Inspeksi Oli Pulsar anda

Inspeksi Oli Pulsar anda

Bagi pengguna pulsar sudah mafhum kalau kadar volume oli akan berkurang selama pemakaian.  Menurut beberapa sumber berkurangnya volume oli ini merupakan ‘kompensasi’ dari keiritan BBM Pulsar. Secara CC (135, 180, 200, 220) memang bisa dikatakan irit ketika perliter terendah bisa sampai 40 liter/km seperti Milestone yang ane tunggangi setiap hari. Berangkat dari situ bagi para pengguna Pulsar mari kita inspeksi volume oli motor kita. Jangan sampai telat ketahuan sehingga motor berakhir di bengkel alias opname di beres terdekat.

Dalam buku manual Pulsar disebutkan bahwa volume oli ‘harus’ dipertahankan diantara dua tanda garis bawah dan atas. Kita bisa mengintip volume oli dari jendela kaca yang disediakan dibawah blok mesin. Selain sebagai sarana melihat volume oli, jendela kaca tersebut dapat dijadikan acuan untuk melihat warna oli sebagai bahan pertimbangan untuk menggantinya atau bertahan beberapa minggu lagi. Kalau ane biasanya sebulan sekali atau km sekitar 3000 km.

Ane sendiri biasanya menginspeksi volume oli setidaknya 10 hari sekali atau sudah berjalan minimal 500 km. Karena setiap minggu isi premium sebesar 50 ribu rupiah alias 11,11 liter maka bisa dipastikan berbarengan dengan isi premium ulang ane mengecek kondisi oli. Biasanya rutinitas mengecek kondisi oli dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat kerja. Oia ketika mengecek volume oli harus dipastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin.

Biasanya ketika menambah oli hanya sekitar 100 – 200 ml tetapi sebenarnya juga tergantung pemakaian harian dari motor anda. Kalau ane sendiri paling PP Gresik – Surabaya jaraknya 72 km, itupun tidak setiap hari. Atau yang paling jauh ketika pulang kampong ke Tuban dengan jarak PP 173 km. Dan inipun hanya sebulan sekali. Oleh karena itu besar kecil tambahan disesuaikan juga, sambil melihat jendela kaca agar tidak terlalu kelebihan mengisinya. Selamat mentjoba…

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

20 thoughts on “Inspeksi Oli Pulsar anda

    • @ mas wawan : o gitu ya..
      @ akrom : betul..tetapi tanda kawat itu juga hmpir sma posisinya
      @ nanared : dipasang aja bro 😛
      @ 4201 : wah lebih mak nyus tuh …xixixi 😀
      @ maskur : wah ane gak tahu, nais inpoh….
      @ eo : gawan bayi mazbro 😛
      @ geng : siip…voyeurism 😀

      Like

  1. Kalo tempat intip nya ngaco gimana yaa kayak pies ane… Ane tiap liat oli kurang di jendela intip tambahin..
    Pas servis.. skalian ganti oli.. ngocornya banyak bener… ampe heran tuh mekanik

    Like

  2. @ bara : mungkin posisi standar tengah miring mazbro..cmiiw
    @bayu : katanya cc besar itu boros, segitu menurut ane sudah hemat bro 😛
    @ phelonk : jujur ane gak paham jenis2 oli…cuma spek aj yang ane tahu 20W 50..trism ats masukannya 😀

    Like

  3. Pingback: Inspeksi Aki (motor) pulsar anda… « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s