Sakti Sukses disapih…

Sudah seminggu ini (pertengahan September) anak ane Sakti sudah berhenti total menyusu pada bundanya.  Sebuah kebanggaan tersendiri karena memang 3 bulan terakhir ini kami sebagai orang tua selalu mentritmen untuk menyapihnya. Menyapih anak itu  memang sebuah seni tersendiri dimana karakteristik semua anak tidak bisa disamakan..hehehe (seni menyapih anak, postingan disini).

Hari-hari pertama mencoba menyapih diawali dengan tekad yang kuat dan harus ‘tega’. Trik dengan cara mengolesi minyak telon pada nenen bunda nya pada kali ini ternyata berhasil untuk membuat kecut nyali Sakti. Berkali-kali bilang, “ kok pahit ya ?” namun bundanya tidak kalah ngelesnya, “ bunda lagi gak enak badan nak..hehee”.  Karena setiap kali meminta nenen selalu disodori rasa pahit maka sakti menyerah dan selain itu dibesarkan hatinya, “masak sudah besar kok masih nenen” tutur kami berdua.  Malam pertama percobaan menyapih itu sebentar-sebentar sakti selalu bangun alias terjaga. Dan kami langsung menawarkan, “mau air putih atau teh nak ?”…hehehe.

Sukses menyapih Sakti ini tentu dia minta ‘kompensasi’. Kalau dahulu sebelum tidur aktivitas nenen sebagai pengantar tidur maka saat ini pengantar tidurnya berganti dengan nonton video anak-anak.  Hampir seminggu ini Sakti setiap malam selalu minta diputarkan video anak dan kalau tidak dituruti akan menangis. Kalau laptop sedang dipakai maka akan kami putarkan hape kami. Yah sebuah ‘cara’ untuk mengalihkan perhatian dari keinginan nenen.

Sebagai sebuah apresiasi atas keberhasilan Sakti disapih maka sebagai Ayah yang baik ane berencana  membelikan sebuah hadiah.  Sebuah pertanda bahwa menginjak umur  2, 5 tahun atau 31 bulan  Sakti telah mandiri!. Oia kawan keberhasilan menyapih ini juga tidak terlepas dari dukungan kakek dan nenek Sakti sendiri.

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

4 thoughts on “Sakti Sukses disapih…

  1. Dulu anak saya menyerahnya ketika disapih pake air garam. Tidak semua anak punya cara yang sama untuk menyapihnya. Anak saya malah gak mempan kalau dikasih pahit, sebab jamu pahit dia doyan bahkan obat yang bagi kita pahit pun dikunyahnya.

    Like

  2. luar biasa.. anak aye umur 4,5 bulan udah gak mau nenen lagi 😦 padahal belom pernah dikasi susu formula..
    btw lahir bulan apa? kok gak jauh beda umurnya? anak aye sekarang umurnya 2 tahun 7 bulan, kang..

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s