Demam Harlem Shake dan Cinta Indonesia

Harlem Shake Picture“Con los teroritas. Do the Harlem Shake!”…Inilah kata pembuka yang kemudian diikuti hentakan music khas Disk Jockey (DJ). Bagi kawan-kawan semua tentu tidak asing dengan lirik diatas karena itu ada di Harlem Shake yang saat ini lagi booming.  Gerakan tari ini diawali dengan pahlawan manusia bertopeng,helm, atau masker yang menari sendiri hingga 10 detik terus beberapa detik lagi diikuti tari tidak beraturan dari orang-orang disekitarnya yang awalnya acuh tak acuh atau biasa aja.

Yuup…kalau dahulu Gangnam Style milik PSY muncul  di negeri Gingseng Korea (postingan disini) maka Harlem Shake ini bibitnya muncul di negeri Paman Sam tepatnya di kota Harlem. Menurut dari berbagai sumber Tarian Harlem Shake sebenarnya adalah tarian 1981, dan pernah populer pada tahun 2011, namun sekarang kembali populer dengan aksi lucu di YouTube. Kepopuleran ini tidak terlepas dari TheSunnyCoastSkate dan Filthy Frank yang mengemas Harlem Shake ini menjadi lucu, menghibur, kostum lucu serta tarian yang tidak biasa. Oia masbrow  Gerakan Harlem Shake sendiri terinspirasi dari tarian Eskista asal Ethiopia. Kalau lagu ‘Harlem Shake’ sendiri dibawakan oleh Baauer yang punya nama asli Harry Rodrigues.

Nah kini semua orang didunia tersihir buat ikut membuat Harlem Shake dengan versinya masing-masing meskipun versi original punya Frank masih menjadi acuan dasar video yang berkisar 30 detik ini. Tidak terhitung jumlahnya setiap orang,komunitas, kantor, klub olah raga, hobby membuat video Harlem Shake ini dengan kreatifitas masing-masing.  Kostum yang digunakan mulai yang berbusana lengkap, nyleneh, hingga ada yang tidak berbusana sama sekali. Nah di Indonesia juga tidak mau ketinggalan mulai dari artis, sekolah, kantor bahkan partai politik membuat  Harlem Shake dengan versinya masing-masing bahkan ada yang melabeli Moslem Harlem Shake. Jiahh….aya aya w ae tetapi itu juga kreatifitas bro jadi tetap kudu diapresiasi.

Begini masbrow dan mbaksis, Berbicara dua meme tarian terakhir yakni Gangnam Style dan Harlem Shake kok ane bermimpi budaya nusantara ini untuk diangkat ditataran kancah internasional.  Seperti kita ketahui bersama budaya nusantara sangat kaya apalagi hanya berupa seni tari. Setiap propinsi bahkan mungkin kabupaten/kota memiliki tarian khas masing-masing baik tari tradisional maupun tari kreasi modern khas Indonesia.  Taruhlah seperti Tari Kecak di Bali, Tari Saman di Aceh, Tari Tor-Tor Sumatera Utara, dan Tari Cakalele di Maluku. Mengapa peluang di zaman digital ini tidak digunakan untuk memperkenalkan khasanah tari Indonesia ini ?

Bukannya tari tradisional itu ribet, mbulet dan lelet ?  Saya pikir dalam bahasa ‘iklan’ tentu tidak semua ditampilkan secara utuh namun bisa berbentuk  siluet, semacam thriller atau kalau seperti lagu diambil reff nya saja. Saya rasa di indonesia banyak sekali kok mereka yang kreatif –kreatif dalam mengemas hal-hal semacam ini. Bukan begitu masbrow? Nah sekarang bagaimana mempromosikannya itu kang ?

Indonesia dengan penduduknya pengguna sosmed salah satunya twitter yang cukup besar saya rasa bisa buat ‘kejutan’ semacam trending topic.  Masak hastag #alay saja bisa menjadi trending topic didunia kalau gak salah maka mempromosikan seni indonesia tentu bisa dimanage sedemikian rupa. Bayangkan bila pengguna twitter di Indonesia bersatu padu secara terencana, terorganisasi dan satu komando maka bisa dahsyat tuh…cmiiw. Ntar mungkin teknisnya bisa diatur lebih lanjut dah atau diserahkan pada ahlinya dimana yang jelas punya keinginan kuat untuk mempromosikan seni budaya Indonesia. Bisa dibayangkan nantinya bila tarian indonesia menjadi inspirasi sebagaiamana Harlem Shake ini sendiri yang justru dari benua Afrika.

Monggo kangmas dan mbak yu yang demam harlem shake sebagai sarana melepas stress, penat, kebuntuan pikiran untuk sejenak menari dengan gerakan asimetris ini tetapi janga lupa bahwa Indonesia kita juga punya tarian yang tidak kalah hebohnya….hehehe . Ini hanya sebuah mimpi seorang blogger ecek-ecek yang berharap Indonesia tidak hanya ikutan-ikutan saja tetapi bisa membuat mainstream tersendiri. Setuju ? …hehehe

I LOVE INDONESIA

Maturnuwun

Contoh Harlem Shake mungkin ada yang belum tahu

contoh tari tradisional Indonesia

baca juga :

Advertisements

9 thoughts on “Demam Harlem Shake dan Cinta Indonesia

  1. bukan tidak mungkin tarian asli indonesia bisa booming di youtube mas.
    harlem sendiri mungkin cuma bisa bertahan beberapa bulan saja.
    tapi saya berharap lebih tari tradisional khas indo bisa booming juga. Jaipongan misalnya 😀

    btw, jatimotoblog bikin harlemshake juga keren tuh :mrgreen:

    Like

  2. Lucunya kemaren ada broadcast di bbm gw, yang bilang Harlem Shake itu asalnya dari tarian anti kristus,, alias tarian dajjal… ada2 orang yang apa2 dihubung2in… haha..

    Like

  3. Percuma pengguna Twitter bersatu tidak akan bisa melawan luar negeri orang mereka memakai Youtube ko buat terkenal ngapain make Twitter yang ada mesin yang buat Followed kalau Youtube mah gk ada mesin Subcridenya

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s