Sosialisasi Perda anak di tingkat kecamatan

Seperti yang ane posting terdahului (postingan disini) mengenai sosialisasi peraturan daerah kota Surabaya no 6 tahun 2011 tentang penyelenggaraan perlindungan anak dengan peserta para guru dan kepala sekolah. Maka pada kali ini beberapa kecamatan mengadakan inisiatif untuk sosialisasi ditingkat kecamatan dengan peserta kader dan masyarakat tingkat kecamatan. Ane sendiri sempat mendapatkan mandate untuk menyampaikan sosialisasi di kecamatan Tegalsari.

Bersama dengan kawan dikantor ane mengisi acara sosialisasi ini. Sosialisasi dilaksanakan pada hari selasa, 12 Juni 2012 di aula kecamatan setempat. Peserta yang hadir berasal dari kader-kader dan kasie kesra dari 5 kelurahan yakni Kelurahan Kedungdoro, Keputran, Tegalsari, Dr. Soetomo dan Wonorejo.  Berhubung tidak banyak peserta maka sambil menunggu peserta lain datang acara tetap dimulai setelah dibuka oleh kasie kesra kecamatan.

Ada dua materi yang kami sampaikan yakni menggaungkan isu isu Menuju Surabaya Kota Layak Anak dan esensi dari perda no 6 tahun 2011 ini.  Ane sendiri kebagian menyampaikan materi menuju Surabaya kota layak anak. Dimana ane mengawali terlebih dahulu dengan definisi anak, hak-hak anak dan lokus yang menjadi isu kota layak anak.  Inti dari kota layak anak adalah adanya jaminan mengenai pemenuhan hak-hak anak yang terdiri dari 5 kluster (konvensi hak anak) yakni (1).Hak sipil dan kebebasan, (2).Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, (3.)Kesehatan dasar dan kesejahteraan, (4.)Pendidikan,pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya dan (5.) Perlindungan khusus.

Materi selanjutnya merupakan esensi perda perlindungan anak dimana didalamnya terkait sekali dengan isu Menuju Surabaya Kota Layak Anak. Kalau terkait isinya bisa dilihat dipostingan sebelumnya kemarin (postingan sama dengan di atas) sedangkan yang ane bahas disini adanya pasal terkait Gugus Tugas Kota Layak Anak. GT KLA inilah yang akan mengomandoi berjalannya Surabaya Kota Layak Anak sekaligus sebagai sarana komunikasi pengembangan Surabaya kota layak anak.

Tidak terasa hampir 3 jam kita memberikan sosialisasi yang lumayan mendapatkan respon dari peserta. Tidak sedikit yang memberikan umpan balik dan pertanyaan cerdas terkait mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak hingga tingkat Kecamatan dan Kelurahan bahkan tingkat RT atau RW. Semua yang hadir mempunyai komitmen untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak dalam rangka mewujudkan Surabaya kota layak anak di berbagai tingkatan.

Mari mewujudkan Surabaya kota layak anak…

baca juga :

Advertisements

2 thoughts on “Sosialisasi Perda anak di tingkat kecamatan

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s