Berburu lele ditambak kang Apul

Berbicara aktivitas klub, komunitas atau gerombolan motor memang tidak terlepas dari kopdar dan turing namun di Prides Chapter Surabaya (PCS) terkadang ada agenda lain seperti mancing bareng, wisata kuliner dan silaturohim sesama anggota. Setelah melalui rembug seminggu sebelumnya akhirnya dipastikan memenuhi undangan untuk ‘nguras tambak’ alias panen lele di tambak punya kang apul yang ada di sekitaran perbatasan sidoarjo dan surabaya tepatnya di jalan Gajah Putih Kampung Baru Tambak Oso Sedati Sidoarjo.

Hari minggu (11/3)  bersama dengan pakorchap mas yudyud, bro ivan, kang mujib, cong sofyan dan ane sendiri menyerbu rumah kang apul yang dekat dengan Tol Bandara Juanda ini.  Awalnya bingung mencari rumah yang di sekitarnya banyak ditumbuhi rumput ilalang ini namun ketika ada tulisan “TANDON” maka sudah dipastikan itu rumah kang apul…hehehe. Kang apul adalah salah satu member PCS yang juga sebelumnya telah gabung di POC Surabaya.

Kang apul merupakan salah seorang pengusaha dan developer yang terkait dengan ‘semen’. Maksudnya produk usahanya tidak jauh-jauh dari semen seperti tandon, gorong-gorong, bes dan yang lain. Terutama usaha tandon dan sekaligus pemasangannya telah menyebar di area Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. “ Pernah juga ada pesanan dari Jogja “ tutur pria dengan badan subur ini. Monggo kawan kalau ada kepentingan untuk pasang tandon bisa menghubungi beliau yang bersangkutan…hehehe 😀 . Harga bersaing kok….hehehehe

Kembali ke agenda nguras tambak. Setelah menunggu air kolam disedot diesel sejak jam 09.00 akhirnya sekitar jam 10.45 tambak sudah bisa ‘terjuni’. Dari beberapa member PCS yang hadir cuma kang mujib yang pede dan berani untuk menangkap ikan lele ini. Dengan bersenjatakan jaring dan kejelian mata maka lelaki asal madiun ini dengan semangat 45 memburu lele yang telah berumur 3 bulan ini. Oia kawan tambak milik kang Apul ini berupa kolam ukuran sekitar 8 x 4 meter yang didalamnya terdapat iklan nila dan lele.

Meskipun air kolam belum benar-benar habis tetapi kang mujib tetap sabar untuk menangkap ikan lele. Berhubung cukup lama gak ada hasil ada kawan yang berseloroh, “ wis dipotas ae…mengko lak metungul dewe iwak e…xixixi”. Akhirnya kesabaran dan ketabahan penunggang pulsar hitam ini membuahkan hasil dengan tangkapan pertamax. “woii….dapet lele..”kata cowok berkaca mata ini. Sayang perburuan lele tidak bisa berlangsung lama karena guyuran hujan lebat telah melibas semuanya. Praktis sekitar jam 12 perburuan dihentikan dengan hasil ikan lele sekitar 10 buah dan beberapa ikan nila. Selamat buat kang mujib atas pengorbanannya…hehehe.

Sepertinya kang apul sudah bisa menduga terkait hasil tangkapan panen lele kali ini. Tentu hasil yang didapatkan tadi tidak mencukupi untuk member – member PCS yang hadir dan menyusul. Oia member PCS yang menyusul ada om bayu juragan waterprof, pak maskot om hanx dan yang paling bontot ada bro ganes. Kang apul sudah menyiapkan rencana selanjutnya yakni ayam bakar dan ayam goreng…wah mantabz.

Setelah menunggu prosesi pemanggangan ikan lele dan ayam bakar, sekitar jam 12.30 sesi makan siang dengan menu lalapan sudah siap dihidangkan. Seperti menu lalapan dimanapun yang pasti selain nasi ada kacang panjang, mentimun, dan daun kemangi. Untuk lauknya ada ikan lele bakar dan goreng, dan juga ayam bakar dan ayam goreng. Menariknya disini ada 3 pilihan jenis sambal mulai dari tingkat kepedasan dan bahannya…hehehe. Om bayu juragan sego kucing ternyata membawa 2 jenis sambal diantaranya sambal trasi…Wah mantabz sudah….iso nggobyozzz iki kringete…hehehe :-D.  Berhubung sambalnya ada banyak variasi ada yang berceletuk “ wah ini menu utama sambal dengan lauk lele atau ayam...”hehehehe.

Semua yang hadir makan siang dengan lahapnya dan hampir sebagian besar tanduk alias nambah lagi porsi termasuk ane…hehehehe. Habis enak dan sambalnya sangat menggoda. Bertemankan hujan rintik-rintik tidak kurang 15 menit makanan sudah berpindah dari piring ke perut semua..hahaha. Ketika semua member sudah selesai makan datang menyusul bro ganes. Ya sudah langsung tancap gaz…. ambil piring…langsung makan..

Setelah makan siang selesai dilanjutkan dengan obrolan ringan ngalor-ngidul. Namun tidak sedikit yang terjangkit penyakit habis makan yakni ngantuk berat…whoammmmmmm….xixixi 😀 .  Mau pulang langsung kok kesannya esempe (esetelah emakan peulang 😛 ) dan selain itu juga kondisi masih rintik-rintik hujan. Akhirnya yang tidak kuat ‘tergeletak’ di rumah kang apul yakni cong sofyan dan ‘suhu lele’ kang mujib. Wah ini korban lele atau sambalnya nih ?  xixixixi.

Setelah hujan agak reda ane mohon pamit pada tuan rumah. Buat kang apul alias Martlam Mangapul Manihuruk yang HBD awal maret kemarin maturnuwun kang atas sambutannya baik hidangan kue dan minumannya, kuras tambak dan panen lelenya, makan siang dan lauk pauknya. Semoga usaha tandon nya semakin jaya dan berkibar dimana-mana. Selain itu untuk kawan-kawan PCS semua terima kasih atas kebersamaan dan braderhutnya…dan bagi member PCS yang tidak hadir silahkan dinikmati gambarnya saja yah….xixixi 😀

“Pokok e Cangkruk Sedulur”…

baca juga :

Advertisements

9 thoughts on “Berburu lele ditambak kang Apul

  1. Pingback: Lagi musim pelapis jok motor anti panas… « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s