Nyoba-nyoba aplikasi pengusir nyamuk (android).

aplikasi pengusir nyamuk di android

Malam itu nyamuk mendenging berterbangan  dan mengusik ketenangan kami ketika lagi piket tengah malam. KHS bersama dengan teman yang malam Rabu (17/7) itu mendapat tugas piket jaga Bonbin atau Kebun Binatang Surabaya atau Surabaya Zoo tentu sangat terganggu dengan keberadaan nyamuk-nyamuk nakal ini. Sebenarnya sebelum berangkat ngeronda  KHS sudah kepikiran membawa lotion anti nyamuk tetapi ternyata kelupaan. Yah akhirnya KHS dan beberapa teman yang piket menjadi sasaran keganasan nyamuk-nyamuk liar disekitaran KBS.

Ditengah keterusikan dan ‘olah raga’ tangan yang bermain tepuk-tepukan maka KHS berpikir mengapa tidak mencoba aplikasi android terkait pengusir nyamuk. Berbekal gadget android besutan Smartfren Andromax I maka KHS mencari aplikasi dimaksud dengan keyword anti nyamuk. Ternyata banyak juga tawaran aplikasi diatas baik yang buatan anak negeri maupun orang luar negeri.

Diantara banyaknya tawaran aplikasi gratis diatas maka KHS mencoba 3 aplikasi pengusir nyamuk tadi yakni Anti Nyamuk, Anti Mosquito, Mosquito Killer.  Semua aplikasi ini tersedia gratis di Google Play dan berhubung sifatnya freeware maka tentu banyak iklan bermunculan. KHS mencoba mengaktifkan ketiga aplikasi diatas untuk melihat hasilnya.

Aplikas anti nyamuk androidPertama,  Anti Nyamuk. Cara mengaktifkannya sangat mudah tinggal ditekan symbol nyamuknya. Jika symbol nyamuk terdapat tanda silang maka aplikasi ini sedang bekerja dengan mengeluarkan bunyi/gelombang  ultrasonic dimana frekwensi atau volume bisa kita atur secara minimal ataupun maksimal.  Menurut KHS bunyinya sangat kecil sekali bahkan nyaris tak terdengar. Merasa tidak ada perubahan atau efek terkait serbuan nyamuk nakal tadi maka KHS menutup aplikasi  ini dan beralih ke aplikasi lain.

Anti Mosquito androidKedua, Anti Mosquito UltraSonic Mosquito Repellent.  Diaplikasi ini kita akan disuguhi 3 pilihan kondisi atau tempat dimana kita berada yakni di ladang/persawahan, rumah atau sedang kemah. Kita tinggal memilih 3 kondisi diatas dan aplikasi akan bekerja dengan mengeluarkan bunyi  ultrasonic. Tingkat volume ditentukan dari tombol volume gadget kita. Dan aplikasi ini masih bisa bekerja di belakang layar sambil kita buka-buka aplikasi  lain. Dan menurut KHS aplikasi kedua ini cukup ‘terasa’ suaranya alias terdengar bunyi  yang berbeda disetiap tempat tadi.  Untuk mematikan aplikasi ini tinggal ditekan symbol nyamuk dan tekan tombol / symbol back  di gadget kita.

Mosquito Killer androidKetiga, Mosquito Killer. Dalam aplikasi pengusir nyamuk ini kita akan disodori 3 pilihan gelombang ultrasonic dan 1 gelombang pembunuh. Gelombang itu yakni 10 KHZ, 15 KHZ, 17 KHS dan Killer. Semakin kecil KHZ-nya ternyata suaranya ultrasonicnya semakin melengking. Untuk mengaktifkan tinggal ditekan pilihan-pilihan tadi dan aplikasi bisa bekerja dibelakang layar. Untuk mematikan juga ditekan saja symbol ‘pause” yang ada ditengah aplikasi.

Menurut KHS ketiga aplikasi pengusir nyamuk diatas belum menunjukkan hasil yang memuaskan kalau tidak bisa dikatakan gagal mengusir nyamuk.  Apakah karena factor area dimana KBS ini merupakan area terbuka sehingga gelombang ultrasonic tidak bisa focus menjangkau gelombang nyamuk, atau juga factor timing dimana KHS mengaktifkan ketiga aplikasi ini tidak terlalu lama yakni hanya sekitar 10 menitan saja , atau juga factor nyamuknya sendiri dimana di KBS ini memang jumlah nyamuknya sangat banyak dan nyamuknya nyamuk liar…xixixixi. Gak tahulah. Jujur KHS belum pernah mencoba mengaktifkan aplikasi ini semalaman ketika tidur dikamar. Mungkin manteman masbrow dan mbaksis pernah mencoba aplikasi pengusir nyamuk ini, mungkin bisa dishare dimari  pengalamannya.

Maturnuwun

link terkait :

Advertisements

45 thoughts on “Nyoba-nyoba aplikasi pengusir nyamuk (android).

  1. nyamuknya yg kebal masbrooo 😀
    setahu saya sech dulu waktu booming2nya alat pengusir nyamuk ultrasonic saya sempat ngetes pake osiloskop dan tak bongkar ehhh ga tahunya cuma ic timer ne555 diset di frekuensi 1,2khz square wave
    nah aplikasi ini juga sama,membuat suara dg bentuk gelombang square wave dg frekuensi sekitar 1,2khz dg asumsi kalo nyamuk betina yg mendengar ini bakalan terganggu dan akhirnya menyingkir padahal kenyataanya nyamuk betina berburu bukan pake telinga tapi pake sensor panas (canggih tooo) hahahahaha 😀
    ooo yaaa kalo ga salah frekuensi ini dapat juga buat mengusir tikus tapi tikus yg kecil alias curut bukan yg gedhe

    Like

    • sebenarnya aplikasi ini cuman bikin ribut ditelinga nyamuk..jadi bikin dia gak fokus. kah klo dia cuek nemang bener bakal gak mempan pakai apkikasi ini.

      sederhananya nyamuk jalan2 nyari makan, dia samar2 ada liat panas tubuh manusia, eh sebelum beberapa meter dia merasa bising, gak jadi deh. (klo dari info aplikasinya, frekuensi yg dihasilkan mirip suara nyamuk betina, jadi naymuk jantan gak mau dekat krn insting nya memang begitu)…so dgn demikian nyamuk betina gak mempan kan.

      itu klo gak salah. jadi nyamuk yg itu tetap bisa gigit kita meskipun pakai app ini 😀

      Like

  2. loh saya mempan eh mas. haha

    itu kayaknya yang diusir nyamuk betina saja mas. atau nyamuk jantan saja. lupa 😦

    saya gak pakai lagi. habisin beterai ajah. saya sebenarnya tahan digigit nyamuk yg versi rumahan, tapi darahnya membekas di tempat tidur 😦

    Like

  3. kalau ane sih bukan hp android malahan di Blackberry tapi yang pro alias ane beli aplikasinya,efeknya lumayanlah bisa ngusir nyamuk dikamar.kagak tau kalau efeknya di luar ruangan atau ruangan terbuka.tapi ada 1 hal yang paling nyebelin cepat habisin baterai kita 😦

    Like

  4. Hi Guys …
    kalau saya ada pengalaman memakai alat suara ultrasonic, dan memuaskan hasilnya
    untuk mengusir tikus dan kelelawar, bisa di setel frekuensy nya untuk hewan kecil-kecil seperti nyamuk kecoa dan ainnya , sharing lengkapnya bisa di baca di blog saya …

    btw, Lam kenal buat kang setia heri … makasih review anti nyamuknya ^_^

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s