa dua menuju Tanjong Benoa. Harap dimaklumi kamera 12 MP ini goyang-goyang karena memang gak pakai tripod. Sedangkan ketika kembalinya dari Benoa menuju Ngurah Rai KHS mencoba membidik dengan kamera DSLR Nikon D3100 untuk menjepret beberapa bagian dari Jembatan yang katanya jalan tol terindah dunia 😀 . Oia pintu gerbang tol didesain dengan kultur khas bali serta warna khas orange.

detik.com

Konstruksi bangunannya memang terkesan sangat “wow” karena memang dibangun diatas permukaan laut. Selain itu sensasinya yang “dwi warna” ketika waktu pagi dan sore tentu membawa pemandangan tersendiri. Ketika KHS bersama rombongan melintasi kemarin kondisi jalan tol terkesan lengang hanya terlihat beberapa kendaraan saja yang lewat termasuk juga kendaraan roda. Proyek jembatan tol bali mandara memang prestisius karena menghabiskan anggaran sekitar 2,7 Triliun namun disisi lain juga berdampak pada lingkungan terutama ekosistem biota laut disekitarnya.

Monggo masbrow dilirik beberapa jepretan dan vidio amatiran ini :mrgreen:

Video Durasi 10 menit

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

24 thoughts on “Indahnya Jalan Tol Bali Mandara [video]

  1. mudah2an kualitas konstruksinya bagus,nggak ada pengurangan kualitas material…biar jembatan ini awet sampe puluhan tahun. Saya pernah baca di berita,setelah peresmian tol ini, dahlan iskan merencanakan bangun tol dari surabaya sampai ke jakarta melalui laut utara…katanya untuk mengurangi volume kendaraan di jalur pantura dan bisa memperlancar roda perekonomian antar propinsi di jawa. (bayangne tol sakmunu adohe) 😛 😛 😛

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s