Pembekalan Calon ‘Pelayan Rakyat’

Pembekalan Calon ‘Pelayan Rakyat’

Pada hari kamis (28/4) kemarin para CPNS pemerintah kota Surabaya  angkatan 2008 dan 2009 dikumpulkan di Grha Sawunggaling lantai 6 Gedung Pemkot Surabaya. Peserta yang hadir sekitar 500 orang yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan, honorer daerah dan cpns di lingkungan kantor dan dinas. Acara dimulai jam 8 hingga jam 1 siang.

Acara dibuka oleh kepala BKD, Ibu Yayuk trus disambung pengarahan dari Ibu Walikota Surabaya Tri Rismaharini.  Pada pembekalan calon ‘buruh’ negara sekaligus pelayan rakyat ini, Bu Wali memaparkan mimpinya ke depan terkait Surabaya. Beliau melihat potensi Surabaya bisa menjadi maju dalam segala bidang. Beliau juga berpesan agar tidak malu bertanya ketika memang tidak tahu dalam segala hal, bekerja dengan ikhlas serta jangan sombong ketika menjadi pejabat, ingat selalu sumpah jabatan.

Pada pembekalan ini para calon abdi negara juga diberikan penjelasan terkait PP nomor 53 tahun 2010 tentang kedisiplinan pegawai negeri. Selain itu juga materi lain yang mendukung kerja dan disiplin bagi PNS. Dalam kesempatan ini pula disampaikan bahwa sudah ada belasan CPNS yang dipecat karena melanggar aturan yakni ketahuan selingkuh, nikah siri, narkoba dan judi.

Ketika menjelaskan masalah nikah siri hampir semua peserta langsung Gerrrrrrr. Sensitive memang kalau sudah berbicara nikah siri, nambah istri atau poligami. Tetapi penjelasan dari Inspektorat cukup bijak dalam menyikapi hal ini. Beliau menjelaskan nikah lagi boleh dengan 2 syarat yakni ijin dari istri pertama dan ijin dari pimpinan. Kalau istri masih hidup,segar bugar trus masih bisa melayani kebutuhan pisik dan psikis trus ngapain nambah istri lagi ?…wkwkwk 😛

Pembekalan ini juga terdapat materi tatalaksana administrasi yakni terkait surat menyurat. Selama setahun ane di kantor juga sudah bersinggungan langsung dengan sur-menyur ini. Sebelumnya belajar dari ‘template’ atau nanya pada teman yang sudah makan garam persuratan. Tapi overall nais inpoh lah

Satu kata yang saya ingat pesan bu wali mengakhiri pembekalanya,” Mari bekerja Ikhlas, semua manusia sama di hadapan Tuhan, tidak ada yang lebih tinggi.”

baca juga :

Advertisements

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s