Pelatihan super user Soerya 10.08.

Sebagaimana yang telah ada posting terdahulu bahwa di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan  migrasi system operasi menuju open source. Oleh karena itu sering kali diadakan pelatihan-pelatihan tentang linux dan office di linux. Pelatihan ini kadang diselenggarakan BKD atau Dinkominfo. Maka untuk kesekian kalinya pada hari kamis (19/1) ane bersama teman diminta untuk menghadiri  Workshop super user yang dilaksanakan di Hightech Mall Lantai 3 Surabaya.

Sebelumnya soerya 10.08 atau lebih disebut dengan “Lontong Balap” merupakan perkembangan terkini dari derivasi Ubuntu yang di kembangkan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.  Pelatihan ini diharapkan peserta mampu menjadi ‘super user’ dilingkungan kantor masing-masing.  Pelatihan ini diikuti seluruh SKPD, kecamatan dan sekolah percontohan di Kota Surabaya. Setiap peserta mendapatkan modul dan CD installer soerya 10.08 dan diakhir workshop mendapat sertifikat…hehehe

Dalam pelatihan ini kita diajari langkah-langkah untuk menginstall linux di kompi kita.  Hardisk yang dibutuhkan untuk menjalankan linux kalau gak salah  minimal 20 GB. Mungkin bagi yang sudah terbiasa nginstall sudah tahu step-stepnya, mulai dari partisi hardisk dan membuat swap. Ane sendiri sebenarnya pernah ‘trauma’ ketika menginstall Ubuntu 10.04 tetapi itu ketika awal-awal belajar linux.

Sepertinya kebanyakan linux yang lain, sebelum benar-benar menginstall kita bisa ‘menikmati’ linux terlebih dahulu dengan mencobanya. Kalau cocok tinggal ‘bungkus’…hehehe.  Dalam pelatihan ini juga disampaikan cara menginstall printer di linux. Tahu sendiri kan bagaimana ‘tantangan’nya untuk menginstall printer di linux karena kebanyakan CD driver hanya mau berjalan di Windows.  Namun begitu jangan kwatir, sekarang sudah banyak data base driver di linux sehingga ketika printer dicolokkan tinggal otomatis mendeteksi.

Selanjutnya dilatih cara menginstall modem di Linux.  Berhubung modemnya Cuma ada di instruktur maka peserta hanya mengamati dan memperhatikan dengan seksama. “ Kalau gak bisa harus pandai-pandai cari referensi di internet” ujar instrukturnya. Wadow…mau ngenet kok malah ribet harus cari warnet dulu. Hehehe…Menariknya perkembangan open source Soerya ini sudah didukung repository mirror lokal yakni http://www.soerya.surabaya.go.id .  Bagi kawan yang tertarik melihat open source yang dikembangkan dilingkungan Pemerintah Kota Surabaya silahkan klik link diatas.

Mari dukung Open Source…

5 thoughts on “Pelatihan super user Soerya 10.08.

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s