Kampanye : Bangku penumpang untuk ibu hamil

Waktu browsing dan searching secara tak sengaja mata ane tertuju pada salah satu berita di republika.co. id (26/12)  yang memberitakan adanya kampanye atau gerakan bangku penumpang untuk ibu hamil di Jakarta. Gerakan ini sangat positif sekali untuk memberikan prioritas ruang dan space bagi bumil yang tentu berat dan capek ketika berdiri di angkutan umum seperti kereta, busway atau bus kota.

Namun disisi lain ane prihatin juga dengan munculnya kampanye seperti ini, Mengapa ? sebegitu parahkah sikap para penumpang di Indonesia sehingga tidak bisa memberikan prioritas bagi penumpang ‘lemah’. Sudah hilangkah rasa empati, simpati, tepa selira dan tenggang rasa kepada para ibu hamil di angkutan-angkutan umum?. Miris memang tetapi saya berharap hal itu tidak mencerminkan sikap masyarakat di Indonesia secara keseluruhan.

Dahulu ada istilah ladies first, tentu hal ini mestinya juga berlaku bagi ibu hamil, ibu menyusui, orang tua renta dan anak-anak kecil. Apakah perilaku diatas sudah hilang atau tergerus sikap egois, asosial, individualis dan cuek bebek dengan keadaan sekitar? Maklum ane pribadi 2 tahun terakhir ini jarang dan hampir tidak pernah naik angkutan umum baik itu bus atau kereta api jadi ya tidak realitas dilapangan seperti apa?.

“Kok enak tenan…kan sama2 bayarnya bro?”mungkin begitu sanggahannya. Kawan, itu memang hak anda tetapi alangkah indahnya bila kita mengalah untuk memberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.  Bukan hanya sebuah kebaikan, tetapi anda telah menjadi pahlawan baik bagi diri sendiri maupun orang lain disekitarnya.

Semoga kampanye ini dibarengi dengan peningkatan fasilitas angkutan public sehingga nantinya bisa lebih responsive terhadap ibu-ibu hamil, menyusui, orang tua renta dan anak kecil yang memang membutuhkan perlakuan khusus.

Mari berikan bangku kita untuk ibu hamil dan orang yang lebih membutuhkan…..

Maturnuwun

Sumber foto : republika.co.id

baca juga :

Advertisements

2 thoughts on “Kampanye : Bangku penumpang untuk ibu hamil

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s