Pelatihan ketrampilan untuk perempuan korban kekerasan

Bertempat di lantai 2 Aula Bapemas dan KB Kota Surabaya pada hari Selasa-Rabu , 20 – 21 Maret 2012 dilaksanakan pelatihan ketrampilan bagi korban kekerasan. Peserta pelatihan ini adalah perempuan korban trafiking, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan ESA (Eskploitasi Seksual Anak).  Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal ketrampilan bagi korban agar dapat berdaya dalam hal kebutuhan ekonomi.  Hal ini dimaksudkan agar korban tidak mengalami ketergantungan ekonomi terhadap pelaku. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Bapemas dan KB Kota Surabaya bidang Pemberdayaan Perempuan.

Pelatihan ini diikuti oleh 42 orang yang berasal dari dampingan  Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT-P2A) Kota Surabaya, Pusat Krisis Berbasis Masyarakat (PKBM) yang ada di kecamatan-kecamatan, LSM Genta, LSM KPPD dan Hotline Surabaya.  Peserta dari beragam latar belakang dan pendidikan, serta mulai dari yang masih berusia muda hingga sudah berumur. Selama 2 hari tersebut peserta dilatih berbagai macam pembuatan kue-kue kecil yang mudah untuk dibuat dan dipraktekkan.

Bekerjasama dengan CV. Tristar Chemicals peserta dilatih untuk membuat beberapa jenis kue. Hari pertama peserta dilatih membuat kue Pepe gulung, Lumpur Vanila, Onde-Onde dan Pisang aroma coklat.  Sedangkan hari kedua peserta dilatih dengan membuat kue Bolu kukus mekar, Martabak mini, Kulit Lumpia dan Terang Bulan mini. Menariknya dalam pelatihan ini tidak hanya dalam bentuk resep materi dan tata caranya namun peserta juga diajak untuk praktek langsung.

Dipandu dengan 1 instruktur dan 2 pendamping  pelatihan ini berjalan dengan lancar. Semua peserta diajari bagaimana menyiapkan bahan-bahan kue, takaran, adonan dan juga bagaimana memasaknya. Terlihat wajah-wahah serius dan penuh konsentrasi namun juga tidak terlepas dengan canda tawa.  Secara keseluruhan pelatihan ini berjalan lancar dan semoga dapat menjadi bekal untuk peserta agar berdaya dalam hal ekonomi.

Mari wujudkan Surabaya Kota Peduli Perempuan !

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

2 thoughts on “Pelatihan ketrampilan untuk perempuan korban kekerasan

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s