9 Tips nge-blog (just for Nyubi)

 


Bagi sebagian orang mungkin belum tahu apa itu blog. Bahkan yang belum ‘ngeh’ alias connect dengan internet akan di sangka seperti blok (pake huruf k) sehingga jangan salah kalau ada pertanyaan lanjutan Blok I atau A ?….xixixixi.  Ane sendiri juga tidak tahu definisi lengkap tentang blog tetapi sedikit paham tentang penampakan dan penggunaannya 😛 . Yang jelas blog adalah wahana gratis seperti web yang bisa didapat secara gratis (yang berbayar juga ada) untuk menampung kreatifitas kita seperti tulisan, gambar, video, iklan dan bisnis. Kita adalah administrator atau pengelola blog yang telah kita punya sehingga layout, isi dan manajemen ada di tangan kita.

Jasa penyedia blog sebenarnya banyak di internet tetapi yang penulis ketahui ada blogspot/blogger, wordpress, multiply dan blog.detik. Semua layanan di atas bisa di dapat dengan gratis  dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Ane sendiri memiliki akun juga di blogspot dan multiply namun sudah tidak pernah ane apdet soalnya sekarang lagi belajar wordpress..hehehe. Kalau kawan-kawan mau tutorial cara buat blog ada banyak di internet silahkan digogling saja tetapi yang ingin saya tuliskan disini adalah agar kita bisa ‘exist’ di dunia perbloggeran dengan segala kemampuan yang kita miliki. Langsung saja…check it out !

  1. Sebelum membuat blog usahan tentukan tema blog apa yang mo dipakai. Mau tema otomotif, sastra, ilmiah, bisnis atau serba-serbi. Atau bahkan tidak bertema seperti blog ane sendiri “Wis Pokok e Nulis Gan “….wkwkwk isinya mix alias campuran 😀
  2. Menulislah atau posting tulisan. Panjang atau pendek tulisan bukan ukuran soalnya kita yang nulis sendiri..hehehe. Kata baku atau non baku juga monggo karena kita juga penulisnya. Silahkan tulis apapun mulai dari aktivitas, hal yang pernah terjadi, sms kawan, informasi, humor dan beragam kreatifitas lain. Asal jangan blog kita isinya ‘umpatan’ melulu.
  3. Tentukan pula blog ini mau diapdet bulanan, dwi mingguan, mingguan, ataukah harian. Tetapi kalau melihat dinamika lapangan dan derasnya informasi saya pikir apdet harian bisa dipertimbangkan. Ane sendiri barusan berpindah dari apdet bulanan ke apdet harian dalam 2 bulan belakangan ini..xixixi 😀 . Klo terlalu lama tidak ada aktivitas blog dikira blog kita sudah R.I.P ( I am sorry to hear that… hehehe).
  4. Usahakan ada gambar dalam selipan tulisan kita. Ini tidak wajib tetapi cukup membantu visualisasi isi tulisan blog kita. Satu gambar bisa menjelaskan seribu kata.
  5. Jangan terteror ada atau tidak adanya komeng. Dalam dunia perbloggeran biasanya lebih banyak silent visitor alias blog walking (bw) alias mereka hanya baca isi blog kita tetapi ‘sungkan/malu’ untuk meninggalkan jejak alias komeng.
  6. Untuk menambah paseduluran atau pertemanan lakukan blog walking tetapi tinggalkanlah komeng atau isi kotak tamu. Biasanya blogger yang baik hati akan berkunjung balik alias silaturohim ke blog kita.
  7. Gabung komunitas sesuai interes dan hobi  kita agar kita bisa tukar informasi dan bisa saling menyemangati dalam posting blog.
  8. Menulis itu memang butuh mood. Kalau mood sudah muncul buatlah tulisan sebanyak-sebanyak dan setelah itu lakukan penjadwalan (schedule) agar blog kita bisa apdet (ini berlaku bagi yang apdet harian). Hal ini dilakukan agar kita bisa nabung atau punya bank posting. Ane sendiri sering mengalami pasang-surut mood tetapi show must go on..
  9. Buatlah aktivitas ngeblog bukan sebagai beban. Ini penting karena banyak blogger yang merasa tertekan dan terpaksa ngeblog. Mari kita gunakan blog sebagai penyalur hasrat kreatifitas, pengganti buku harian, pengurang stress akibat tekanan beban kerja atau just for fun, ladang amal kebajikan atau bahkan lapak bisnis sampingan.

Itulah kawan tips ngeblog yang ane rangkum dari pengalaman pribadi ane yang mencoba sharing di dunia perbloggeran. Semoga bermanfaat dan keep posting!

sumber gambar : gogling

baca juga :

Advertisements

10 thoughts on “9 Tips nge-blog (just for Nyubi)

  1. Pingback: Menularkan virus nge-blog pada adik. « www.setia1heri.wordpress.com

  2. Pingback: Workshop Blog untuk Honda Bikers Community bersama Jatimotoblog | www.setia1heri.wordpress.com

  3. Pingback: IKUTI WORKSHOP BLOG FOR COMMUNITY OLEH MPM MOTOR | Community BeAt Babat Lamongan (COMBAT)

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s