Menuju 100 % OK : Catatan Diklat Prajab (1)

Menuju 100 % OK : Catatan Diklat Prajab (1)

Minggu-minggu Awal…

Seperti yang telah ane posting sebelumnya bahwa ane akan prajab tanggal 7 sampai 27 Juni 2011. Maka pada hari Selasa (7/6) pagi sekitar jam 05.15 seluruh peserta sudah berkumpul di sekitar Masjid Muhajirin Pemerintah Kota Surabaya. Absen dan cek peserta dilakukan panitia agar tidak ada yang ketinggalan. 2 Rombongan bus Kalisari akhirnya berangkat sekitar jam 05.39. Ane sendiri karena urutan absen nomor 2 sehingga berada di bus pertama (1).

Jam 7.44 rombongan sudah sampai di tempat diklat prajab yakni BLKI Singosari Malang. Mungkin terlalu cepat karena kondisi jalanan lancar dan kemacetan di Porong yang dikwatirkan sebelumnya tidak terjadi. Sekitar pukul 09.01 semua peserta yang datang melakukan registrasi ulang di panitia. Kontingen Surabaya melakukan pendaftaran yang pertama karena memang semua peserta kontingen telah datang semua. Dalam registrasi ulang ini ane masuk Angkatan 372 A dengan nomor urut 10 (372/A/10) dan menempati asrama Serayu 2.

Dalam registrasi ini semua peserta mendapat tanda peserta, topi, block note, buku pedoman, tas dan training park. Selain itu juga mendapat 14 modul yang terdiri dari Dinamika Kelompok, Membangun Kerjasama Tim (Tim Building), Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan NKRI, Manajemen Kepegawaian Negara, Manajemen Perkantoran Modern, Budaya Kerja Organisasi Pemerintahan, Etika Organisasi Pemerintahan, Komunikasi yang Efektif, Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI, Pelayanan Prima, Kepemerintahan yang baik, Percepatan Pemberantasan Korupsi, Pola Pikir (Mind Setting) PNS dan Program Ko-Kurikuler.

Siang hari itu juga kami dilatih baris berbaris, apel, menyanyikan lagu mars korpri. Hal ini dilakukan untuk upacara pembukaan diklat Prajabatan Angkatan 371-374 Propinsi Jawa Timur. Hari itu juga kami diajarkan tata cari makan secara kedisiplinanan dimana sebelum dan sesudah makan harus ada laporan. Terkait makan insyaAllah ane posting tersendiri. Hari Rabu (8/6) secara resmi pendidikan dan pelatihan prajabatan dibuka oleh Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Jawa Timur. Upacara pembukaan dilakukan didalam ruang Aula Semeru. Upacara ini juga ada tata caranya sebagaimana upacara pembukaan secara out door. Peserta yang hadir berasal dari kontingen Pamekasan, Kabupaten Mojokerto, Pacitan, dan Surabaya. Kemudian disusul Malang, Madiun, Jombang dan Luar Jawa yakni Tarakan.

Hari Kamis (9/6)  kami  mendapatkan materi Dinamika kelompok. Di dalam materi ini dilakukan secara outdoor, atraktif dan menghibur. Semua dilakukan secarai ramai dan semangat oleh peserta. Beragam game dan permainan telah dilakukan  yang semuanya bermuara pada kekompakan, kebersamaan, saling mengenal dan meleburkan isme-isme yang melekat seperti primordialisme, kontingenisme, SKPDisme dan Akuisme. Semua berjalan dengan lancar jaya apalagi ada salah satu WI (Widyaiswara) yang copian dari Ridho Rhoma…gak tahu kopian yang keberapa…wkwkwkwk 😛

maturnuwun

baca juga :

Advertisements

4 thoughts on “Menuju 100 % OK : Catatan Diklat Prajab (1)

  1. Pingback: Tes Kesehatan untuk CPNS « www.setia1heri.wordpress.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s