Moge selalu bleyer2 ?

 Ini adalah pengamatan ane setelah sering kali berpapasan dengan moge baik yang group maupun solo di jalanan. Terutama ketika terjebak pada padatnya jalanan kota metropolitan. Ada satu hal yang mengundang pertanyaan ane adalah mengapa yah mesti selalu memainkan gas alias bleyer-bleyer. Jujur ane tidak paham sekali terkati dengan hal-hal yang berbau moge ini.

Hal ini pula yang ane temui kemarin di sekitaran terminal Bratang kemarin (14/11) ketika mau ke kantor.  Ada seorang pengendara moge yang menggeber-geber gas ditengah padatnya antrian di perempatan lampu merah. Beberapa pengendara ada yang kaget terus agak minggir dan beberapa juga banyak yang cuek seolah tidak peduli. Tetapi yang ane gak habis pikir yakni pengendara harley tetap bleyer-bleyer.

Mungkin bagi kawan yang punya pengetahuan tentang motor ini bisa memberikan pencerahan. Soalnya ane dulu ketika menunggang si kebo (vespa jadul red..) juga sering bleyer-bleyer gas terutama ketika berhenti di lampu merah. Hal ini ane lakukan agar motor tidak mati (gas nya biar gak ngecil trus mati gitu lho). Tahu sendirilah kawan bagaimana susahnya kalau motor jadul itu mati atau mogok.

Apakah yang dilakukan pengendara moge tersebut sama dengan apa yang ane lakukan dengan si kebo tadi ? Wah ndak paham blas. Atau memang ada maksud-maksud lain ? Mbuh ora weruh

baca juga :

Advertisements

44 thoughts on “Moge selalu bleyer2 ?

  1. cobain dulu naik V engine….baru tau alasan nya kenapa harus seperti itu xixixixixixi…biar ga pontang panting kena goncangan mesin kang…kalo stasioner..itu mesin dapet mengguncang..seluruh tubuh anda…bayangkan..ga enak kan rasanya…

    Like

  2. kalo gak salah dengar pendapat dari salah satu suhu, hasrat pertama orang beruang ingin memiliki moge hanya ingin mendengar/pamer suaranya saja.. bukan akselerasi atopun topspeed.. dan memang sepertinya masuk akal.. yach memang suara knalpot dari mesin twin ato four silinder bikin ngecesss.. walo tidak sedikit malah marai medeni :mrgreen:
    tapi imbasnya ke pemilik mocil 😆
    cuma karena pingin suaranya seperti knalpot moge malah bikin kuping sakit 😦 👿

    Like

  3. hahahahahaha,… pamer kuiii,… ane punya temen yang punya harley malah orangnya low profile gak naik harley ya sewajarnya dan lebih sering naik motor bebek malah… harley lebih sering dipake buat pajangan dirumah,… lagian soal legalitas juga masih masih menjadi pergunjingan tuh masalah moge,… hehehehe

    Like

  4. mungkin stelan karbunya dah ga bener, jadi pas posisi netral stasionernya ga beres, makanya pas kena macet di gas2 biar mesinnya ga mati :mrgreen:

    Like

  5. klo ane si ga masalah mau bleyer2 pas stationer, tapi mbok ya berkendara dengan sopan, ga perlu maksa nyalip sambil bleyer2 n klakson…jalanan milik umum oiiii….

    Like

  6. klo moge mainin gas, bkn’y pamer. Melainkan tuk mendinginkan mesin yg cepet pans gan. Klo moge kompresi’y tnggi d bnding motor umum. jd cepet panas engine’y.

    Like

  7. Menengahi aja mas,,,saya kira maksudnya bukan selalu untuk pamer”,,,(meskipun aj juga c yg niatnya begitu,,,hehehe)
    kebetulan sy ada pake N250 dan klu lg jalan pelan / macet sy suka ‘bleyer-bleyer’ supaya motor tetap stand, soalnya klu nahan motor pake kaki,,,pegelll Broo,,,sedang baru N250 aj dah lumayan rasanya apalagi yg lebih gede,,,wkwkwk
    Konon cara ini juga banyak dipake BM kalau harus manuver pada kecepatan lambat (coba ente perhatikan deh ) ^^

    ,,,Keep Riding ,,,Keep Brotherhood,,,^^

    Like

    • @ ya2k : mungkin bro…
      @ kang kaji : suaranya dari jauh dah kedengeran bro..:-P
      @ mantri : loh klo o mainin gas bukan tambah panas?
      @ adit : betuuul 😀
      @ enth : walah iku pamer paling hehehe :-P\
      @ FROG : wah nais inpoh gan 😀

      Like

  8. perbandingan kompresi moge min. 11,5-12,9: 1. Dan rata2 sirkulasi radiator’y pake pompa yg menyatu dengan mesin. Mainin gas spy sirkulasi air cepet mendinginkan mesin di stopan n macet.

    Like

  9. bukannya mau defense.. memang ada saja yg buat pamer, tapi regardless yg buat pamer ato gagah2an, mungkin juga efek karena auman dari moge itu sendiri yg udah mengaum meskipun ditarik gas dikit, jadi narik gas dikit anggapannya bleyer2..

    Like

  10. Kebetulan saya pakai moge tua 400cc, klo kondisi rame lalu lintas padat, saya bleyer2 supaya mesin ga mati (seperti kasus vespa diatas) moge tua klo udah mati repot juga. Moge tua kadang pengisian aki ga bagus, jadi harus diminimalisir mesin mati-trus starter,mati-starter.. Gitu karna kadang takut klo dah mati akinya ga bisa nytater. (Klo nytater sekali lgsg hidup sih ga masalah) tapi klo trus ngadat ga mau hidup akinya akan drop karna distarter2 terus.
    Kelemahan lain moge tua, moge ini kalo jalan ada perangkat pengapian (koil/pulser/cdi) yang panas dan jika mesin terlanjur mati akan susah dinyalakan karna harus mendinginkan perangkat tersebut. Panas yg dimaksud adalah pada perangkat pengapian kabel2/coil/cdi/pulser/lainnya, bukan panas karna overheat (radiator mendidih). Jadi kadang u/ menjaga agar mesin ga mati/dipertahankan hidup harus dibleyer2..
    Demikian agan2, jadi bukan pamer/unjuk kebolehan gan.
    Untuk R1 yg ga bleyer mgkn karna type ini masih termasuk muda dan masih bisa stabil stasioner.
    Demikian semoga mmberi kejelasan

    Like

  11. Moge selalu blayer, karena beda kapasitas mesin , beda settingan jadi beda cara pakenya.
    Rata2 moge kalo mau jalan dari rpm rendah, pasti mesinnya mati,
    Mau ga mau kalo kita jalan harus di rpm agak tinggi.
    beda sama motor2 kecil, dari rpm rendah, mesinnya masi mau buat di ajak jalan

    Like

  12. harley tu masih pake pendingin dari udara sekitar dan getaran mesinnya lumayan menggunjang seluruh tubuh jd kadang tarik gazzz….untuk ngurangin getaran Bro……

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s