Wadoh…Blue Screen (BSOD)

Beberapa minggu ini ane direpotkan dengan errornya laptop.  Pesan error yang muncul dan terbaca adalah bluescreen. Atau seringkali disebut Blue Scree Of Death (BSOD). Setahu ane dulu awal-awal juga pernah kejadian serupa yang disebabkan oleh ‘saling perang’ dua antivirus yang ane install.  Seinget ane dulu install Avira sama Mc Afee, menurut beberapa teman itu harus diuninstall salah satu karena sama-sama antivirus internasional…xixixi.

Tetapi akhir-akhir ini kayaknya penyebabnya beda. Memang sich ane memakai dua antivirus yakni Smadav dan Avast tetapi kata teman hal itu tidak bermasalah. Berbekal internet maka ane menyambangi paman gogle untuk mencari beberapa penyebab bluescreen. Sebagai awalan ane memakai bluescreev view untuk menganalisa penyebab bluescreen. Sudah diinstall tetapi malah bingung solusinya bagaimana..hehehe.. 😛

Menurut beberapa sumber terjadinya bluescreen karena :

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
– Driver yang bentrok atau tidak cocok
– Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang dioverclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
– Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang terlalu panas
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi
driver.

BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
Adanya permasalahan pada  SCSIPORT driver yang tidak menggunakan map buffer  saat transfer I/O.

DIVIDE_BY_ZERO_ERROR
Kesalahan ini disebabkan oleh sebuah aplikasi mencoba untuk membagi dengan nol ( DEVIDE BY ZERO ) . Jika Anda menerima kesalahan ini dan tidak tahu mana aplikasi menyebabkannya, Anda dapat mencoba memeriksa dump memori.

Sumber : Wikipedia, imam77.co.cc , Microsoft

Ternyata yang disebut disitu tidak ada yang sesuai dengan yang ane alami…tambah bingung… 😦

Terpaksa berkonsultasi pada teman yang paham masalah perkomputer dan perlaptopan. Menurut beliau-beliau ada beberapa kemungkinan bluescreen yakni drivernya laptop perlu diupgrade, ada software yang bentrok serta kemungkinan RAMnya kotor yang perlu dibersihkan.

Akhirnya ane mencoba mengupgrade driver vga ATI Radeon ini. Selain itu ane menambahkan cool pad dengan asumsi ketika laptop panas maka akan mempengaruhi kinerja laptop (biar gak hang gitu loh). FYI…Oia laptop ane adalah HP Compaq CQ41-224TX icore 3 dengan OS ‘klonengan’ win 7 dan Ubuntu 10.04 Lucid Lynx (OS terakhir masih tarap belajar).

Alhamdulillah sampai tulisan ini diketikan bluescreen ‘belum’ kumat lagi.  Tetapi yang jelas 5 menit pasca login terlihat indikasi kerja RAM yang ‘berat’ dimana berpotensi menimbulkan bluescreen lagi. Padahal tidak membuka atau memakai aplikasi apapun. Hiks…hiks…mungkin ada suhu-suhu yang bisa membantu ? maturtengkyu… 😀

Advertisements

5 thoughts on “Wadoh…Blue Screen (BSOD)

  1. imho, biasanya kalu saya BS seperti ini, suspek pertama saya ke hardware, dan biasanya adalah memory. bisa jadi memory kotor, terus kedua juga bisa aliran panas di laptop sampeyan mas, mungkin karena tertutup debu jadi sirkulasinya kurang wuzzzz lha. coba cek dulu aja, kemnugkinan besar karena kotor….

    Like

  2. Pingback: Hiks…Harddiskku Jebol « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s