Kartini Muda Surabaya (1)

Banyak cara memperingati Hari Kartini beberapa waktu lalu yang jatuh pada tanggal 21 April. Dan hampir banyak orang mengidentikkan Hari Kartini dengan Kebaya dan Sanggul padahal itu kan jadul….wkwkwkkw (its joke).  Peringatan Hari kartini merupakan salah satu media untuk mengenang spirit dan tekad Kartini dalam mengentaskan perempuan dari belenggu kebodohan dan keterbelakangan.

Bersamaan dengan pameran kerajinan oleh Dekranasda Kota Surabaya SUPERMAL SUPERCRAFT SHOW 2012 di Supermal Pakuwon Indah Surabaya diselenggarakan Peringatan Hari Kartini yang melibatkan Kartini Muda Surabaya.  Kegiatan Kartini Muda Surabaya ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 20 dan 21 April 2012. Kartini Muda Surabaya merupakan kegiatan mempertemukan kartini-kartini masa kini yang merupakan perwakilan dari pelajar SMP dan SMA di Kota Surabaya

Hari pertama (20/4) diselenggarakan talkshow dengan tema,” SAY NO TO TRAFIKING” yang diikuti kurang lebih 250 Kartini Muda Surabaya.  Acara diawali dengan pemaparan terkait trafiking oleh Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya, Ir. Antiek Sugiharti, M.Si. “ Kunci dari trafiking itu adalah adanya eksploitasi ” tutur perempuan berjilbab ini ketika menjelaskan.  Selain itu juga ada narasumber lain yakni Maria Farida K, S.Psi (Konsultan Rubrik Anak Jawa Pos dan Ketua Yayasan Baby Smile School). Maria lebih banyak berbicara tentang kekerasan masa pacaran dan pembentukan pribadi muda berkarakter. Pembicara selanjutnya adalah Dr. Susanto Suryaatmadja. MS.Sp.And (Ahli kemandulan dan seksual, pengasuh acara sexology SBO TV). Dokter Susanto lebih banyak berbicara tentang mengenal dan merawat organ reproduksi.

Dalam talkshow hari pertama ini sungguh meriah dan banyak atensi dari peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya jawab tentang segala hal yang berkaitan dengan masalah remaja.  Selain itu peserta juga dipahamkan terkait dengan bahaya trafiking, perilaku seks bebas dan kesehatan reproduksi. Menariknya dalam acara ini terdapat salam Genre yakni Salam Zero Narkoba, Zero Free Sex dan Zero Trafiking.

Dalam talkshow ini pula dilangsungkan lomba Pemilihan Dress Code Busana Kebaya Modifikasi yang dipilih 10 busana terbaik oleh panitia. Selain itu juga dilaksanakan lomba Mengarang Spontanitas, “ Jika Aku menjadi Kartini Masa Kini” dimana dipilih 9 penulis terbaik.  Ketika pemilihan kebaya modifikasi maka semua peserta harus bergaya seperti model diatas catwalk didepan juri sedangkan dalam lomba menulis peserta harus mampu menuangkan idenya dalam waktu 30 menit.

Dan akhirnya terpilih sudah Kartini Muda Surabaya dengan 10 busana kebaya terbaik dan 9 penulis terbaik…hehehe.  Hadiah dan penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya.

Hari kedua (21/4) tema talkshow nya ,”JADI WANITA WIRAUSAHA, SEMUA BISA!”….next posting :mrgree:

baca juga :

Advertisements

One thought on “Kartini Muda Surabaya (1)

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s