Perpanjangan STNK, Pajak Tahunan tanpa BPKB (?)

Sekedar mengingatkan kalau kawan-kawan  mungkin ada yang belum tahu.  Kalau tidak salah sudah ada blogger yang membahas tentang hal ini yakni memperpanjang STNK, Pajak tahunan tanpa harus menggunakan BPKB.   Sebagaimana diketahui  kalau keberadaan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) selama ini cukup ribet dan menjadi momok ketika perpanjangan STNK atau bayar pajak tahunan.

Peraturan baru ini ternyata mengacu pada Peraturan KAPOLRI No 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Ketika ane mencoba menelusuri peraturan kapolri diatas ane tertuju pada pasal 83 tentang Pengesahan dan atau Perpanjangan STNK kok masih tersebut adanya BPKB atau fotocopy BPKB. Ane tidak tahu apakah kebijakan ini mengambil dasar dari mana atau mungkin kebijakan lokal terkait otonomi daerah ?, Dan ini juga mulai berlaku kapan yang jelas ketika istri membayar pajak tahunan bulan September kemarin di Samsat Gresik masih membawa BPKB.

Kebijakan perpanjangan STNK tanpa BPKB ini tentu sangat menguntungkan bagi kita pemilik kendaraan yang secara kredit. Jadi tidak perlu repot-repot ke leasing atau debitur. Tetapi disisi lain bisa saja disalahgunakan misal ada maling yang punya STNK (biasanya ada yang suka naruh STNK dibawah jok motor) jadi dia tetap bisa memperpanjang STNK tanpa harus punya BPKB…cmiiw. Mungkin ada kawan yang sudah punya pengalaman bayar pajak tahunan, perpanjangan STNK ini TANPA BPKB bisa dishare dimari.

Maturnuwun

gambar : fb kawan

 

link terkait :

Advertisements

30 thoughts on “Perpanjangan STNK, Pajak Tahunan tanpa BPKB (?)

  1. Pingback: Pajak kendaraan Bermotor naik lho rek (Jatim). « www.setia1heri.wordpress.com

  2. kemarin aku ngurus perpanjangan pajak stnk tik perlu pakai bpkb tapi harus bawa ktp asli sebagai pemiliknya harus juga yang ngurus gimana sp motor hasil maling bisa memperpanjang kalo ktpnya tak sesuai engan yang ngurus

    Like

    • Dalam Bab VI Tata Cara Pembayaran dan Penundaan Pembayaran, pasal 22 ayat 4 disebutkan Apabila pembayaran pajak dilakukan setelah tanggal jatuh tempo pembayaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dikenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2 persen sebulan, untuk jangka waktu paling lama 15 bulan sejak diterbitkannya Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran.

      Like

  3. ikutan share aja…..
    klo di bandung dah lama (beberapa tahun lalu) juga ga perlu BPKB, cukup STNK dan KTP asli pemilik. baik yg bayar di samsat atau di samsat outlet (BTM Cicadas & BTC Pasteur).
    Harus pakai BPKB kalo bayarnya di drive thru Jl. Sukarno Hatta (Samsat BDG Timur).
    Klo motornya yg hilang dgn STNK tetep ga bisa diperpanjang karena tidak ada KTP pemilik.
    utk yg pajaknya telat beberapa tahun bayar pajaknya beberapa kali dipanggil, jadi ga sekaligus dipanggil (klo telatnya 1 tahun maka bayarnya 2 kali, yg tahun lalu dan tahun berjalan).

    Like

  4. benar sekali infonya.
    Kebetulan tadi pagi saya baru saja perpanjang pajak motor tahunan (Motor kredit) :malu
    Pas ambil formulir, bilang sama yg jaga aja..ga ada bpkb krn msh di leasing, nah nanti dikenain admin aja kok trus dikasih form yg udh disesuaikan deh..lalu langsung isi deh form seperti biasa lanjut prosedur sampai selesai. 🙂

    Like

  5. Wah saya sudah 2 x pajak RR saya gak pernah pake FK BPKB bos …cuma ktp aja itupun nembak karna bukan atas nama saya sndiri

    Like

  6. permisi mw numpang nax, kalo tanpa ktp asli bs perpanjang g? sdngkn itu ats nm bpk. . . krn bgni critax, ortu gie ad d luar kota yg berjarak 8 jam prjlnn nha kbtulan saya pux fotokopi ktpx bpk sya yg msh blm kadaluarsa . . .
    mhon pnjlsanx 🙂

    Like

  7. bingung aja… masih ada aja yang nanya syaratnya apa aja…
    males baca memang budaya orang kita ya… padahal sudah jelas disebutkan diatas

    Like

  8. Pingback: Sekedar menegaskan, bayar pajak tahunan tidak perlu BPKB | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s