Mencoba smart grip atau throttle…

 

Awalnya ane tidak begitu ngeh bin mudeng dengan aksesoris ini. Sebuah benda aneh yang menempel di grip stang sebelah kanan. Warnanya pun kadang ada hitam, putih, merah, biru dan berwarna-warni tergantung buatan pabrik. Aksesoris ini sepertinya rekomended bagi yang suka tarik gazz jarak jauh, blakrakaan, turing atau ngukuri dalan..hehehe. Aksesoris ini biasanya disebut Throttle/ smart grip

Mulanya ane tidak peduli dan ambil pusing terkait benda mungil ini toh tangan masih kuat megang grip..hehehe. Tetapi ane mulai berpikir ulang ketika perjalanan blakrakan Gresik-Lombok kemarin (postingan disini), ane membayangkan bagaimana pegalnya tangan kanan ini kalau terus-terusan memegangi grip gas. Bermula dari situ ane memutuskan membungkus sekalian aksesoris ini ketika beli jas hujan di Jakarta via onlen. Tujuannya sangat jelas sebagaimana tulisan diatas.

Ketika mau memasangpun bingung…hehehe, untung kawan-kawan PRIDES Chapter Surabaya (PCS) dan Gresik Pulsar Community (GPC) sebagian ada yang menggunakan aksesoris ini sehingga bisa melihat dan bertanya.  Cara masangnya sebenarnya sih simple dan mudah yakni tarik lingkarannya terus masukkan ke hand grip dengan segera. Untuk mendapatkan posisi yang pas dengan telapak tangan, maka putarlah smart grip berlawan arah dengan jarum jam agar lebih mudah.

Meskipun mungil namun cukup membantu kala perjalanan jauh. Tangan tidak perlu terus menerus memegang grip gas tinggal mendorong smart grip dengan mengeluarkan tenaga yang lebih rendah. Namun begitu jangan sampai tidak sadar ketika menekan takutnya sang motor nyelonong hingga kehilangan kendali. Resiko ilang smart grip ini sangat mungkin, beberapa kawan bahkan ada yang menambahi lem sehingga sangat sulit untuk mencabutnya. Meskipun harganya tidaklah mahal namun aksesoris ini cukup berguna bagi siapa saja.

Tertarik mentjoba? …hehehe

Matoernoewoen

Advertisements

13 thoughts on “Mencoba smart grip atau throttle…

  1. Rodo bahaya pakde, pada posisi tangan relax, posisi throttle cenderung masih kebuka, jd waktu ngerem mesin masih ngeluarin tenaga… perlu latihan dan disiplin agar koordinasi rem dan gas bisa rapi

    Like

    • benar sangat!
      Ane juga pernah nyoba,
      enak pas udah jauhnya aja .
      Kalo pas start, tangan nekuk kedepan kalo pake gas kecil (mirip gas spontan). Hehe.

      Bukan cuma itu, pas ngerem gas masih kepelintir . Ini yang bahaya .

      Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s