Met hari lahir Ananda Sakti…

Met hari lahir Ananda Sakti…

Tanggal ini, 25 Maret setahun yang lalu telah lahir seorang anak manusia. Seorang bayi laki-laki mungil yang dilahirkan setelah melalui proses yang cukup panjang. Seorang bayi PERTAMAX hasil hubungan yang sangat-sangat terang antara wong Tlatah Ronggolawe dan Altar Suci Sunan Giri. Lahir jam 08.23 pagi dengan berat 3 kg dan panjang 33 cm di RSUD Gresik atau RS Ibnu Sina. Dan bayi itu ane beri nama BIMASAKTI SETYA RABBANY.

Pemberian nama diatas muncul hanya selang beberapa hari sebelum lahir saja walaupun sebenarnya nama yang sudah ane persiapkan beberapa bulan juga ada. Sebuah nama yang tentu mengandung makna filosofis, ekpektasi dan impian-impian manusiawi sebagai orang tua terhadap buah hatinya.

Mendengar kata BIMASAKTI tentu kawan-kawan ingat : a. Seorang pemain bola, b. Tokoh dalam pewayangan (jawa), c. film kartun yang di putar di salah satu tv swasta nasional. Menurut mertua ane yang asli Tiyang Solo, menjelaskan panjang lebar terkait karakter bimasakti dalam pewayangan karena beliau memang suka sekali wayang. Sebuah karakter yang tegas, baik hati, dan religious namun sulit kalau berbicara (monggo dikoreksi, ane sendiri lupa-lupa ingat)

Kalau ane pribadi Bimasakti lebih mengarah kepada arti atau nama galaksi yang kita diami saat ini. bahasa Inggrisnya Milky Way dan bahasa Latinnya Via Lactea. Sebuah galaksi diantara berjuta galaksi yang ada dimana terdiri dari berbagai planet terutama bumi, asteroid, dan berbagai benda-benda langit yang lain. Semua benda-benda diatas dengan ta’zhim, tekun dan teratur melakukan ‘thawaf’ menyembah Rabb-Nya. Coba kawan-kawan perhatikan gambar dari galaksi bimasakti itu..

Kata Setya terus terang diambil dari nama ane. Kata setia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan arti setia : a. berpegang teguh (pd janji, pendirian, dsb), b. tetap dan teguh hati (dl persahabatan dsb). Ane berharap sakti akan meniru kesetian ane….hehehe

Sedangkan Rabbany menurut Lisanul ‘Arab “: al-Rabbiyyu atau al-Rabbaniyyu adalah:  cendekiawan dan ilmuwan. Pendapat lain mengatakan bahwa Rabbani adalah orang yang beribadah kepada Rab, dimana ditambahkan alif dan nun untuk menunjukkan kata superlative dalam hubungan. Pendapat lain mengatakan Rabbani adalah orang yang mengabdi lagi ma`rifah kepada Allah. (QS Ali Imran ayat 79)

“al-Rabbaniyun adalah jama` dari kata rabbani yaitu yang dihubungkan kepada al-Rabban yang menata urusan manusia, di mana hal ini berarti dialah yang memperbaiki, menata dan meluruskan urusan-urusan mereka. al-Rabbani adalah : orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia serta menyeru mereka menuju sesuatu yang mengandung kemaslahatan mereka. Rabbani adalah seorang wali yang mengurus urusan manusia dengan membangun segala sesuatu yang mengandung kemaslahatan bagi mereka baik di dunia maupun di akhirat. Rabbani adalah orang yang menggabungkan ilmu dan pemahaman dengan kedalaman pandangan tentang politik, penataan dan pembangunan rakyat” (Ibnu Jarir al-Tabari)

“al-Rabbani adalah orang yang alim (berilmu) tentang agama Allah (Rab) serta yang mengamalkan ilmunya” (Al-Qurtubi)

“al-Rabbani adalah orang yang mentarbiyah (mendidik) manusia dengan ilmu-ilmu yang dasar sebelum ilmu-ilmu yang spesial”(Al-Syaukani).

Berangkat dari penjelasan singkat diatas, ane selaku orang tua dari Bimasakti Setya Rabbany berharap secara sederhana semoga kelak Sakti menjadi hamba yang tidak lupa akan Tuhannya, memberi kemanfaatan yang luas hingga menembus angkasa raya serta mampu menjadi penerang atau pembuka pintu syurga bagi kedua orang tuanya ini.

Alhamdulillah sampai saat ini secara fisik insyaAllah gizi tercukupi apalagi ummi-nya selalu menyiapkan ASI lebih dari ekslusif (kata qur’an dan di suruh beberapa kawan agar bertahan sampai 2 tahun, insyaAllah), perkembangan psikis dan kinetis juga menggembirakan. Sekarang sakti masih berlatih untuk brangkang (merangkak?) dan berjalan. Selain itu, juga berlatih untuk mengenal wajah-wajah abi, ummi, mbah uti, mbah kung serta beragam hewan yang ada di sekitar rumah seperti ayam, kelinci, menthok, cicak dan burung.

Berkahilah ya Rabb ananda Sakti ini hingga akhir hayat dan ampuni kami selaku orang tua yang tidak bertanggung jawab dalam mengemban amanah-Mu ini.

baca juga :

Referensi : Wikipedia.org, kamusbahasaindonesia.org,nurulilmi.com

Advertisements

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s