Cara Jitu memilih Hewan Qurban bermutu

IsyaAllah hari raya Iedul qurban sebentar lagi akan menghampiri. Sebuah Raya kedua  bagi umat muslim setelah hari Raya Iedul Fitri yakni Iedul Adha atau Hari Raya Qurban.  Hari raya ‘persembahan’  yang terinspirasi dari kisah pengorbanan Nabi Ismail AS oleh Nabi Ibrahim AS atas perintah dari Tuhan. Dan kisah epic inilah yang menjadi bukti cinta seorang hamba terhadap Rabb-nya…cmiiw.

Baik kawan, biasanya hewan yang bisa dijadikan kurban yakni Sapi, Unta, Domba dan Kambing. Mengapa gak ada yang qurban ayam atau bebek gitu bro ? kalau itu kayaknya buat kurban pribadi alias dimakan untuk sendiri soalnya kalau entar dibagikan kasihan tetangga yang gak kebagian…xixixi :mrgreen: .  Hewan diatas yang boleh atau layak dijadikan kurban harus memenuhi usia yakni Sapi minimal telah berumur 2 tahun, Unta umur 5 tahun, Domba setengah tahun, dan Kambing telah berumur 1 tahun.

Sedangkan hewan yang TIDAK BOLEH  dikorbankan yakni hewan yang matanya picak jelas, penyakitnya jelas, pincang, sakit, kurus sekali (sumsung tulang tidak kelihatan) dan terdapat cacat (telinga atau atau tanduknya sebagian hilang). Oleh karena itu kawan agar hewan qurban yang kita beli SEMPURNA dan memenuhi kriteria diatas  maka tidak ada salahnya kita mencoba tips jitu berikut ini :

  1. Pastikan UMUR hewan kurban  (jangan terlalu muda atau terlalu tua). Caranya cukup mudah lihat saja GIGInya kambing atau Sapi sudah tanggal atau puwel  (Jawa ) belum.  Biasanya ada istilah puwel  2 yakni  yang berarti giginya sudah tanggal 2 atau muncul 2 gigi baru yang lebih besar  ini berarti sudah layak untuk Kambing atau Sapi.
  2. Pastikan KESEHATAN hewan kurban.  Secara sederhana cirri-ciri hewan sehat, “Ciri-ciri hewan qurban yang sehat adalah badan tegap, mata bersinar tanpa kotoran mata (belekan), hidung basah (bukan ingus pilek), bulu bersih mengkilap, tidak kotor atau gimbal, tidak ada cacat pada telinga, kaki, dan mata, hewan aktif bergerak tidak loyo “ (Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB), Srihadi Agungpriyono).  Kalau mau agak ribet kita bisa melihat HEWAN yang SEHAT dari  beberapa bagian berikut
  • MULUT :  pastikan tidak ada luka-luka atau seperti sariawan, dan bau nafasnya bau kehijauan atau rumput
  • HIDUNG : hidungnya basah yang bukan ingus
  • KAKI : berdiri tegak dan perhatikan kuku kaki-kakinya harus utuh
  • RESPON  : coba pegang kalau respon cepat berarti sehat
  • NAFSU MAKAN DAN FESES : hewan sehat tentu nafsu makan besar  dan  fesesnya normal (tidak diare atau mencret)
  1. Belilah hewan kurban pada SIANG hari agar kita bisa leluasa melihat kondisi-kondisi diatas
  2. JANGAN TERPUKAU pada harga murah kalau ternyata jauh dari syarat-syarat diatas.
  3. Belilah hewan kurban yang sudah ada sertifikat dari dokter hewan meskipun begitu tetap harus WASPADA karena takutnya itu hanya formalitas belaka tanpa benar-benar ada pemeriksaan dari dokter hewan.
  4. Belilah hewan kurban yang ada di TEMPAT LAYAK maksudnya ada terop atau tendanya, bersih dan asupan makan hewan terjaga.  Bahkan di  beberapa tempat sudah ada ‘mall’ hewan qurban. Tentu ini semua bagian dari rasa perikehewanan..

Demikian kawan cara jitu memilih hewan bermutu yang ane rangkum dari berbagai sumber. Semoga bisa membantu kawan-kawan yang sedang berburu hewan kurban. Pastikan kita berkurban yang TERBAIK untuk Nya dan amalan Kurban kita diterima disisi-Nya. Amin.

Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berqurban. (HR. Tirmidzi)

*diolah dari berbagai sumber

baca juga :

Advertisements

8 thoughts on “Cara Jitu memilih Hewan Qurban bermutu

  1. Pingback: Cerita seorang penjual Hewan Qurban « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s