Launching Surabaya Kota Peduli Perempuan…

 

Berangkat dari capaian-capaian MDG’s dan perspektif Gender, Kota Surabaya melakukan sebuah terobosan untuk perempuan yakni  Inisiasi Surabaya Kota Peduli Perempuan. Acara launching dilakukan di Lantai 2 Balai Kota Surabaya pada hari Rabu tanggal 18 Januari 2012 Jalan Taman Surya no 1.  Hadir dalam kegiatan ini unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Surabaya, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), sektor masyarakat sipil (LSM, Dunia Usaha, Pusat Study Wanita, Organisasi Perempuan), insan media, dan tokoh masyarakat.

Sekedar mereview sekilas tentang Millenium Development Goals (MDG’s) yakni pemenuhan hak-hak dasar kebutuhan manusia yang mencakup :  (1) penanggulangan kemiskinan, (2) pendidikan dasar untuk semua, (3) mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, (4) menurunkan angka kematian anak, (5) meningkatkan kesehatan ibu, (6) memerangi penyebaran hiv/aids , penyakit malaria dan menular lainnya, (7) pelestarian lingkungan hidup, dan (8) membangun  kemitraan global dalam pembangunan.

Di Kota Surabaya setidaknya telah membuat kebijakan dan langkah-langkah stategis untuk mewujudkan MDG’s diatas terutama untuk kaum perempuan.  Beberapa inovasi yang telah dilakukan Kota Surabaya yang berpihak pada pemenuhan kebutuhan perempuan dan  menjadi ikon Kota Surabaya antara lain : Pahlawan Ekonomi, Surabaya Berbunga, Surabaya Green and Clean, Pusat Krisis Berbasis Masyarakat (PKBM), Lomba Cipta Kampung Aman (LCKA), PNPM Mandiri berbasis ekonomi, Surabaya Gender Award dan Gebyar Keluarga Berencana (KB).

Launching ini dihadiri langsung oleh Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Surabaya. Sedangkan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang sedianya Ibu Menteri langsung ternyata harus diwakili oleh staf ahli dan deputi dikarenakan bersamaan dengan rapat kabinet. Meskipun begitu tidak mengurangi kehikmatan acara launching Surabaya Kota Peduli Perempuan (KPP) ini.

Acara diawali dengan pemutaran film profile pembangunan di Kota Surabaya yang berpihak pada perempuan. Mulai dari bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, politik, hukum, perlindungan umum, dan sarana prasana serta tidak lepas pula dari kerangka capaian-capaian MDG’s.  Acara ini disambut dan dihibur langsung oleh Perkusi -SD Laboratorium, Seni Tari-SMKN 9 Surabaya, Ansambel Keroncong-SMKN 9 Surabaya, dan Pop Group oleh SMPN 1 Surabaya.

Launching ini ditandai dengan penyematan pin Surabaya KPP dari staf ahli kementerian PP dan PA kepada Ibu Walikota Surabaya. Dalam launching ini juga ada stand pameran produk-produk dari  nominator “Pahlawan Ekonomi Surabaya”. Produk yang dipamerkan mulai dari handycraft, camilan hingga batik. Rombongan kementerian juga menyempatkan mengunjungi Pojok Laktasi yang ada di lantai 2 Gedung Pemerintah Kota Surabaya.

Launching Surabaya KPP ini merupakan sebuah komitmen dan harapan bersama untuk mewujudkan Kota Surabaya yang ramah dan peduli terhadap perempuan baik di ranah domestik maupun ranah publik.  Diperlukan kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk merealisasikannya dalam jangka pendek maupun jangka panjang baik dukungan dari pemerintah sendiri, masyarakat dan dunia usaha.

Mari dukung bersama Surabaya menuju Kota Peduli Perempuan….!

foto : istimewa

baca juga :

Advertisements

10 thoughts on “Launching Surabaya Kota Peduli Perempuan…

  1. Pingback: Horee…bus Khusus Perempuan ada di Surabaya « www.setia1heri.wordpress.com

  2. Pingback: Sosialisasi Fasilitas Kerja Responsif Gender « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s