Jangan lupa, hari ini pakai batik [02 oktober]


Sejak tanggal 02 Oktober 2009 batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) milik Indonesia. Sebagai anak bangsa tentu kita harus bangga dengan kerajinan yang diakui dunia internasional meskipun mungkin sempat mau diakui milik tetangga sebelah atau juga banyaknya serbuan batik-batik impor dari luar negeri. 😀 . we love batik

Merujuk wikipedia.org, Batik berasal dari basa Jawa yakni “amba” berarti menulis dan “titi” yang berarti titik. Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.
Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.  Menurut tekniknya batik terdapat 3 macam yakni batik tulis, batik cap dan batik lukis.  Sedangkan berdasarkan coraknya batik terdapat beberapa jenis yakni Batik Kraton, Batik Sudagaran, Batik Cuwiri, Batik Petani, Batik Tambal, Batik Sida Mukti, Batik Sekar Jagad, Batik Pringgondani, Batik Kawung, Batik Sida Luhur, Batik Sida Asih dan Batik Semen Rama. Kalau berbicara asal batik hampir setiap daerah atau kabupaten/kota mempunyai kerajinan batik dengan corak khasnya meskipun mungkin yang terkenal adalah batik pekalongan dan batik solo…cmiiw.
Batik dulu ibarat busana untuk orang tua saja namun sekarang dengan perkembangan zaman batik juga modis untuk anak-anak muda. Kalau dulu corak batik hanya terbatas pada pakaian maka sekarang medianya sudah bertambah seperti tas, koper bahkan casing hp. Batik sekarang beberapa motifnya juga sudah keluar dari pakem seperti ditambahi identitas klub/organisasi. Sebagai bentuk penghormatan sekaligus kebanggaan terhadap warisan nenek moyang kita maka tidak ada salahnya setiap tanggal 02 Oktober kita wajib memakai batik. Kita lestarikan kerajinan antic ini meskipun bisa jadi batik yang kita pakai gak original buatan dalam negeri..hehehe :mrgreen:

Mari bangga dan cinta budaya bangsa 😀
We Love Batik

baca juga :

Advertisements

7 thoughts on “Jangan lupa, hari ini pakai batik [02 oktober]

  1. Pingback: Ternyata PNS itu ada yang bule ya? :-D | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s