Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2013 Kota Surabaya

HAN 2013 kota surabaya
Hari Anak Nasional (HAN) itu sebenarnya jatuh pada tanggal 23 Juli yang kemarin telah ditandai dengan berbagai macam kegiatan yang diikuti oleh anak-anak dari berbagai usia. Tanpa mengurangi makna dan semangat yang terkandung didalamnya yaitu, semangat untuk mengingatkan kembali pemenuhan hak-hak anak yang mencakup 5 kluster serta memantapkan komitmen surabaya Kota Layak Anak.

Dra nanis chairani, MM ka bapemas kbPeringatan Hari Anak Nasional Kota Surabaya tahun 2013 ini merupakan momen yang sangat spesial karena pada tahun ini untuk ke-3 kalinya Kota Surabaya mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak dengan Kategori Nindya yang merupakan penghargaan tertinggi di Indonesia. penghargaan ini diserahkan langsung oleh ibu Linda Amalia Sari Gumelar Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada ibu Tri Risma Harini Walikota Surabaya.

Tema nasional peringatan Hari Anak Nasional tahun 2013 “Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak dimulai dari pengasuhan dalam keluarga” Sedangkan tema Kota Surabaya sesuai dengan fokus dan karakter lokal  kota surabaya yakni  “ Komitmen memantapkan Surabaya Kota Layak Anak”. Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2013 ini merupakan ajang ekspresi anak-anak kota surabaya untuk menampilkan kreativitas terbaik mereka

spanduk HAN 2013 surabayaPuncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2013 ini diselenggarakan hari Jum’at – Sabtu, tanggal 13-14 September 2013 di Taman Flora Kebun Bibit Kota Surabaya yang dibuka oleh Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya Dra Nanis Chairani, MM. Serangkaian acara peringatan HAN 2013 di Surabaya yakni  Surabaya  Mencari  Bakat Anak (SMBA). Acara ini merupakan ajang Pencarian bakat terbaik dari 31 kecamatan se-surabaya ataupun perwakilan dari sekolah dimana masing- masing akan mengirimkan 1 wakilnya.  Terdapat 2 kategori yakni kategori A (usia 8-12 tahun) dan kategori B (usia 13-18 tahun).

Berikut daftar pemenang lomba SMBA diatas yakni

Kategori A

Juara

Kecamatan

Sekolah

Bakat/Kreativitas

Nama

I

Dukuh pakis SDN Dukuh Kupang V/534 Dalang Cilik Bayu Wayan Wijaya

II

Gubeng SDN Kertajaya Remo

III

SDN Dr. Soetomo VIII/330 Vokal
Kategori B

Juara

Kecamatan

Sekolah

Bakat/Kreativitas

Nama

I

SMPN 12 Tari

II

SMK Dharma Bahari Tari Modern

III

Genteng Cheerleader

Masing-masing juara serta juara harapan 1,2,3 mendapatkan piala dan uang pembinaan dari Pemerintah Kota Surabaya.

peragaan busana anakHari esok nya yakni Sabtu (14/9)  terdapat beberapa acara yakni :  Senam  sehat  anak  surabaya dimana Senam sehat bersama diikuti oleh anak-anak yang ada di Kota Surabaya dengan peserta sekitar 1500  anak. Kemudian dilanjutkan dengan Sarapan sehat anak surabaya  dimana sekitar 20 anak akan berpakaian ala koki yang membagikan makanan tambahan (buah/snack) untuk anak-anak setelah mengikuti senam.

remo modern surabayaAcara peringatan HAN ini dihadiri oleh Tri Risma Harini Walikota Surabaya, perwakilan anggota legislatif, Kejaksaan Negeri dan POLRESTABES kota surabaya yang tergabung dalam forkominda. Selain itu juga dihadiri masyarakat para pegiat dan pemerhati hak anak di kota Surabaya.  Acara selanjutnya yakni Dialog Anak Surabaya bersama Ibu Walikota dimana anak-anak menyampaikan beberapa aspirasi mereka terkait Kota Surabaya di masa mendatang.

Acara terakhir yakni  Penandatangan Komitmen Bersama untuk memantapkan Surabaya sebagai Kota Layak Anak oleh Walikota Surabaya bersama unsur Forkominda serta seluruh komponen masyarakat yang peduli anak. Diharapkan dengan komitmen bersama seluruh unsur masyarakat ini dapat memperkuat dan memantapkan pengembangan Surabaya Kota Layak Anak.

penandatanganan komitmen pemantapan surabaya KLADalam peringatan HAN tahun 2013 ini juga dilakukan penyerahan hadiah bagi kecamatan ramah anak yang ada di Kota Surabaya. Setelah dilakukan seleksi administrasi dan peninjau lapangan maka terdapat 6 kecamatan di Kota Surabaya yang layak mendapatkan predikat sebagai Kecamatan Ramah Anak  dengan memperhatikan indikator turunan Kota Layak Anak dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kecamatan itu yakni :

No Kecamatan Keterangan
1 Tandes Juara I
2 Wonoromo Juara II
3 Rungkut Juara III
4 Gubeng Nominator
5 Jambangan Nominator
6 Mulyorejo Nominator

Semoga dengan Peringatan HAN Tahun 2013  ini dapat meneguhkan komitmen Kota Surabaya dalam mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak  yang bermula dari Keluarga Surabaya yang Ramah Anak. Selain itu dengan momentum ini dapat menelurkan program-program Kota Surabaya yang responsif anak dengan dukungan masyarakat dan dunia usaha.

maturnuwun

3 thoughts on “Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2013 Kota Surabaya

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s