Kartini Muda Surabaya (bagian 2)

Kelanjutan hari pertama terkait peringatan hari kartini (postingan disini) maka pada hari kedua (21/4) diselenggarakan Talkshow dengan tema ,”JADI WANITA WIRAUSAHA MUDA?, SEMUA BISA!”. Pembicara pada sesi ini terdapat 3 narasumber yakni Ronny H. Mustamu (Dosen manajemen bisnis UK Petra dan direktur Quadrant Consulting) dan 2 testimoni dari pengusaha wanita yang telah berhasil yakni Rakhma Sinseria (Vice Director PT Coffee Toffee Indonesia) dan Laila Asri (Chief Executive Officer POURVOUS Natural Body Care).

Hadir dalam sesi kedua ini sekitar 200 peserta yang terdiri dari 50 kartini muda Surabaya dan 150 UKM wanita di Kota Surabaya.  Bisa dipastikan sebagian besar peserta memakai kebaya dan sanggul  dengan dandanan yang khas ‘orang jawa’ hehehehe. Mengawali acara talkshow dilakukan pemilihan lomba busana kebaya modifikasi terbaik yang akan dipilih 10 anak. Dan hasilnya terjaringlah sepuluh anak kartini muda Surabaya yang menginjak remaja ini.

Talkshow ini diawali dengan pemaparan dari Ronny Mustamu terkait  motivasi untuk berwirausaha terutama bagi pelajar yang hadir.  Dosen muda ini menekankan pentingnya berwirausaha apalagi ditengah terbatasnya lapangan kerja.  Sedangkan bagi UKM yang hadir, dosen UK Petra ini menekankan perlunya package dan pemasaran yang jitu agar produk bisa diterima oleh masyarakat luas. “ kemasan itu paling utama sebelum isi “ ujar pria berkacamata ini.

Acara dilanjutkan dengan paparan atau testimony dari para pengusaha wanita. Sesi pertama oleh Rakhma Sinseria (pemilik PT Coffee Toffee Indonesia) yang merupakan Pemenang 1 Wirausaha Wanita Tahun 2010. Wanita lulusan Unibraw ini mengawali bisnis kopinya pada tahun 2006 dengan hanya bermodalkan 2 karyawan saja. Dan Coffee Toffee pada waktu itu masuk berbentuk gerobak dan atau rombong yang berevolusi hingga menjadi café / gerai seperti ini. Di Surabaya salah satunya ada di Gedung Jatim Expo yang cukup ramai pengunjungnya.

Konsep bisnisnya tentang kopi berawal dari  sebuah ide nasionalisme bahwa kopi Indonesia harus menjadi raja di negaranya sendiri. Oleh Karena itu slogan yang selalu di usung adalah YES, I DRINK INDONESIAN COFFEE. Hingga saat ini telah ada lebih dari 100 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dimana dipasarkan dengan harga yang kompetitif dan terjangkau dengan gerai kopi yang ada.

“Bisnis bagi kami, bukanlah semata – mata mengenai uang dan keuntungan. Tetapi kami lebih melihat sebagai salah satu cara agar kami dapat mengekpresikan diri, mengejar potensi kami ke titik maksimal dan menjadi lebih   bermanfaat bagi sesame “ tutur pemilik Coffe Tofee ini yang pernah ‘jatuh’ usahanya namun mampu bangkit kembali

Pembicara selanjutnya adalah Laila Asri (pemilik PORVOUS). PORVOUS merupakan produk kecantikan yang berasal dari alam yang bebas dari zat kimiawi.  Produknya telah menyebar ke seluruh Indonesia dengan  bebas ongkir ketika pemesanan.  Laila Asri juga mengawali produknya dari UKM dan sekarang sudah semakin berkembang ke mancanegara.

Dalam kesempatan ini ibu tiga anak berbagi tips bisnis bagi seluruh UKM yang hadir pada waktu itu yakni

  1. Jalin Silaturahmi (Networking)
  2. Terus Berinovasi & Kreatif
  3. Seimbang antara keluarga & bisnis
  4. Pintar mengambil resiko
  5. Konsisten & Pantang Menyerah
  6. Selalu mau belajar
  7. Berdoa

“ Believe in Yours Dreams, Man Jadda Wa jadda “ tutur  Wanita Wirausaha Femina 2008 dan Penerima Beasiswa Thunderbird University dalam program  10,000 Women Entrepreneur Program by US Department of States & Goldman Sachs (2012).

Demikian kawan peringatan hari kartini yang mengambil tema tentang wanita wirausaha. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi siapapun untuk menjadi wirausaha terutama bagi anak muda.

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

One thought on “Kartini Muda Surabaya (bagian 2)

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s