Horee…bus Khusus Perempuan ada di Surabaya

Sejak senin (2/7) di Kota Surabaya sudah dijalankan bus (kota) khusus perempuan. Peluncuran bus perempuan ini dilepas langsung oleh walikota Surabaya yang kebetulan juga perempuan. Bus kota khusus perempuan ini tentu sedikit banyak menjawab dan mengantisipasi beberapa perlakuan tidak senonoh yang kerap terjadi di angkutan umum. Selain itu peluncuran bus ini sepertinya bagian dari usaha mewujudkan Surabaya Kota Peduli Perempuan (launching nya postingan disini).

Rute yang dilewati bus perempuan ini dari Purabaya-Jl A Yani-Jl Raya Darmo-Tanjung Perak dan sebaliknya. Sedangkan Jadwal keberangkatan bus perempuan ini dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama dimulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB, dan yang kedua mulai 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.  Frekuensi keberangkatan jangka waktunya tiap 30 menit. Tarif 4000 sekali naik.

Terdapat 4 bus kota yang disediakan untuk bus perempuan ini. Namun bila melihat antusiasme penumpang maka tidak menutup kemungkinan akan ditambah armada lagi.  Begitu disampaikan Kepala Dishub Surabaya, Eddi. Berhubung tidak ada woro-woro maka pada saat peluncuran hanya beberapa perempuan saja yang menaiki bus ini.

Secara fisik tidak jauh berbeda dengan bus kota yang lain namun yang membedakan adalah bus ini khusus penumpang perempuan saja bahkan kondekturnya juga perempuan.  Namun disamping disekitaran bus diberi spanduk “BUS KHUSUS WANITA”. Tidak sedikit penumpang yang kecele karena dikira seperti  bus kota pada umumnya. Bahkan mereka yang suami istri pun dilarang menumpang kecuali istrinya saja…hehehe. Menurut Kepala Dishub Surabay bahwa kedepan apabila animo masyarakat bertambah  besar maka akan ‘dipercantik’ tampilan bus perempuan ini tentu dengan warna dan corak khas perempuan.

Terobosan pemerintah Kota Surabaya ini tentu perlu mendapatkan apresiasi bukan karena walikota kebetulan perempuan tetapi bagaimana memberikan rasa aman bagi perempuan Surabaya di jalanan . Kita berharap semoga pengoperasian jalur bus khusus perempuan ini bisa diberbagai jalur di Kota Surabaya. Mungkin nantinya juga bisa ke angkutan umum seperti lyn dan angkutan lain.  Selain itu mungkin pengoperasian tidak terbatas pada pagi dan sore hari saja namun bisa sampai malam hari. Tertarik mencoba sis ?

Mari wujudkan Surabaya Kota Peduli Perempuan

Maturnuwun

gambar : surya.co.id

baca juga :

Advertisements

13 thoughts on “Horee…bus Khusus Perempuan ada di Surabaya

  1. setia1heri :
    setahu ane belum untuk sopirnya tetapi ke depan seperti itu..
    untuk anak boleh yang umurnya dibawah 12 tahun cmiw

    masalahnya anak sekarang walo masih di bawah 12 tahun udah ngerti lawan jenisnya kang :mrgreen:

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s