Sarasehan humas pemkot Surabaya

Hari selasa (9/10) pagi mendadak ada disposisi dari pimpinan untuk mengikuti sarasehan humas. Acara ini diselenggarakan oleh Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya di Panti Ketrampilan PKK Kota Surabaya.  Berhubung acara dimulai jam 08 pagi maka tidak lama setelah menerima disposisi langsung meluncur ke lokasi di sekitaran Stadion Tambaksari ini.

Sarasehan ini mengambil tema Mengembangkan masyarakat yang harmonis melalui penyediaan informasi publik.  Ada dua pembicara yang menggawangi acara dari pagi hingga siang ini yakni Darmantoko dan Suko Widodo. Darmantoko merupakan wartawan senior  yang pernah berkiprah di Surabaya Post dan Suko Widodo yang Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Airlangga.

Dalam paparannya Darmantoko menjelaskan historis humas pemkot Surabaya dan juga  dasar hukum berdirinya humas. “ Keberadaan humas berperan penting dalam mengkomunikasikan disparitas desa kota ketika Surabaya (dahulu) mengalami perluasan “ tutur pria baya ini.  Peran humas juga dapat dilihat dalam kemunculan majalah bulanan GAPURA dan yang terbaru kemunculan LIPS (Lembaga Informasi Pemerintah Kota Surabaya). Selanjutnya Suko-Wi menekankan pentingnya pelayanan public. “ Pelayanan public yang baik harus mengacu pada indicator yakni Tangibles, Realibilty, Responsiveness, Assurance dan Emphaty “ tutur pria berkumis ini. Beliau juga menambahkan pelayanan public harus dimbangi dengan adanya informasi public yang dapat diakses masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab terdapat sharing dan pertanyaan yang sangat menegaskan perlunya masing-masing SKPD atau kecamatan memiliki SDM yang paham fungsi kehumasan. Bahkan ada terobosan menarik dari salah satu kecamatan untuk memberikan pelayanan public yang baik yakni memutar musik dangdut. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa enjoy ketika melakukan pelayanan dikantor kecamatan. Sedangkan dari SKPD lain ada yang sharing terkait perlunya permen di tempat kerja yang berhubungan dengan orang-orang penting terutama turis internasional. Sebenarnya gagasan permen ini tidaklah baru ditempat-tempat seperti bank atau lembaga bisnis yang lain tetapi mungkin masih merupakan hal perlu dicoba dilingkungan birokrasi.

Demikian kawan sekilas yang ane tangkap dari sarasehan humas kemarin. Yang jelas dari semua SKPD yang hadir mempunyai semangat bersama untuk memberikan pelanan prima bagi masyarakat dan informasi public yang dapat diakses.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s