Eloknya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

gambar : jalan kelok 9 (kompas.com)

Jembatan Kelok 9 ? awalnya KHS tidak begitu paham namun dengan bertanya-tanya kepada mbah google akhirnya tahu juga. Yupz…Jembatan Kelok 9 merupakan jembatan yang menghubungkan Payakumbuh, Sumatera Barat, dengan Pekanbaru, Riau, tepatnya di Km 143 hingga Km 148 dari Padang. Jembatan ini sebenarnya dibangun sejak tahun 2003 dan setelah 10 tahun berjalan akhirnya siap diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada akhir Oktober 2013 ini.  Kenapa disebut Kelok 9 ? karena jalanan di daerah itu memiliki 9 belokan atau kelokan. Ruas jalan yang tampak zig-zag menuruni lereng bukit ini dibangun pada zaman Belanda, tahun 1908 sampai 1914.

kelok-9

gambar : kaskus

Jembatan ini tepatnyadi Kabupaten Limapuluh Kota.  Nah diantara ruas jalan kelok sembilan (9) ini dibangunlah Jembatan Kelok 9 di atas. Jembatan Kelok Sembilan terletak di kilometer 146 dan 148. Jembatan ini panjangnya 2.537 meter, terdiri atas 980 meter berupa jembatan yang terbagi dalam enam buah jembatan dan 1.557 meter berupa jalan raya biasa di lereng bukit.

Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau (wikipedia).

Melewati kelok sembilan sepertinya pengendara akan dimanjakan dengan pemandangan yang sejuk, hijau dan eksotisme panorama perbukitan. Selain itu juga bisa melihat bagaimana ‘seni’ para sopir truk-truk besar dan bus serta mobil berpapasan ketika di kelokan. Menurut informasi untuk menikmati panorama Kelok Sembilan, tempat paling pas adalah di ruas jalan paling atas. Di belokan paling atas ini terdapat bahu jalan yang cukup luas, sehingga kendaraan bisa parkir dengan aman. Wah tentu indah nian ya… Semoga entah suatu saat bisa melihat langsung kesana. Amin. :pray:

15082012114100jalan-kelok-9Keberadaan jalan maupun jembatan kelok sembilan (9) mengingatkan KHS sebuah jalan terjal perbukitan di Rio do Rasto, Brasil.  Mungkin bisa jadi keterjalannya lebih dari jembatan kelok 9 ini. Di jalan Rio do Rasto ini seringkali ‘dinikmati’ dengan cara ngedrift beberapa atlit drifter. Sebuah kombinasi olah raga ekstrim, nyali, fisik dan tentu bisa jadi nyawa sebagai taruhannya. Hehehe…nah apakah jalan di kelok 9 yang menelan biaya sekitar 500 M ini bisa ‘dinikmati’ sebagaimana jalan di Rio do Rasto, Brasil tadi ?…..tentu nama Indonesia akan berkibar juga dimata dunia…hehehe :mrgreen:

NB :  mungkin ada masbrow dan mbaksis yang tahu persis titik koordinat dari kelok sembilan ini bisa dishare dimari

maturnuwun.

link terkait :

sumber bacaan :

http://nasional.kompas.com/read/2013/10/28/0904573/Jembatan.Kelok.9.siap.diresmikan

http://minangkabaunews.com/artikel-2932-fenomena-alam-eksotik-kelok-9-sumatera-barat.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kelok_9

27 thoughts on “Eloknya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s