Jambore Wisata Scooter di Gresik

Jambore Wisata Scooter di Gresik

Setelah seminggu sebelumnya di deklarasikan PSG alias Paguyuban Scooter Gresik, selang seminggu kemudian atau tepatnya tanggal 29 Mei 2011 diselenggarakan Jambore Nasional Wisata Scooter di Danau Ngipik, Gresik.  Ane bersama rombongan GPC (Gresik Pulsar Communty) menghadiri acara yang belum tentu berulang 5 tahun kedepan ini.

Dua hari sebelumnya, sebenarnya di Gresik sudah ramai dengan para scooteris yang sudah wira-wiri meramaikan jalanan gresik dengan raungan khas mesinnya. Mungkin beberapa warga ada yang terganggu dengan kebisingan ini tetapi juga tidak sedikit yang terhibur dengan dandanan dan aksesoris nyentrik, norak bin aneh para scooteris dari berbagai pelosok Indonesia ini.

Setelah memasuki arena jamboree, ane bersama beberapa kawan langsung hunting momen-momen atau pemandangan yang ‘indah’ dari motor-motor retro ini. Berbekal kamera Samsung Valencia yang ‘Cuma’ 2 MP ini ane mencoba mengabadikan sejarah ini. Hampir semua teman bernada decak kagum dan ‘bingung’ dengan kata “kok bisa ya?” …wkwkwkwkk. Memang kawan banyak desain-desain scooter disini yang sudah diluar nalar logika. 😀

Menurut pendapat ane pribadi dan di dukung fakta dilapangan maka ane mencoba untuk mengklasifikasikan genre-genre scooter yang ada disana. Pertama, Genre serdadu alias tentara. Hal ini bisa dilihat dari desain scooter yang sudah dimodif seperti tank atau kendaraan perang lain. Selain itu, warnak khas hijau lumut serdadu tidak mungkin ditinggalkan. Kedua, Genre Futuristik. Hal ini terlihat dari modifikasi drastis scooter mereka yang berubah drastis. Ada yang seperti ? . Lupa namanya. Kendaraan yang dulu sering dipakai Po dalam serial Tiki Winky. Selain itu, ada yang dimodif seperti sepeda BMX namun ada mesin scooter ‘nemplok’ di belakang. Ketiga, Genre Sport. Mereka yang memodifikasi motor scooter dengan aliran trail. Model bentuk ini saya hanya menemukan satu motor saja.

Keempat, Genre original. Genre ini mencoba mempertahankan orisionalitas scooter maupun vespa yang mereka tunggangi. Baik dari sisi desain, aksesoris maupun permesinan. Kelima, Genre Gothic atau mistik. Scooter jenis ini bisa dilihat dari tambahan akesoris mereka yakni berupa tengkorak sapi atau kerbau atau tulang belulang yang lain. Bahkan ane menemui potongan kaki kucing juga ikut digantungkan…ihhhhh. Keenam, Genre ‘Mbambung’ (maaf kalau menyinggung.. 😀 keep brotherhood). Bingung mau ngasih nama apa terhadap genre ini tetapi justru jumlah ini lebih banyak di lapangan. Genre ini biasanya scooter di desain ada tambahan ‘gubuk’ disampingnya dengan tambahan banyak aksesoris seperti rumbia, kain lusuh, botol minum bekas, ban bekas dan beragam ‘barang khas’ gelandangan yang lain. Sekali lagi mohon maaf kalau menyinggung, tetapi ini adalah pilihan mereka. Dan ane sangat apresiasi dengan dengan pilihan sekaligus penghayatan mereka terhadap genre ini.

Hampir semua scooteris bergaya khas rasta yakni rambut gimbal (seperti almarhum Mbah Surip dengan tak gendongnya) dan memakai kupluk warna hijau ,kuning, merah dan hitam tetapi juga tidak sedikit yang modis dan bergaya punker. Selain itu, penampilan mereka terkesan dekil dan kusut tetapi yang cakep cantik juga banyak lho… Mungkin yang dekil gak sempat atau belum sempat mandi je…. hehehe 😀 . Tetapi yang saya salut dari para scooteris ini adalah brotherhood dan living survival yang tinggi diantara mereka. Oia kegiatan ini juga diliput salah satu tivi nasional di Indonesia. Monggo dilihat kapan ditayangkan.

Tampilan boleh dekil tapi hati seputih salju… Viva Scooterist Indonesia !

baca juga :

Advertisements

10 thoughts on “Jambore Wisata Scooter di Gresik

  1. MPA GHUBATRAS Present: MADURA
    ON JAMMING WITH SCOOTERIS
    Hari,tanggal: Minggu, 07 Juli 2013
    Waktu: 09.00 – 23.00 WIB @ Lap Bola
    Univ. TRUNOJOYO MADURA Jl. Raya
    Telang-Kamal-Bangkalan WANTED:
    20 Band Reggae Biaya Pendaftaran
    100rb Htm: Free For All Cp: Gmbel
    (083831124086) Copet (08563189482)
    Sandal (087849455720) Pindang
    (081330000553)

    Like

  2. Pingback: Apa gak pegal stang model ginian? | setia1heri.com

  3. Pingback: Eh ternyata scooter bisa juga offroad bin adventure…. #duojempol | setia1heri.com

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s