Dahsyatnya Dhuha…

Dahsyatnya Dhuha…

Bagi sebagian besar orang rutinitas waktu pagi adalah ritualitas awalan kerja seharian. Matahari terbit dari timur menyebarkan sinarnya di segenap alam raya. Berbahagialah kita ketika masih bisa dan mampu membuka mata menatap indahnya semesta raya di pagi hari. Berdiri dan bergerak menghadap sang surya untuk mendapatkan kilauan vitamin yang terkandung dalam sebaran  sinarnya. Kabut – kabut dan embun pagi pun tersingkap dan menghindar dari kedahsyatan sang mentari.

Bagi kita yang mau menambah sebuah ‘gerakan’ sekali mendayung tiga pulau terlampui tidak ada salahnya mencoba Sholat Dhuha. Sebuah sholat sunnat yang dilakukan antara Waktu Dhuha yakni matahari naik kira-kira dalam pandangan mata kita setinggi satu tombak. Atau kira-kita 15 menit setelah terbitnya dan berakhir pada saat mendekati posisi tengah-tengah di atas kepala kita. Atau kira-kira 5 menit sebelum masuk waktu Zhuhur. Kira – kira jam 06.45 sampai jam 11.00. Jumlah rakaat bisa 2,4,6,8,12 rakaat. Monggo dipilih ‘gerakan-gerakan’ dahsyat tersebut.

“Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi.” (QS. 93:1-2).

Setiap salah seorang di antara kamu memasuki pagi harinya, pada setiap ruas tulangnya ada peluang sedekah; setiap ucapan tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap hamdalah (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan la ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, semua itu cukup tergantikan dengan dua rakaat dhuha.” (HR Muslim, hadits no. 720).

“Siapa saja yang dapat mengerjakan Shalat Dhuha dengan langgeng, akan di ampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan. “ ( HR Tirmidzi )

“Sesungguhnya di Surga itu ada pintu yang disebut pintu Dhuha, maka tatkala di hari Kiamat nanti ada panggilan khatib : “ Siapakah orang yang suka membiasakan shalat Dhuha ? Inilah pintu kamu sekalian, masuklah kamu sekalian dengan penuh Rahmat Allah SWT. “ ( HR Thabrani )

“Dalam diri manusia itu ada 360 ( Tiga Ratus Enam Puluh ) ruas yang setiap darinya diharuskan bersedekah. Para Sahabat bertanya : Kalau begitu, siapa yang mampu berbuat demikian ya Rosulullah ? Rosulullah SAW menjawab : “Mengeluarkan dahak di Masjid lalu ditanamnya atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari jalan, itu juga sedekah. Tetapi kalau engkau tidak bisa, kerjakanlah dua rakaat Dhuha. Karena itu mencukupi dari semua itu “ ( HR Ahmad dan Abu Daud )

Cara sholatnya gimana bro ? gampang kawan. Yang jelas harus Wudhlu dulu terus cari tempat yang suci. Bisa dikamar kita, di musholla, masjid, taman atau bahkan di ruang kerja kita. Setelah itu NIAT kan mau ambil ‘gerakan’ yang berapa rakaat. Bagi yang 2 rakaat saja, di usahakan rakaat pertama membaca surah Asy-Syams dan rakaat kedua surah Adh-Dhuha. Tapi kalau gak hapal gimana bro? gampang, hapalnya surah apa saja silahkan dipakai semisal kul hu…(al-ikhlas, al ‘alaq, an-naas)

Setelah sholat berdo’alah dengan do’a dahsyat berikut ini (versi bahasa Indonesia) :

Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Oia kalau mau lebih sreg pakai bahasa arabnya monggo dicari sendiri ya…. toh yang penting kita berdo’a habis sholat (sunnah). Tambahan, menurut beberapa sumber teks do’a diatas tidak bersumber dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW tetapi juga TIDAK ADA SALAHnya kalau kita memakai do’a diatas…cmiiw.

Mari kita rasakan dahsyatnya dhuha dalam keseharian dan juga efek dari ‘gerakan-gerakan’ diatas………its Wonderful

Sumber : ummi-online.com, pencerahan.blogspot.com

Model : M. Sofyan (SMK Al-Islah kelas II MM-1)

baca juga :

Advertisements

One thought on “Dahsyatnya Dhuha…

  1. Pernah denger juga dengan sholat dhuha bisa melancarkan rezeki mas…Tapi yang paling kerasa kalo pengalaman saya biasanya setelah itu seharian beraktifitas, bekerja, dan yang lainnya menjadi lebih damai dan tenang di hati…

    Like

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s