Mobil Edukasi Injeksi

Meskipun isu system injeksi di motor sudah berlangsung beberapa tahun silam tetapi ternyata tidak semua masyarakat paham dan jelas akan  system yang ramah lingkungan ini juga termasuk ane sendiri :mrgreen: . Pemerintah telah menargetkan bahwa tahun 2013 semua produksi motor sudah harus memakai system injeksi sehingga semua pabrikan hampir berlomba-loma mensosialisasi produk injeksi mereka ke masyarakat. Seperti Honda dengan PGM-FI dan Yamaha dengan YMJET-FI.

Pada waktu Hari Habitat Sedunia di Balai Kota Surabaya ane sempat melihat Mobil Edukasi Injeksi yang dipajang didepan tenda Honda. Ane pun penasaran untuk mendekat dan sedikit-sedikit bertanya tentang apa itu Sistem Injeksi.  Dan sang marketing pun cas-cis-cus menjelaskan apa itu injeksi, kelebihannya, performa dan lain-lain meskipun ane tidak paham semua bahasa tersebut. Sekali lagi mohon maaf nubi gak paham istilah-istilah part motor…hehehe.

Sekilas aja apa itu system injeksi. System injeksi merupakan system baru pengganti karburator yang dinilai lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Untuk teknisnya seperti apa silahkan cari referensi sendiri yah karena takut salah menjelaskan.  Kalau karbu ada CDI tetapi kalau injeksi diganti dengan ECU (elektornik Control Unit)…begitu aja. Dan kekurangannya kalau rewel harus dibawa ke bengkel resmi karena bengkel dekat rumah tentu gak ada alatnya…hehehe…cmiiw. 😀

Keberadaan mobil ini tentu perlu mendapatkan apresiasi karena langsung bisa diakses oleh masyarakat. Mobil ini dapat dijadikan ujung tombak untuk menggerus dan menghapus keraguan masyarakat meskipun saat ini hampir sebagian besar motor sudah memakai injeksi terutama produk Honda dan Yamaha. Ke depan system injeksi tentu tak dapat dihindari karena memang sudah menjadi tuntutan bersama tinggal bagaimana mindset masyarakat menerima itu semua.

Semoga keberadaan mobil-mobil edukasi injeksi ini tidak hanya dikota-kota besar namun bisa menjangkau pelosok-pelosok hingga daerah terpencil sekalipun. Meskipun masyarakat bisa jadi apatis namun lambat-laun tentu mereka harus bisa menyesuaikan tuntutan zaman. Soalnya katanya sekali lagi katanya karbu masih menggoda….xixixixi :glodag:

Maturnuwun

NB : Sampe sekarang ane juga masih belum paham apa itu injeksi 😀

baca juga :

Advertisements

6 thoughts on “Mobil Edukasi Injeksi

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s