Petaka Sensasi nikah 4 hari ala Bupati (Garut, Jawa Barat).

sumber : detik.com

sumber : detik.com

Bagi kawan yang mengikuti perkembangan berita tentu tidak asing dengan berita yang menjadi buah bibir masyarakat saat ini.  Sebuah pernikahan (siri) singkat seorang bupati Garut yang mengaku duda bernama Aceng H.M. Fikri (40) dan Fany Octora seorang gadis belia yang belum berumur 18 tahun dimana diceraikan hanya melalui sms dengan berbagai alasan penceraian yang tidak logis. Sang gadis dituduh menderita penyakit tertentu dan yang paling menyakitkan dituduh sudah tidak perawan lagi.  Sungguh miris gadis pesantren ini dimana umur belum dewasa tetapi harus menanggung status sebagai janda.

majalah detik,3-9 des 2012

majalah detik,3-9 des 2012

Berkat sensasi nikah 4 hari ini maka bupati menjadi sorotan berbagai pihak mulai dari masyarakat Garut sendiri, Gubernur Jawa Barat, Menteri Dalam Negeri hingga Presiden langsung. Meskipun pernikahan dan perceraiannya sudah berlangsung Juli 2012 silam namun kasusnya justru menghangat saat ini. Terlepas dari intrik pemilukada Garut yang akan berlangsung tahun 2013, yang jelas pejabat ini harus bertanggungjawab terhadap perbuatan tidak patutnya.

Secara hukum, tindakan bupati menikahi anak sangatlah melanggar UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak serta perilaku dan sikapnya dalam menceraikan istri juga melanggar UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Dan selain itu secara etika dan moral juga mengalami kecacatan apalagi dilakukan seorang pejabat atau pemimpin daerah.

Sebenarnya Bupati mempunyai niatnya mulya agar tidak jatuh dari perbuatan zina ketika pisah rumah dengan istri pertamanya. Namun ternyata pernikahan siri ini justru menuai kontroversi karena sikap dan tindakan bupati sendiri. Pernyataan-pernyataan ketika menceraikan istrinya yang kasar, hanya melalui sms serta komentar-komentarnya dimedia massa menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak menghargai sosok perempuan terlebih lagi masih tergolong anak-anak.  Disinilah letak pelecehan fisik dan psikis, kekerasan dalam rumah tangga dan pendholiman yang dilakukan Bupati yang ‘bercerai’ dengan wakilnya saat itu Dicky Candra.

Majalah Detik,3-9 des 2012

Majalah Detik,3-9 des 2012

Saat ini karir politik sang bupati sedang diujung tanduk. Partai Golkar yang menaunginya mengurungkan niat untuk mencalonkan kembali dalam percaturan pemilukada 2013. Gelombang demonstrasi dari masyarakat Garut menuntut sang bupati mengundurkan diri. Gubernur Jawa Barat dan Menteri Dalam Negeri pun turun tangan untuk memberikan teguran keras terhadap Bupati yang telah cacat moral ini. selain itu pihak Fany juga telah melaporkan kasus ini kepada  Mabes Polri denga delik aduan penyekapan selama 4 hari. Entahlah akan berakhir seperti apa nasib bupati yang katanya angkuh dan sombong ini meskipun sang janda hanya meminta permohonan maaf saja dari mulut sang bupati kepada dirinya, keluarga dan masyarakat luas.

Semoga ini menjadi pelajaran bagi siapapun terutama pejabat publik untuk selalu menjada adab dan sikap. Saat ini orientasi pemimpin yang harus dilayani telah bergeser menjadi untuk melayani.  Ingat zaman sok-sok an (berkuasa dan berwenang berbuat sewenang-wenang) telah berlalu…

Maturnuwun

*dirangkum dari berbagai sumber

 

Advertisements

11 thoughts on “Petaka Sensasi nikah 4 hari ala Bupati (Garut, Jawa Barat).

  1. bagus, ngasih contoh “baek” ke rakyatnya, bagus, jadi rumah tangganya itu lebih ribet ketimbang daerah pimpinanya yang masih ada yg tertinggal, bagus, karena sudah kasih contoh agama yg “benar”, bagus……….

    kasihan warga garut, dipimpin orang yg ga becus memimpin……
    cuuiihh!!

    Like

  2. “Semoga ini menjadi pelajaran bagi siapapun terutama pejabat publik untuk selalu menjada adab dan sikap.” Betulll setuju….

    semoga tidak ada lagi pejabat yang seperti ini …
    ternyata tidak hanya dalam negri berita ini tetapi ramai diperbincangkan di negara-negara lainya …. HEbat pa’aceng ini yaa… hahahahahaha 🙂

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s